Lo jUal…..Gw Nawar Xp!!

lidah tak bertulang…saking lunaknya..mudah berkelit, pandai bermain kata…apalagi main lidah xixixixi…..maksudnya ngeles……dan terakhir jago nawar…apalgi kaum hawa…jagonya nawar se-jagat raya..kalo ada cowo yang jago nawar, itu sih perbandingannya cuma 1 : 5 ( menurut gw sih), kebanyakan cowo males nawar, dan langsung bayar berapapun harga yang dipasang…..dan gw salah seorang yang ga bisa, ga tega, dan males nawar…mungkin lidah gw bertulang kalo gitu atau lidah laki2 bertulang..hehehehe……

gw ngaku paling ga bisa sama yang namanya nawar, dari pengalaman gw selama ini, gw hanya akan menawar sekali, dalam artian nurunin harga aja, misalkan pengalaman gw beli gelang di malioboro, udah jelas2 tuh gelang satunya harganya 5000, cuma si penjual masang harga 7000, gw yang sok nawar langsung bilang..

“5000 satu ya, saya ambil 3″…dengan percaya dirinya…..si penjual cuma angguk2…sambil ngasihin gelang ke gw….padahal kalo gw mau sedikit, menegangkan urat leher, yakin da…10000 dapet 3…..ya gw menyalahi prinsip ekonomis nan dinamis, tapi gw ga tega..cuma dipikir si abang penjual ini udah dari pagi mejeng dipinggiran malioboro, diantara sekian penjual gelang, kita tidak tahu…udah berapa gelang yang kita jual…satu yang pasti, dia baru dapet satu…..pembeli yang ga bisa nawar alias gw….hehehe

sering dikasih cara – cara menawar yang baik dan benar :

1. sambil senyum2, tawar harga ampe setengah

2. rayu pedagangnya, ayo bang masa sih ga bisa ngasih segitu….

3. pertahankan keras dan bulatnya tekad waktu nawar, jangan sekalipun pedagang melihat kelemahan kita     dalam menawar

4. ngeleos, alias pura2 jaim dan pergi kalo pedagang ga ngasih harga yang kita mau, biasanya cara ini berhasil, hanya akan bermasalah kalo si pedagang sama2 jaim…

pembeli : “ya udah, beli ditempat lain aja, emangnya abang doang yang jual”

Penjual  : “ya sana…emangnya situ aja yang beli”

runyam kan?!! ga ada yang mau ngalah…ini bahaya…coba siapa tahu anak si pedagang sama anak si pembeli itu ketemu dan pacaran, terus pas ortunya ketemu..ehm…pembeli sialan, ehm penjual brengsek, akhirnya ga disetujui hubungan mereka….alhasil anak mereka hubungan backstreet alias jalan belakang soalnya kunci pintu depan mereka ga pegang..karena ga disetujuin mereka sepakat untuk kabur berdua, malam dingin hujan rintik, saat mereka berdua minta izin masing2 kepada orangtuanya untuk kabur..dengan berat hati ortu mereka mengabulkan dengan catatan 2 X 24 jam harus lapor, biar bisa disusul……akhirnya mereka berdua kabur, ditengah jalan sendal si cowo putus, akhirnya kata si cewe

“tuh, ada yang jualan sendal, kita kesana” kata si cewe

“berapa bang? ” tanya si cewe

” 20 rbu” kata si penjual

“yah mahal amat, 10 dah..”

“wah ga bisa neng, itu sih ga nutupin modal – modal acan”

“yah pelit bgt si abang”

akhirnya adu tawar menawar pun terjadi, saking serunya…ampe si cowok ditelantarkan, padahal kakinya dah kepanasan, gara2 sendal putus bin nyeker…..

“Ya, udah ga jadi” kata si cewe sambil narik tangan si cowo……

penjual apaan, gerutu si cewe, ga tahu diri udah tahu sendal murah dimahal2in, dasar ga tahu diri……sok lo..jualan aja sombong, iya kan say??….kata si cewe sambil terus ngegandeng si cowo….

“kamu ko gitu si….kamu ga boleh gitu, ma tukang jualan, gitu2 juga….usahanya halal, cari makan buat menghidupi keluarga, cuma selisih 10 ribu aja susah amat ngasih…kasih aja ke, kaki gw kan udah kepanasan, plis deh beli aja!!!!!..pokonya aku ga suka kamu ngomong kaya gitu”…..kata si cowo sambil melotot ke si cewe

“ih kamu gimana sih…udah jelas2 tuh sendal harganya murah, pedagangnya aja sombong ga mau ngasih…jaim kaya ga butuh duit aja, padahal 10 ribu aja dah cukup buat dia…teserah aku mau ngomongin dia kaya gimana!!!”..sahut si cewe

“kamu egois, kamu udah nyakitin hati aku, tiada maaf bagimu bibeh, kita ga jadi kabur, kita pulang aja…putus…putus….putus….” kata si cowo

“nyakitin hati kamu??” cewe kebingungan

“kamu ga nyadar, ortu gw kan jualan”

hah?!!!! cewe baru inget…..

“maafin ya sayang”

“ga ada, pokonya kita pulang…putus” kata si cowo

“ya udah pulang aja ya, tapi jangan putus, ato kalo ga kita jangan putus, terus kabur sampe perempatan depan aja, gimana??” kata si cewe nawar sambl matanya kedip2 manja…

“emangnya gw sendal ditawar2”

“ih jaim banget sih lo” kata si cewe

” ya udah, i’m sorry goodbye” kata si cewe

“goodbye too, i’m sorry too” sahutt si cowo

ehm benar2 tidak terpikirkan kalo semangat menawar ini sampe merasukke kehidupan asrama eh asmara..

ehm balik lagi ke benang merah…ada satu ketidak tegaan, dan ketidakuletan dalam diri gw soal tawar menawar, biasanya gw akan cepat menyerah mengikuti apa yang ditawarkan si pedagang…palingan gw cuma menawar ampe harga si pedagang…contoh….

“kang, berapa ini teh?”

“20 rbu”

“15 ya?” gw nawar…

“18 a abisnya juga” kata sipedagang

“ya udah 18 ya” sahut gw setuju…..

orang bilang, jangan mau harga asli selama bisa ditawar, ah tapi gw malas nawar..itung2 ongkos keringat angkut tuh barang ke tempat jualan aja……..

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

