Yang Khas dari Liga Indonesia

Sob, coba deh perhatikan baik – baik tiap pertandingan Liga Indonesia, ada sebuah kekhasan yang ditampilkan oleh klub – klub peserta Liga Indonesia. Menurut catatanku ini beberapa ke- khas – an Liga Indonesia.

1. Jika terjadi tendangan bebas, maka satu orang pemain dari klub lawan, akan berdiri beberapa centimeter didepan bola yang akan ditendang oleh pemain klub lain, sambil menunggu rekannya beres membuat pagar hidup. Kebiasaan ini setahu saya baru berlangsung sejak 1 atau 2 tahun yang lalu. Mungkin maksud pemain yang menghalangi itu adalah untuk mengacaukan fokus si penendang dari klub lawan. Kebiasaan ini sekarang dipraktekkan oleh semua klub, parahnya lagi kebiasaan ini sempat dibawa ke timnas pada pertandingan resmi. Alih – alih mengacaukan konsentrasi pemain lawan, malah si pemain diberi kartu kuning oleh wasit, karena dianggap memperlambat jalan pertandingan.

2. Wasit yang “rela” didorong – dorong oleh pemain sebagai protes atas keputusan wasit. Biasanya ini terjadi jika wasit memutuskan tendangan penalti atas pelanggaran dikotak penalti. Walaupun itu wasit didorong – dorong, tapi sangat jarang para wasit memberikan hukuman kartu kepada pemain yang mendorong.

3. Pada posisi one on one dan kondisi 50:50 kedua pemain dari kedua klub yang tengah bertanding, biasanya para pemain akan meletakkan salah satu kakinya lebih atas. Hal ini saya lihat sebagai sesuatu yang agresif, karena bila dua pemain itu berbenturan, biasanya satu pemain kena imbas kaki yang diangkat itu. Entah ini dimaksudkan sebagai bentuk pertahanan diri, yang jelas para kiper pun mempraktekkannya, apalagi ketika berusaha memetik bola diudara, sedang striker lawan mengejar bola tersebut, maka kiper ketika melompat akan menaikkan salah satu kakinya. Ketika berbenturan, maka striker pun harus dapat perawatan.

4. Pergantian pemain yang cepat juga menjadi ciri khas Liga Indonesia. Tak Jarang para pelatih mengganti pemain yang menurut mereka kurang memuaskan penampilannya, bahkan saat 15 atau 20 menit pertandingan baru berjalan.

5. Bongkar pasang skuad yang cepat. Anehnya ini dilakukan disaat setiap klub menjerit kekurangan dana. Tapi para klub tidak segan – segan memecat dan mengontrak pemain baru lagi, jika tak sesuai dengan penilaian dan pengharapan mereka.

6. Pertandingan Liga Indonesia tergantung dari pihak keamanan. Jika dapat izin maka pertandingan boleh dilaksanakan, jika tidak ya apa boleh buat. Seperti pertandingan Persija vs Persiwa yang dibatalkan karena alasan kedatangan Barack Obama, yang bikin makan hati Obama pun gagal datang ke Indonesia. Sepakbola pun banyak terganggu oleh agenda Pilkada baik pada tingkat kota/kabupaten, Provinsi, maupun pemilu nasional.

7. Terkadang ada beberapa kiper yang tidak mengambil tendangan gawang. Tapi para bek yang melakukannya. Mungkin alasannya karena tendangan kiper kurang akurat, karena para kiper tersebut tidak dalam kondisi cedera.

Itulah dalam catatan saya yang menjadi ke-khas-an Liga Indonesia, ga bakal nemu deh di Liga lain.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Yang Khas dari Liga Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s