Timnas Putri Indonesia ( Pernah Jadi Macan Asia )

15 07 2011

FIFA Women World Cup 2011 yang tengah berlangsung dan sudah sampai dipertandingan puncak, membuat saya bertanya – tanya tentang nasib Kesebelasan Putri Indonesia.

Sangat jarang terekspos baik dilevel timnas maupun klub, membuat kiprah para “srikandi – srikandi” jarang diketahui khalayak ramai.

Satu – satunya nama pemain sepakbola putri yang saya ingat sampai sekarang adalah Mutia Datau, eks kiper timnas. Lain dari itu saya tak hapal baik nama klub maupun nama – nama punggawa timnas putri.

Kompetisi sepakbola putri dalam negeri dikenal dengan “Galanita” ( Gabungan Sepakbola Wanita ). Diselenggarakan setiap tahun dan diikuti klub – klub sepakbola putri tanah air. Menurut data tahun 2009 ada 94 klub diseluruh tanah air. Jumlah yang sangat banyak. Tahun 2010 Galanita Papua berhasil menjadi juara turnamen. Namun dengan jumlah yang banyak ini, perkembangan sepakbola putri Indonesia masih jalan ditempat.

Berbicara prestasi timnas putri yang kini dilatih oleh Timo Scheunemman memang belum menjanjikan. Menjadi juara – 4 Piala AFF tahun 2004 menjadi prestasi terakhir timnas putri. Tahun 2006, 2007, 2008 mereka hanya sampai babak pertama.

Tapi jangan disangka, timnas Putri di level Asia justru mencatat prestasi yang lebih baik dari timnas putra.

Pada Piala Asia Wanita 1977, timnas putri berhasil menjadi juara 4. Pada turnamen yang digelar Di Republik Cina Taipei ini, timnas putri bahkan berhasil mengalahkan finalis piala dunia wanita 2011, Jepang, dengan skor 1 – 0. Walau dipertandingan grup lainnya mereka dikalahkan tuan rumah, Republik Cina, dengan 5 gol tanpa balas. Namun timnas putri berhasil menjadi runner up dan lolos ke semifinal.

Bertanding pada tahap semifinal melawan Thailand, dalam sumber yang saya ambil dari wikipedia tertulis W/O. Entah apa yang terjadi. Tetapi Indonesia akhirnya berhak untuk memperebutkan gelar juara 3 melawan Singapura. Sayang pada pertandingan itu Singapura berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 3 – 0.

2 tahun kemudian, timnas putri kembali berlaga di Piala Asia 1981 Hongkong. Langkah mereka terhenti sampai babak pertama dikalahkan Thailand, Taiwan, dan Jepang di penyisihan grup.

Prestasi menjadi juara 4 kembali terulang pada Piala Asia 1986 Hongkong. Indonesia menempati Grup B bersama Thailand, Hongkong, dan Nepal. Dikalahkan Thailand 4 – 0, tidak menyurutkan langkah timnas Putri. Pertandingan berikutnya mereka bisa mengalahkan tuan rumah Hongkong, lewat skor 1 – 0 dan menggasak Nepal 6 gol tanpa balas.

Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner up grup. Republik Rakyat Cina ( RRC ) menjadi lawan Indonesia. Harapan untuk melaju ke final kandas, setelah Indonesia dijadikan lumbung gol, sebab RRC bisa memasukkan 9 gol.

Indonesia kembali harus mendapati kenyataan hanya memperebutkan juara 3. Thailand yang dikalahkan Jepang di Semifinal kembali menjadi lawan Indonesia. Namun rupanya Thailand masih terlalu kuat dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4 – 1. Indonesia hanya kebagian juara 4.

Piala Asia 1989 Hongkong menjadi kiprah terakhir timnas putri Indonesia dipanggung Asia, karena sampai sekarang belum bisa lolos ke Piala Asia lagi. Pada tahun 1989 Indonesia hanya sampai penyisihan grup. Menang 1 kali lawan Nepal, dan imbang 1 kali melawan Hongkong, kalah lawan Jepang, Indonesia hanya menempati posisi 3 di grup dan gagal lolos ke fase selanjutnya.

Dalam Sea Games Indonesia pernah merebut medali Perunggu sebagai Juara 4 di Sea Games 1997 dan Sea Games 2001.

Selayaknya timnas putra, timnas putri kini dalam tidur panjang. Bahkan di tingkat ASEAN pun belum bisa mengalahkan dominasi musuh bebuyutan Thailand.

Sampai kapan tidur panjang ini? PR bagi Kabinet PSSI Baru.

sumber : http://www.wikipedia.org

http://www.galanita.blogspot.com

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: