Bintang Baru Di Galaksi Liga Indonesia

Ibarat sebuah bintang yang bersinar terang, muncul dilangit malam, namun belum banyak dikenal, masih sedikit tercantum dalam referensi ilmiah. Begitu pula beberapa sosok pemain yang berkiprah diliga Super Indonesia musim ini. Mereka bersinar walau belum banyak pecinta sepakbola dalam negeri yang tahu. Ada yang debutan, ada pula muka lama namun berhasil bersinar musim ini. Kebanyakan dari mereka bukanlah penghuni timnas.

Oke dalam catatan saya inilah beberapa bintang “lain” yang bersinar digalaksi sepakbola Indonesia. Penilaian saya berdasarkan peran pemain dimasing – masing klub. Usia muda juga jadi pertimbangan tambahan ( kaya udah jadi juri aja hehe).

1. M.Isnaini ( PSPS Pekanbaru )

kedua dari kanan.Kostum nomor 88

Janganlah membayangkan PSPS Pekanbaru yang pernah menjadi tim “galacticos” di Liga Indonesia beberapa tahun yang lalu karena banyak mengontrak pemain bintang. PSPS tahun ini berstatus tim promosi. Namun itu bukan berarti penampilan PSPS seadanya. Berhasil menduduki peringkat ke – 5 klasemen adalah prestasinya sejauh ini. Satu pemain vital yang membawa PSPS begitu kuat sebagai tim promosi adalah M.Isnaini, pemain yang juga anggota kepolisian. Striker yang berduet dengan Dzumafo Herman ini, tak “malu – malu” dalam urusan menjebol gawang lawan. Sampai sejauh ini 13 gol berhasil dilesakkan M.Isnaini.

2. Andi Odang ( Persebaya Surabaya ).

Kostum Hijau

Striker kelahiran Makasar ini bukanlah sosok baru di pentas sepakbola Indonesia. Mantan pemain PSM Makasar, Sriwijaya FC dan Persekabpas Pasuruan ini adalah pilihan utama Persebaya musim ini dalam urusan mencetak gol. Dari Danurwindo sampai Rudy Keltjes semua memanfaatkan jasa Andi Odang. Cepat dan tajam adalah kelebihannya. Sejauh ini 8 gol telah disumbang pria kelahiran berusia 32 tahun ini.

3. M.Fachrudin ( Arema Indonesia )

Depan Kedua dari kanan

Sedikit yang kenal dengan pria kelahiran Sidoarjo ini. Maklum musim sebelumnya dihabiskan Fachrudin di divisi utama membela Persebaya dan Persisam. Debut pertamanya saat pertandingan pertama Arema di Liga Super Indonesia langsung menghentak, karena mencetak gol kemenangan Arema atas Persija. Kini pemain sayap kiri Arema ini konsisten dengan assistnya dan torehan 8 gol.

4. Danang Wihatmoko ( Persijap Jepara )

Pertahanan terakhir Persijap ini bukanlah pemain baru. Danang sudah cukup lama beredar di Liga Indonesia. Namun musim ini Danang berhasil menunjukkan performa baik yang menunjukkan kemampuannya sebagai kiper yang patut diperhitungkan Timnas. Sempat meraih cleansheet berturut – turut selama beberapa pertandingan diawal musim adalah prestasinya.

5. Kurnia Meiga ( Arema Indonesia )

Masih muda namun telah memikul tanggung jawab besar. Posisi Arema Indonesia sebagai pemuncak klasemen sampai sejauh ini tentunya memerlukan seorang benteng kuat digaris akhir pertahanan. Kurnia Meiga mampu membuktikan bahwa dia mampu. Setelah kepergian Markus Horison, Kurnia Meiga menjadi pilihan utama, sebelumnya dia tampil berotasi dengan Markus. Mantan kiper Timnas U – 19 ini berhasil menjadi salah satu faktor Arema tetap berada dipuncak klasemen.

6. Yustinus Pae ( Persipura Jayapura )

Pemain debutan di tim mutiara hitam ini tampil cukup memuaskan. Datang dari tim junior sebagai pengganti kepingan yang hilang dari trio penyerang Persipura, setelah Ernest Jeremiah dikenai hukuman. Yustinus cukup berhasil menjalankan tugasnya. Dia berhasil mencetak satu gol ke gawang Kashima Antlers di Liga Champion Asia musim ini.

7. Eki Nurhakim ( Persijap Jepara )

Saya menganggap striker yang satu ini cukup menarik perhatian. Eki bukanlah pemain baru dikancah sepakbola dalam negeri. Pindah – pindah klub namun tetap menjadi cadangan, Eki musim ini berlabuh di Persijap musim ini. Pada putaran pertama, Eki belum juga mendapat kesempatan tampil dan mungkin harus menjalani cerita yang sama. Namun awal putaran kedua dia menyengat 5 gol dari 5 pertandingan berturut – turut membuat dia menjadi pilihan utama. Apalagi gol – gol yang dicetaknya sangat vital, karena berhasil memberikan poin bagi Persijap.

7. Yongki Ariwibowo ( Persik Kediri )

Striker muda belia harapan Indonesia di masa depan. Musim lalu Yongki, didikan asli Persik, memang sudah menyita banyak perhatian. Musim ini pun Yongki menunjukkan penampilan bagus. Sejauh ini telah mencetak 7 gol bagi tim macan putih.

8. Tantan ( Persitara Jakarta Utara )

Mantan pemain Persikab Kab. Bandung ini sempat dipandang sebelah mata. Maklum lama berkutat didivisi utama, sehingga diragukan bisa beradaptasi dengan atmosfer Liga Super. Namun ternyata ditengah keterpurukan Persitara, Tantan berhasil mencuat. Baik sebagai penyerang ataupun pemain sayap. Tantan fasih menjalankannya. Beberapa gol dan assist ditorehkannya. Musim belum habis tapi Tantan sudah diincar Persiba Balikpapan untuk musim depan.

9. Johan Juansyah ( Persijap Jepara )

Kostum Merah

Gelandang serang milik Persijap ini memang berbakat. Punya speed, cakap memainkan bola, passing akurat ditambah usia yang masih muda. Johan memainkan peran penting dalam penataan serangan Persijap. Johan pun pernah membela timnas U-23.

10. Samsul Arif ( Persela Lamongan )

kostum biru

Topskor Copa Indonesia musim lalu ini cukup mencuri perhatian. Datang dari tim divisi utama Persibo Bojonegoro, Samsul Arif bisa bersaing dengan striker papan atas liga Indonesia. Prestasi itu membawa Samsul Arif diboyong Widodo C Putro ke Persela, bersanding dengan Kurniawan Dwi Yulianto, Varney Pas Boakai, dan Diky Firasat. Sempat diragukan pada awal musim, Samsul kemudian menggebrak dan membuktikan bahwa dia pantas bermain di Liga Super Indonesia. Hampir selalu menjadi starter, Samsul Arif yang juga cakap mengumpan, telah menghasilkan 6 gol.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Bintang Baru Di Galaksi Liga Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s