Lingkar Pinggang Anda Berapa?

Lingkar pinggang kita ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi penyakit. Jadi jika bobot tubuh anda ideal tetapi lingkar pinggang anda nambah, anda patut waspada.

Diambil dari vivanews.com berikut keterangan tentang mendeteksi penyakit melalui lingkar pinggang.

Ukuran pinggang bisa memprediksi berbagai risiko kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes. Deteksi penyakit melalui ukuran pinggang ini dinilai cukup efektif dibandingkan lewat pengukuran indeks massa tubuh.

Mengukur lingkar pinggang sangat mudah. Lingkarkan meteran tubuh yang biasa digunakan penjahit di atas pusar. Jika ukuran lingkar pinggang menyentuh angka 35 inci pada wanita dan 40 inci pada pria, atau lebih, perlu waspada karena masuk kategori bahaya.

Lingkar pinggang wanita lebih dari 35 inci menunjukkan risiko sindroma metabolik. Suatu kumpulan kondisi yang meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Bahkan, ketika Anda memiliki berat badan yang cukup ideal.

“Perut gendut dengan lingkar pinggang lebih dari ideal bisa menekan lemak di paru-paru. Terutama ketika menekuk pinggang akan membuat Anda sulit bernapas,” kata Gerald Fletcher, MD, seorang ahli jantung di Mayo Clinic di Jacksonville, Florida.

Untuk mengatasinya, lakukan olahraga secara teratur untuk membakar kalori tubuh. Perlu juga mengontrol denyut jantung secara rutin setalah melakukan latihan. Selain berolahraga, ganti karbohidrat berkadar gula tinggi seperti roti putih, permen dan biskuit dengan karbohidrat rendah kalori.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s