Reality show…buka aib?!!!!

termehek2, playboy kabel, orang ketiga, mata2….dan banyak lagi reality show yang menghiasi layar kaca tiap hari.

gw pengen bahas dari sisi positifnya dulu.

ya dengan adanya acara2 semacam itu, pihak pelapor bisa mengetahui bahwa selama ini pihak lain yang memiliki hubungan dengan dia, punya perilaku yang jelek, itikadnya buruk terhadap pihak pelapor.. singkat kata it’s revealing the truth.

cuma dibalik itu, menurut gw banyak sisi negatif. membuka aib. ketika si pelapor punya suatu kasus, dan pihak tertuduh terbuka rahasianya, minimal efek yang paling terasa, hidup si tertuduh hancur seketika. memang terlalu sadis kalo dibilang hancur, minimal dia akan menjalani hidup dalam perasaan malu. karena TV disiarkan ke seluruh Republik, semua orang di Indonesia seakan ikut menghakimi dia, boroknya ketahuan, belum lagi malu….apakah setimpal dengan kesalahannya?

setimpal atau tidak, itu memang kasat mata, tidak ada timbangan yang bisa mengukur seimbang tidaknya suatu kesalahan dengan ganjaran, hanya timbangan Allah SWT yang paling paling adil dalam menentukan itu.

Terbukanya aib ini, sebetulnya bukan hanya keuntungan bagi si pelapor, tetapi juga kerugian bagi dirinya. jadi sebetulnya 2 pihak dirugikan. memang sifatnya kasuistis bagi si pelapor dalam hal ini, seperti dalam salah satu episode suatu acara pelapor adalah wanita yang hamil minta pertanggungjawaban lelaki menghamilinya. tetapi dari situ masyarakat akan tahu bahwa dia pernah berbuat salah, “berhubungan di luar nikah”. memang kita semua pernah berbuat salah, tapi kita semua tentunya tidak ingin semua orang tahu kesalahan kita.

dari situ ada efek lagi, apa? kita bukanlah makhluk yang individual, pun tiba2 ada di bumi ini. kita mempunyai keluarga. si tertuduh, gw yakin, keluarganya pun akan ikut2an malu. kalo masih dalam lingkup RT atau RW sih mungkin masih bisa ditahan, tapi se – indonesia menyaksikan pada prime time…..ih malu nya juga berjuta2 ton kali…..besoknya pasti jadi omongan tetangga, dan lagi orangtua si tertuduh mungkin ga tahu apa2, tapi tiba2 dalam jangka waktu setengah jam, hidup mereka tak akan sama lagi. karena minimal tetangganya tahu anak mereka itu jelek kelakuannya.

gw ga tahu, apakah produser2 acara2 reality show itu pernah mikir, efek berantai dari acara yang dibuatnya???

yang paling harus digarisbawahi adalah efek yang mesti tiba2 ditanggung oleh keluarga si tertuduh.

mungkin mereka ga pernah mikir, karena gw pernah baca dikoran, seorang produser bilang bahwa apapun yang terjadi setelah acara itu bukan tanggung jawab mereka. dan yang lebih ditegaskannya adalah acara tersebut menghibur, ratingnya bagus….

gw pernah dapet info bahwa salah satu acara seperti itu, pernah bikin sandiwara. jadi si pelapor maupun tertuduh itu dibayar. dari situ jelas bahwa cuma hiburan yang dipikirkan mereka. bagaimana acaranya ratingnya bagus dan banyak iklan..ITU SAJA.

gw yakin tanda semakin turunnya nilai kepantasan, kesopanan, menghargai privasi orang lain, kita sudah dan sedang mengalami money – minded age. jadi segala sesuatunya uang yang berbicara.

lo mau malu, mau hancur hidup lo gara2 acara gw, itu urusan lo….yang penting acara gw ratingnya bagus. mungkin itu pikiran mereka.

yang gw paling sesalkan adalah beban yang harus dipikul keluarga pelapor maupun tertuduh. memangnya keluarga pelapor adem ayem aja?? coba kasusnya kaya yang tadi nghamilin, ya keluarga pelapor pasti malu lah. seharusnya itu hanya diketahui keluarga pelapor dan tertuduh, eh se – indonesia tahu.

memang dibalik itu ada hikmah bahwa hidup mesti selalu dijalan yang lurus.

tapi hikmah itu diragukan menjadi dorongan para pembuat acara, yang paling gw yakin mereka pikir bikin acara yang sukses, rating tinggi, duit banyak.

bagi para orang mau kasusnya diangkat ke tv lewat acara2 itu, gw saranin, pikir2 mateng dulu deh, kasus lo bakal bikin malu hidup lo ma orang yang nyakitin lo, dan bikin malu keluarga kalian berdua ga??, jangan sampe gara2 satu kasus diungkap, semua orang yang kenal kalian ikut menanggung beban, tanpa tahu apa2.

mungkin mesti ada kali ya, reality show yang mengungkap kehidupan orang yang aib nya dibuka lewat acara2 itu.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Reality show…buka aib?!!!!”

  1. buat nyari uang doang kebanyakan orang , soalnya untuk syutingnnya ada pengarahan lagi, pokoknya emang kayak bikin film aja, disuruh acting dll, yang pasti abis itu ada bayarannya, kalao masalah kasus itu fiktif atau tidak bisa di atur…. wkwkwkwkw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s