Maryamah Karpov in chinese democracy

sebenernya itu dua nama yang berbeda. Maryamah Karpov itu novel terakhir dari tetralogi Laskar Pelangi, sedangkan Chinese Democracy itu album teranyar Guns N Roses. kenapa gw kasih judul kaya gitu, soalnya dua nama ini punya satu kesamaan, yaitu aneh bin janggal.

Maryamah Karpov novel penutup yang dinanti2 penggemar Laskar Pelangi, termasuk gue sendiri.

hati berbunga2 kala menerima pinjaman novel tersebut.

keberhasilan Ikal meraih gelar master di Sorbonne mengawali alur cerita. cerita mengalir dengan kepulangan Ikal ke Belitong. lalu dilanjutkan dengan salah satu energi inti tetralogi laskar pelangi, pencarian cinta sejati.

disinilah keanehan muncul. aneh dalam makna terlalu berkhayal, bagaimana seseorang tanpa pengalaman bisa membuat sebuah perahu, sekali jadi langsung berhasil tanpa adanya kegagalan. inilah yang membuat novel ini terasa janggal, atau boleh dikata kurang terasa “nikmat” dibandingkan kisah – kisah sebelumnya.

Andrea Hirata sebagai penulis mungkin ingin menekankan bahwa when love touches you, you can do everything impossible, atau ketika cinta melekat, tahi kucing pun terasa coklat.

hanya saja, penggambaran kekuatan cinta dalam pembuatan perahu oleh seseorang yang buta akan pembuatan perahu, membuat andrea benar2 menjadi “sang pemimpi”.

kehadiran kembali Lintang, tokoh genius, pun tidak banyak membantu, dalam artian tetap saja pembaca susah dibuat percaya.

Andrea dalam hemat saya, terperangkap dalam dramatisasi cerita. mungkin lebih masuk akal kalau ikal membeli perahu dengan uang hasil kerja serabutannya lantas memodifikasi perahu supaya bisa ngebut.

kenapa mesti masuk akal?? karena itulah salah satu  nafas tetralogi laskar pelangi, ketika semua yang tidak masuk akal menjadi kenyataan, jika punya keinginan kuat, berusaha keras, dan menguasai ilmu pengetahuan. hanya saja, pembuatan perahu itu rasanya terlalu mengada – ada.

saya tidak tahu apakah itu ( pembuatan perahu ) kenyataan atau khalayan, hanya rasanya terlalu berlebihan saja.

dan satu lagi, tentang pengangkatan kapal lanun dari dasar sungai, pun seakan mengkhayal.

andrea si satu sisi,  ingin mengajak para pembaca untuk menyukai ilmu Fisika.

kisah ini ditutup dengan akhir sedih, setelah ayah Ikal tak berkenan melamar A ling untuknya.

pun begitu, novel ini masih punya kekuatan untuk membuat saya tertarik, melalui penggambaran kebudayaan masyarakat melayu, Ho Pho, Khek, Sawang, Orang Bersarung, nelayan, kaum lanun, dan juga cerita – cerita misterinya.

Chinese Democracy, setelah ditunggu bertahun – tahun oleh fans setia, akhirnya album ini dirilis juga. salah satu band rock n roll legendaris yang mengguncang dunia, Guns N Roses, membuktikan eksistensinya kembali.

hanya menyisakan Axl Rose sebagai personil asli GnR, Axl membuktikan band ini bisa bertahan. dan kehadirannya selalu ditunggu2 para fans, termasuk gw, yang sibuk cari link download ni album di blog2 hehehe….sssttt bajakan haha.

pertama yang gw dapet yaitu lagu Madagascar  dalam versi live. sempet aneh juga awal2 dengernya, cuma ini lagu lama2 “klik” juga ditelinga gw, cuma lama deh, lengkingan Axl masih jadi ciri khas.

akhirnya dapet juga the whole album,langsung gw copy ke hp bakal gw denger pake  earphone, cuma baru beberapa lagu, diantaranya chinese democracy sendiri, gw ngrasa males ngelanjutin.

semua lagu cuma sampe ga ada yang beres gw denger. A N E H, sodara2.

cuma catchers of the rye yang lumayan didenger, itupun juga ga beres.

memang belum semua lagu didenger, tapi dari beberapa lagu yang didenger, ada satu kesamaan, yaitu adanya penambahan bunyi2an seperti yang dimainkan para DJ.

aneh ga biasa buat band kaya GnR ada bunyi2an kaya gitu. GnR seakan rada tersesat dari habitatnya. warna seperti yang ditemukan pada album – album terdahulu rada samar.

sesuatu hal yang bisa dimaklumi, pertama  personil asli aja tinggal Axl Rose, dia mesti mempertahankan eksistensi band ini sendirian.

kedua, masuknya pemain2 anyar yang membuat band ini sekarang beranggotakan 9 orang personel.

mungkin inilah yang disebut revolusi dalam bermusik, revolusi yang harus terjadi untuk mempertahankan keberadaan sebuah band.

memang warna lagu2 dialbum ini masih rock, cuma mirip2 rock jaman sekarang.

yah walaupun begitu, album chinese democracy tetep gw simpen di hp, karena inilah jawaban akan sebuah kerinduan, dan bukti kecintaan Axl Rose pada GnR, dan juga bukti gw cinta banget ama band ini.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Maryamah Karpov in chinese democracy”

  1. hhhhmmm, mengingatkan aku pada kisah drama percintaan antara Laila Dan Qois ( majenun ). Cuma bedanya Ikal berhasil melamar A liung, sementara Qois hanya bisa gigit jari. Meskipun pada akhirnya mereka bertemu dalam pelukan Tuhan. Seseorang yang bisa membuat perahu tanpa keahlian gak aneh, yang lebih aneh lagi, seseorang menyaksikan perahu dengan sendirinya dihadapan matanya. Tapi itu mah cuma Intermezo dalam buku Dialog ” Muslim dengan seorang Atheis. He..he..he…he..
    Mangga A.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s