Pemain Indonesia Di Liga Asing ( bagian I )

Bakat – bakat pemain sepakbola kita, ternyata sejak lama sudah menjadi incaran klub – klub asing. Dari mulai klub – klub Asia sampai Eropa pernah mengajak pemain Indonesia untuk bergabung. Siapa saja mereka, ini dia :
1. Iswadi Idris (Alm )

Pemain serba bisa yang dimiliki Indonesia. Dari mulai posisi gelandang sampai bek kanan pun fasih dimainkan oleh pemain yang akrab dipanggil “boncel” ini. Penggemar nomor punggung 13 ini juga dikenal sebagai pemimpin dalam tim. Terbukti dengan jabatan kapten tim nasional selama tahun 1970 – 1980 an. Visi yang luas, disiplin dan keras adalah ciri khas karakter pemain kelahiran Aceh ini. Ini juga yang membawa dia menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain diluar negeri, tepatnya di klub Western Suburbs Australia selama 1 musim dari 1974 -1975.

2. Liem Soei Liang ( Surya Lesmana )

Seorang gelandang yang menghabiskan 14 tahun karirnya di Persija. Mempunyai kemampuan bertahan dan menyerang yang baik, Surya Lesmana menjadi andalan Timnas dari tahun 1963 – 1972. Pensiun dari Timnas pada tahun 1963. Surya Lesmana diminati oleh klub Hongkong, Mackinnan, yang sekaligus mencatatkan dirinya sebagai salah satu pelopor pemain Indonesia berkarir di luar negeri. Surya Lesmana dikontrak selama satu musim pada tahun 1974 dengan bayaran HK$ 2.000 per bulan.

3. Risdianto

Pemain yang sudah mengawali karir sepakbolanya sejak umur 14 tahun dengan memperkuat Persekap Pasuruan dan tim PON Jatim pada 1969. Kemudian dia malang melintang bersama tim nasional di berbagai turnamen. Karir sepakbolanya banyak dihabiskan di klub Warna Agung ( 1978 – 1983 ), selain itu dia juga pernah memperkuat UMS dan Persija.
Pada musim 1974 – 1975, Ris, begitu panggilan akrabnya, dikontrak oleh klub Hongkong, Mackinnons FC.

4. Ricky Yacobi

berdiri paling depan

Rambut gondrong, tampan, Ricky yacobi menancapkan dirinya sebagai idola di kancah persepakbolaan nasional. Tajam sebagai penyerang, mengandalkan kecepatan dalam membobol gawang lawan. Menghabiskan karirnya di PSMS Medan dan Arseto Solo, Ricky adalah “saingan” Bambang Nurdiansyah dalam urusan ketajaman membobol gawang lawan.
Salah satu gol yang dikenang oleh penggemarnya adalah saat menjebol gawang UEA dalam Asian Games 1986 Korea Selatan. Gol yang dilesakkan lewat tendangan voli dan dilakukan dari jarak yang jauh.
Ketajamannnya yang membuat klub Matshusita dari Jepang mengontrak Ricky pada tahun 1988. Hanya sempat bermain selama 4 kali dan mencetak 1 gol, Ricky gagal beradaptasi dengan iklim jepang, dan kembali ke tanah air.

5. Robby Darwis

berdiri paling kanan

Pemain belakang yang agresif, dalam artian sering mencetak gol, dan tangguh. Salah satu legenda hidup Persib Bandung ini menjadi langganan tim nasional dari era 1987 – 1997. Robby pun sempat mencicipi atmosfer liga asing, ketika bergabung dengan Kelantan FC di Liga Malaysia. Meskipun disana, Robby hanya bermain satu kali dan tersandung masalah, banyak pihak meyakini ini adalah akal – akalan pihak Malaysia agar Robby tak dapat bermain di timnas, maklum ketika itu Robby sangat disegani oleh lawan.

Selama karirnya di Persib, Robby ikut membawa Persib meraih tiga gelar perserikatan dan satu trofi liga Indonesia.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

5 thoughts on “Pemain Indonesia Di Liga Asing ( bagian I )”

  1. sdikit tambahan info bung bhwa pemain indonesia pertama yg brmain dluar negeri adlh Ramlan Yatim (PSMS MEDAN) beliau brmain utk club penang dan singapura pd thn 1948 dan 1949.beliau menjadi pemain trbaik pd turnamen ISNIS 1950.beliau jg trmsuk dlm skuad olimpiade 1956 yg menahan imbang Ussr 0-0 dan jg brhasil membawa medali perunggu asean games 1958. sumber novanmediaresearch.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s