I..You..Speak2…Yess…Percaya diri!!!

berapa lama kita belajar bahasa inggris?

apakah kita sudah bisa berbicara bahasa inggris?

itulah kira – kira pertanyaan yang melatarbelakangi acara english conversation di RSPD 99.95 FM Kota Sukabumi. acara yang tayang setiap Jumat malam dari jam 7 sampe jam 8 malam, hasil kerjasama dengan sebuah lembaga kursus.

acara ini udah jalan beberapa bulan, sampe saya saja yang ditunjuk jadi pembawa acara lupa kapan mulainya. saya ditunjuk karena notabene sarjana sastra inggris. ketika pertama ditawari, saya memberanikan diri walau belum tahu bagaimana memandu sebuah acara yang bersifat “ngobrol“, ya mirip2 talkshow lah.

pertemuan pertama, bener – bener ga bisa dilupakan. gugup bukan main, sampe lutut bergetar, keringat dingin keluar, mata berkunang – kunang, dan wajah mendadak tampan…loh?????

akhir dari pertemuan pertama..gagal total. acara cuma sempet jalan 15 menit sebelum pemancar ikut – ikutan gugup dan mati.

Marco, orang belanda, yang jadi pengisi acara cuma bisa senyum, dan bilang ga apa – apa, ini cuma masalah teknis.

diluar segala kendala teknis sebetulnya yang bikin saya gugup adalah kedatangan native speakernya. aneh kan? sebagai seorang lulusan bahasa inggris, seharusnya gua udah ga boleh gugup lagi, tapi itulah gua ampe lemes, padahal tuh bule ga akan ngigit.

jarang berbahasa inggris, jarang mempraktekkan secara lisan alias ngobrol cas cis cus bahasa inggris, itulah yang bikin gua gugup. ada juga rasa ga percaya diri harus berbahasa inggris saking dah berkarat tuh diotak gua.

kembali ke pertanyaan diawal tulisan ini. kalo dipikir – pikir kita belajar bahasa inggris sekitar 6 tahun lebih 4 bulan. kita mulai belajar sejak SMP, lanjut ke SMA, dikuliahan cuma 1 semester. kalo gua ditambah 4 tahun belajar bahasa inggris jadi 10 tahun lah belajar bahasa inggris. anak sekolah sekarang malah udah belajar dari mulai TK. jadi kalo ditotal sekitar 13 tahun belajar bahasa inggris.

tapi kalo diliat berapa banyak yang udah bisa berbicara bahasa inggris, mungkin kalo dipake persentase ga banyak. kenapa?

kebanyakan dari kita adalah pengguna pasif. artinya kita tahu dan mengerti bahasa inggris tapi kalo diajak ngomong, lemes bawaannya, apalagi kalo berhadapan sama bule.

kesulitan kita dalam berbicara bahasa inggris dimulai ketika tidak ada rasa percaya diri, kita takut salah ngucap, takut lawan bicara ga ngerti, takut ga grammatikal.

padahal nih gua kasih fakta, orang – orang luar negeri alias bule pun ga terlalu mikirin soal GRAMMAR, buat mereka yang penting komunikasi berjalan lancar, dia ngerti maksud kita, kita ngerti maksud dia. kaya kita berbahasa indonesia, apa kita selalu mikir mesti berbahasa yang EYD, sempurna menurut tata bahasa, kan engga, yang penting komunikasi lancar. begitu juga dalam berbicara bahasa inggris, ketika saling mengerti, I..YOU…Oke!!! Udah jalan tuh obrolan. jangan terlalu memikirkan grammar ketika mesti berbicara bahasa inggris. langsung aja bla..bla..bla..yang penting sekali lagi kita ngerti maksud dia..dia ngerti maksud kita.

JANGAN TAKUT SALAH. jika kita sudah terlalu banyak memikirkan salah atau benar, maka ga akan maju – maju kemampuan bahasa kita. asal goblek aja.

kunci utama adalah PERCAYA DIRI. untuk mengatasi hal itu, mesti banyak berlatih. bisa sama temen, keluarga, pacar dan lain – lain. ga usah mikirin pake kalimat – kalimat yang panjang -panjang. yang pendek – pendek aja dulu. contoh pas mau minjem pulpen ma temen..praktekin tuh cas cis cus nya..can i borrow your pen?, makin lama dipraktekin maka kita akan makin terbiasa.

dengan lamanya pelajaran bahasa inggris yang kita terima selama belajar, sebetulnya udah cukup bagi kita untuk berbicara bahasa inggris. hanya kita jarang mempraktekkan dan jarang berlatih, karena jarang dilatih maka ga akan bisa – bisa.

silahkan cari kursus yang paling hebat sekalipun kalo kita jarang pake sih tetep aja gitu – gitu juga, giliran disuruh ngomong tetep ga bisa.

tapi sebaliknya kalo sering berlatih, yakinlah pasti bisa. sekali nih mulut bicara kesananya akan lancar berbahasa inggris.
POKONYA JANGAN TAKUT SALAH, JANGAN PUSINGIN GRAMMAR…PEDE AJA LAGI!!!!

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s