Bisnis Motivasi

pernah liat kan kaya acara – acara pemberi motivasi di tv, kaya di metro tv dengan Golden Ways, dan banyak lagi, terakhir gw liat di Telkomvision 2.

kalau dibanding – bandingkan sebetulnya apa yang diberikan, diomongkan kepada audiens sama, ya walaupun beda dikit tapi miripnya banyak siapapun yang jadi penceramahnya. hidup ini mesti sistematis, tahap per tahap, dll lah, hidup mesti terprogram dengan baik, betul sih.

terus terang gw jadi pengen komentar apakah ini tanda – tanda manusia udah kehilangan motivasi, sehingga perlu ikut dalam program – program pemberi motivasi ini?

apapun jawabannya, ya pasti nyerempet – nyerempet kesitulah, cuma yang pasti gw pengen menyorot dari segi bisnisnya.

bisnis? ya menurut gw inilah bisnis yang memanfaatkan lunturnya semangat seseorang. dan menurut gw ini bisnis yang lumayan.

gimana ga lumayan? kalo dari beberapa kali liat di tv, itu acara seringnya diadakan di restoran, atau ballroom hotel mewah. belum yang datengnya, minimal dari perusahaan – perusahaan gede, yang minimal manajernya yang pada dateng.

Duit gede pastinya mesti dibayar tiap peserta.

sebetulnya kaya ESQ, terus terang ini berdasarkan pengalaman dari beberapa orang karena gw belum pernah ikutan, materi ESQ itu sama kaya yang sering diberikan oleh para Ustad di pengajian2. pokonya ga aneh deh.

cuma satu keunggulannya metode pemberian materi yang didukung video audio, pengemasannya yang bikin itu “terasa” beda. padahal sama aja. dan itu juga yang bikin dipatok dengan harga tertentu, karena juga biasanya diadakan di hotel2.

coba bandingkan dengan para ustad yang sering ngasih motivasi kita dengan nilai – nilai agama, belum tentu semuanya dibayar gede, dan kebanyakan tidak mematok harga, mau dikasih syukur, engga juga ga apa2. ga usah ngomongin para ustad yang sering tampil di tv, coba liat ustad – ustad yang kita temui dalam kehidupan sehari – hari.

ada hal yang menarik ketika kebanyakan pangsa pasar acara – acara motivasi ini adalah para karyawan, manajer, pemilik perusahaan – perusahaan. padahal coba dikasih motivasi orang – orang yang sekarang lagi “struggle” dari bawah, kehidupannya belum mapan, gw rasa agak tidak mungkin, kenapa duit alasannya, kalo dari perusahaan – perusahaan kan udah pasti untung gede.

sebetulnya pun, masih menurut pengalaman beberapa orang, apa yang diberikan kaya strategi kerja dll, ga aneh2 amat, biasa, cuma istilah yang dipake yang keliatan serasa keren, kaya ada istilah “battlefield”  . padahal kalo diliat penjelasannya yaitu sasaran yang mau dituju , ah ga aneh kan.

yang menarik justru inilah bisnis yang menggiurkan, membidik kalangan pengusaha, ketatnya persaingan usaha, membuat kalangan pengusaha bingung, dan tak jarang luntur semangat. makanya dicarilah program motivasi kaya gini, padahal kalo dilihat tuntunan agama, sebenarnya sudah sangat sangat sangat cukup memberi seseorang motivasi dalam hidup.

mungkin tak jarang yang berhasil dengn program seperti ini, tapi mungkin juga tak jarang orang yang telah dikasih program kaya gini, merasa biasa2 aja, ga ada peningkatan, karena materi2 yang diberikan sebetulnya ga aneh.

terus terang kalo diliat materi – materi seperti ini bikin hidup kaya lebih mudah, kalo ada tantangan kaya gini solusinya, padahal belum tentu semua yang memberi materi itu pernah ngalamin permasalahan kaya gitu, cuma pintarnya mereka mengolah kata itulah yang memikat orang.

ini cuma ulasan, mau disebut kritikan boleh lah……

yang jelas bwt orang – orang yang merasa semangat udah mulai luntur, kembali kepada tuntunan agama adalah yang paling baik

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Bisnis Motivasi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s