Tips Berbicara Depan Umum

Banyak orang yang pintar berbicara saat dalam percakapan, tapi ujug – ujug gagap pas disuruh bicara ataupun pidato didepan umum. Gampang – gampang susah untuk bicara didepan umum. Tapi sebetulnya semua orang bisa, hanya mungkin belum terbiasa. Berbicara didepan umum disini bisa diartikan pidato.

Ada beberapa alasan yang terkadang membuat orang takut untuk berbicara didepan umum. Tapi yang sama adalah soal kepercayaan diri. Berbicara didepan orang banyak butuh mental yang kuat. Tidak mudah, karena pada saat kita berbicara semua mata tertuju pada kita. Semua orang memperhatikan kita, pada saat bersamaan orang berharap mereka mendapatkan sesuatu yang bernilai dari isi pembicaraan kita.

Untuk mendapatkan kepercayaan diri untuk tampil didepan orang banyak, butuh banyak latihan. Butuh jam terbang yang cukup untuk mendapatkan kepercayaan diri. Memang ada orang yang langsung mempunyai kepercayaan diri untuk tampil, tapi ada juga yang harus diasah. Semuanya butuh proses. Selalu ada saat yang pertama bagi segala hal.

Kepercayaan diri akan muncul kalau kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari materi pembicaraan, penampilan, dan cara menyampaikan. Kalau kata teman saya dari English 21 ini disebut 3M( Man, Method, Material). 3M ini merupakan satu paket yang tak bisa dipisahkan. Man itu berarti si pembicara. Pembicara harus mampu memikat pendengar dari dirinya sendiri. Mulai dari penampilan, bahasa tubuh, gaya berbicara. Method itu adalah cara menyampaikan isi materi. Material adalah isi pembicaraan.

Urutkanlah dengan baik isi pembicaraan. Buatlah poin per poin. Sehingga akan membantu kita untuk tetap fokus pada jalur pembicaraan. Buatlah pembukaan yang menarik untuk pidato kita. Diawali dengan salam pembuka, perkenalan, tujuan kita berpidato, dan berapa lama kita akan berpidato. Tapi bisa juga kita kreatif dengan langsung membuat pernyataan pada pembukaan. Misalkan kita membicarakan masalah lingkungan. Langsung saja beri kalimat “Bumi kita sedang dalam bahaya”.

Saya ingat tips dosen saya untuk tidak mengatakan kata “mungkin”. Seringkali kita dengar banyak orang berpidato mengawali kalimatnya dengan kata “mungkin” padahal yang dibicarakannya sudah jelas. Jangan gunakan kata “mungkin” karena itu tandanya tak percaya diri dan tak yakin pada isi materi.

Bahasa tubuh itu juga penting. Mr.Feri, teman dari English 21, bilang bahwa cukup berikan 3 detik kontak mata pada satu titik dan sebarkan pandangan anda keseluruh khalayak. Jangan hanya menatap satu titik. Ada tips lagi bahwa tak usah menatap langsung mata, tapi cukup lihat dahi orang – orang saja, karena itu bisa mengurangi rasa gugup.

Gerakan tangan dan gerakan tubuh yang lain juga boleh asal jangan terlalu banyak. Nanti dikira yang berbicara mantan koreografer hehe.

Jangan berbicara terlalu cepat, jangan terlalu lambat. Cukup sedang – sedang saja. Manfaatkan waktu dengan baik. Kalau mau menarik napas silahkan tapi hanya 1 – 2 detik saja. Jangan jeda terlalu lama. Apalagi sambil mengeluarkan suara “uuuuummmmmmm”.

Untuk menutup buatlah kesimpulan yang ringkas dan padat hasil pembicaraan kita. Buatlah pernyataan yang menarik sehingga diingat oleh pendengar. Bisa juga berbentuk pertanyaan. Misalkan tentang lingkungan yang rusak, setelah berbicara dan mengajak khalayak menjaga lingkungan, kita tutup dengan “apakah kita akan membiarkan anak cucu kita hidup dalam lingkungan yang rusak?”. Buatlah kata – kata anda yang menarik.

Tips terakhir jangan terlalu banyak melontarkan candaan. Karena yang akan diingat pendengar adalah candaan anda saja. Dan hati – hati dalam bercanda jangan yang menyinggung ataupun yang garing.

Semoga Berguna.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Tips Berbicara Depan Umum”

  1. yah, hati2 klo mo lempar candaan, pengalaman menyakitkan seorang teman karena gak ada yg ketawa.. omg, shame on him! jgn pernah coba2 klo gak yakin itu candaan super lucu atau klo anda bukan seorang yg humoris yg gampang bikin rg ketawa..

    ** dapetin konten2 cool buat ponselmu hanya di http://m.rujakasik.com **

  2. bener banget….makanya materi candaan mesti diuji dulu..jangan ampe garing…kalo udah gitu…bisa2 langsung waalaikumsalam…..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s