Terimakasih Pahlawan!!

19 05 2010

Hari ini cukup mengejutkan dan unik. Seperti biasa menjelajah kaskus untuk mencari info – info unik, akhirnya ketemu satu judul topik yaitu “kemerdekaan bukan jasa para pahlawan!”. Bikin penasaran akhirnya gua klik dan disitu ternyata ditampilkan sebuah gambar buku yang berisi bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah hasil jerih payah para pahlawan tetapi merupakan sumbangsih Amerika…What The Fuck??!!!!!!

Nafsu dong, ga rela dibilang kemerdekaan dikasih oleh Amerika. Karena meniadakan fakta para pejuang kita yang gugur dimedan perang untuk memperoleh kemerdekaan. Belum lagi para pahlawan kita yang memperjuangkan kemerdekaan lewat jalur diplomasi.

Si pembuat thread topik menyatakan bahwa berdasarkan buku itu kemerdekaan kita adalah pemberian Amerika dengan alasan salah satunya kalo Amerika tidak membom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang belum tentu mundur pada tahun 1945. Belum lagi si pembuat Thread mengatakan bahwa perlawanan rakyat kita hanya merupakan gigitan semut kecil, maka tidak aneh kalo Belanda menjajah kita 350 tahun.

Gua ingat beberapa waktu yang lalu pernah membaca salah seorang sejarawan yang bernama Taufik Abdullah menjelaskan bahwa 3,5 abad penjajahan Belanda hanyalah mitos belaka. Dia mengatakan apakah logis Belanda yang pertama kali masuk Indonesia melalui salah satu pelabuhan Banten pada tahun 1652 dibawah pimpinan Cornelis de Houtman, langsung bisa menduduki Banten? jawabannya tidak.

Gua kutip nih dari serbasejarah.wordpress.com, Lanjutan penjelasan Taufik Abdullah :

ironi dalam mitos yang dianggap sejarah itu juga berlanjut pada abad ke-17 yang justru merupakan zaman ketika berbagai kerajaan di kepulauan nusantara diperintah oleh raja-raja besar dan berkuasa.

Abad ke-17 adalah masa jayanya Sultan Iskandar Muda (1607-1636), yang sempat meluaskan kekuasaannya ke tanah Semenanjung dan Pantai Barat Sumatra, demikian juga Sultan Agung yang meluaskan kekuasaannya ke seluruh Jawa kecuali Banten dan Batavia.

Begitu juga dengan Raja Tallo yang sekaligus Perdana Menteri Kerajaan Gowa dan Sultan Hasanuddin Raja Gowa (1653-1669).

Mereka memerintah di kerajaannya dan biasa terlibat dalam kompetisi dan konflik sesama mereka. Pada masa itu pula meraka menghadapi dengan gagah berani infilterasi kekuatan asing seperti Belanda, Spanyol, dan Portugis.

“Lalu, bagaimana harus dipahami kalau di bawah kolonialisme Belanda memerintah, raja-raja di nusantara itu memiliki kekuasaan yang cukup besar dan bahkan sibuk memperluas wilayah kekuasaan mereka masing-masing?” jelas Taufik Abdullah

Belum lagi fakta berbagai perlawanan diberbagai daerah di Nusantara contoh perang Paderi dari tahun 1821-1837 dengan pahlawannya Tuanku Imam Bonjol, Perang Aceh dari tahun 1873 – 1904. Jika hanya gigitan semut kecil mana mungkin Penjajah membutuhkan waktu belasan tahun hanya untuk menguasai suatu daerah. Dan setelah Penjajah menguasai tetap saja yang namanya perlawanan rakyat untuk membebaskan daerahnya masih ada.

Kalo menyoal pengeboman Hiroshima dan Nagasaki, setahu gua itu adalah aksi pembalasan Amerika terhadap serangan Jepang di Pearl Harbour pada 7 Desember 1941.

Jadi menurut gua Kemerdekaan kita adalah hasil jerih payah, pengorbanan bangsa Indonesia. Yang tak pernah mau dijajah bangsa lain. Bukan pemberian Amerika.

Buku ( gua lupa judul buku ini ) itu yang dipajang diforum merupakan aksi untuk menghapus dan meniadakan kekuatan bangsa Indonesia sendiri. Yang paling jelas adalah dengan menganggap bahwa bangsa kita ini lemah dan hanya meminta – minta pada bangsa lain.

Kemerdekaan Indonesia yang pasti juga adalah “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa” seperti yang tercantum dalam pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 Alinea ke – 3. Karena tanpa rahmat Allah, kita niscaya masih akan terbelenggu.

Beruntung, barusan gua kembali cek topik itu, Alhamdulillah topik itu sudah ditutup karena sangat menyesatkan. Beruntung pula banyak kaskuser yang kontra terhadap topik itu karena CINTA INDONESIA !!

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 689 other followers

%d bloggers like this: