4 Striker Indonesia Top Skor Liga Indonesia

Sejak berakhirnya era Galatama, dan dimulainya era Liga Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1994/1995 dengan nama Liga Dunhil sampai sekarang Liga Super Indonesia 2009/2010, baru ada 4 nama striker dalam negeri yang meraih gelar top skor liga. 10 gelar Top Skor lainnya diraih oleh pemain asing, dengan Christian Gonzales menjadi top skor terlama selama 4 musim berturut. Diawali saat pertama kali membela Persik Kediri tahun 2006 dengan 25 gol, musim 2007 dengan 29 gol, musim 2008 dengan 32 gol, dan musim 2009 dengan 28 gol, menjadi top skor bersama Boaz Solossa.

Ini dia para pemain dalam negeri yang berhasil meraih gelar “striker paling berbahaya” .

1. PERI SANDRIA ( BANDUNG RAYA 1994/1995 )

Musim pertama era liga Indonesia, dihiasi dengan kebangkitan klub Jawa Barat Persib Bandung menjadi juara liga. Gelar top skor sendiri diraih Peri Sandria dengan 34 gol, yang membela klub Bandung Raya.

Jongkok ketiga dari kanan

2.Bambang Pamungkas ( Persija Jakarta 2000/2001 )
Striker andalan Kesebelasan Indonesia, yang dikenal dengan penempatan posisi yang akurat, dan high jump nya walau tubuhnya tidak terlalu tinggi, namun sangat kuat dalam duel bola atas. Pada musim 2000/2001 Bambang menyabet gelar Top Skor dengan 24 gol.

3.Ilham Jayakesuma ( Persita Tangerang 2001/2002 & 2004/2005)
Striker andalan Persita Tangerang yang sempat mencuat di tim nasional Indonesia ini dikenal dengan kecepatan dan insting strikernya. Bersama tandemnya Zaenal Arif ( kini Persisam Samarinda ) dikenal dengan duet striker berbahaya. Namun kini ketajamannya seolah habis, kembali bermain untuk Persita Tangerang di divisi Utama, Ilham belum menemukan kembali ketajamannya. Bak soulmate permainan rekannya Zaenal Arief di Persisam, juga menurun. Patut ditunggu kebangkitan Ilham dan Zaenal kembali.

4.Boaz Solossa ( Persipura Jayapura 2008/2009 )

Salah satu striker berbakat Indonesia. Cepat, skill tinggi, drible apik, Boaz sangat berbahaya didepan gawang lawan. Selain menjadi andalan Persipura, Boaz juga andalan timnas Indonesia di berbagai level usia. Bakat Boaz sempat membawa dia diincar klub – klub luar negeri, namun Boaz tetap bertahan di Persipura.
Pada musim 2008/2009, Boaz menjadi bagian trisula maut Persipura bersama Alberto “Beto” Goncalves dan Ernest Jeremiah. Trisula ini membawa Persipura meraih gelar juara pada musim ini. Boaz melaju ke puncak top skor dengan 28 gol, namun Boaz harus berbagi gelar dengan Christian Gonzalez dengan torehan gol yang sama.

Musim ini striker – striker lokal mulai unjuk gigi, dari Pieter Rumaropen ( Persiwa Wamena ), Saktiawan Sinaga ( Persik Kediri ), Andi Odang & Korinus Fingkrew ( Persebaya Surabaya ), Rahmat Rivai ( Sriwijaya FC) mulai menghiasi daftar top skor bersama Bambang Pamungkas dan Boaz Solossa. Striker Lokal ini bertarung dalam perebutan puncak top skor dengan striker asing yang tak kalah tajam.

Kebijakan para pelatih yang lebih menyukai striker impor, karena dianggap lebih tajam, menjadi salah satu alasan, baru ada 4 striker lokal yang menjadi top skor.

Sumber:
1.http://stupidfreak.wordpress.com
2.http://wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “4 Striker Indonesia Top Skor Liga Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s