Para Veteran

Mereka sudah tidak lagi menghiasi kolom – kolom utama berita sepakbola. Mereka pernah membela panji merah putih. Walau mereka terlupakan, tapi mereka belumlah habis. Walau mereka sudah menghilang dari pentas utama sepakbola Indonesia. Mereka masih mampu menunjukkan usia bukanlah halangan untuk tetap berprestasi. Inilah parade para veteran sepakbola Indonesia.

1. Nuralim

Berdiri paling kanan, kapten tim

Pemain terbaik Liga Indonesia 1996 / 1997 ini, merupakan bek yang tangguh. Ditunjang postur tubuh tinggi, Nuralim pun sempat menjadi langganan Timnas. Ikon Bandung Raya ini, malang melintang diberbagai klub selama karirnya. Bandung Raya, Persib Bandung, Persija Jakarta, pernah merasakan kehebatan Nuralim. Pemain yang kini berusia 36 tahun ini, kini membela Persipasi Bekasi di divisi utama.

2. Firmansyah

21 kali membela Timnas merupakan pembuktian baginya bahwa dia cukup diperhitungkan mengawal lini pertahanan Indonesia. Pemain yang identik dengan tim “bayi ajaib” Persikota ini, kini menjadi pengawal lini belakang Persipasi Bekasi bersama Nuralim.

3. Sugiantoro

Kostum Hitam Putih..Nomor 23

Siapa yang tak mengenal “Bejo” Sugiantoro. Produk didikan Persebaya Surabaya ini, merupakan pemain belakang yang sangat disegani pada masanya. 12 tahun dihabiskannya membela Persebaya Surabaya. Pemain yang juga didikan PSSI Primavera ini, adalah langganan Timnas. Skorsing tanpa keringanan yang diterimanya selama memperkuat PSPS Pekanbaru karena memukul wasit, membuatnya enggan membela timnas lagi. Kini “Bejo” membela Persidafon Dafonsoro di divisi utama.

4. Ansyari Lubis

Pemain yang akrab dipanggil “uwak” ini merupakan pengumpan yang handal. Pemain yang mengisi timnas selama 13 tahun ini, juga mempunyai tendangan bebas yang akurat. Gelandang berusia 39 tahun ini menghabiskan lama karirnya di PSDS Deli Serdang. Sebelumnya Uwak sempat bermain untuk Medan Jaya dan Pelita Jaya.

5. Uston Nawawi

tengah, Kostum Hitam Putih

Playmaker berkelas. Mempunyai skill yang mumpuni sebagai pengatur permainan. Pemain yang juga salah satu ikon Persebaya Surabaya ini, pada masanya diburu klub – klub besar. Sayang ketika pindah ke PSPS Pekanbaru bersama Sugiantoro dan Hendro Kartiko, karirnya menurun. Saat ini Uston membela Persidafon Dafonsoro. Dirinya juga sempat membela timnas.

6. Yaris Riyadi

Ikon lini tengah Persib Bandung. Lincah, bertenaga, cepat, skill yang baik menjadikannya idola bobotoh. Pemain yang bisa bermain sebagai playmaker ataupun sayap ini kini membela PSIS Semarang. Yaris sempat pula mengecap pengalaman di Timnas. Salah satu yang diingat adalah saat final sepakbola Sea Games 1997. Yaris yang membuat gol penyeimbang kedudukan melawan Thailand. Walau sayang Indonesia kemudian kalah dalam adu penalti.

7. Francis Wawengkang

Pemain kelahiran Manado 39 tahun yang lalu ini, menghabiskan 3 musim membela Persija Jakarta. Francis yang berposisi sebagai gelandang serang tetapi bisa bertahan pula, sempat memperkuat timnas. Kini karirnya diteruskan di Produta di divisi utama.

8. Indriyanto Nugroho

Pemain lulusan PSSI Primavera ini, merupakan salah satu tukang gedor jala lawan andalan Timnas era 1990-an. Pemain yang akrab disapa nunung ini lama membela Pelita Jaya. Persik Kediri, PSIS Semarang merupakan klub – klub yang pernah dibelanya. Pemain dengan yang lebih cocok menjadi penyerang lubang ini kini membela Persih Tembilahan.

9. Miro Baldo Bento

Penyerang kelahiran Timor Leste ini sempat pula menjadi striker Timnas. Bento pernah pula dikaitkan dengan ketertarikan klub Portugal karena ketajaman dan skill yang ia punya. Dribling dan insting golnya membuat Bento menjadi salah satu striker papan atas Indonesia. Pernah membela Persija, PSM Makasar, Persela Lamongan. Kini Bento bermain untuk PSIS Semarang didivisi utama.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Para Veteran”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s