Kiprah Klub Indonesia di AFC CUP

AFC Cup merupakan kompetisi sepakbola Asia “tingkat 2” setelah Liga Champion Asia. Para peserta yang ambil bagian di kompetisi ini adalah negara – negara yang dinilai AFC merupakan “emerging country” ( negara yang sedang berkembang ) dalam persepakbolaan Asia. Kompetisi ini pertama kali digelar pada tahun 2004. Sebanyak 32 klub ambil bagian dalam kompetisi ini.

Negara yang mempunyai jatah diajang ini adalah Qatar, Uzbekistan, Hongkong, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Maladewa, Oman, Syria, Yaman, Bahrain, Malaysia, Indonesia, Singapura, India, Thailand, Vietnam.

Format kompetisi sendiri dilaksanakan dengan penyisihan grup yang berjumlah delapan grup. Kemudian juara dan runner up grup akan lolos ke babak 16 besar dengan sistem satu kali bertanding. Sedangkan babak perempatfinal dan semifinal dilangsungkan dengan sistem 2 kali bertanding tandang kandang. Final memakai sistem satu kali bertanding.

Indonesia sendiri baru mengirimkan wakilnya pada tahun 2009. PSMS Medan sebagai runner up Liga Indonesia musim 2008 yang maju sebagai wakil.

PSMS Medan tergabung dalam grup F bersama South China, Johor FC, dan VB Sports Maladewa. Kiprah PSMS sendiri cukup baik. PSMS yang kala itu masih diperkuat Elie Aiboy dan Markus Horison berhasil menjadi runner up grup dengan 4 kali kemenangan 1 imbang dan 1 kekalahan.

Sebagai runner up grup, PSMS pun berhak lolos ke babak 16 besar. Sayangnya dibabak ini PSMS yang berhadapan dengan klub Chonburi Thailand harus kalah 4 – 0, dan gagal melaju ke babak selanjutnya.

Musim ini Indonesia diwakili oleh Sriwijaya FC pemenang Copa Indonesia, sebenarnya Sriwijaya berada di AFC Cup akibat gagal dalam babak playoff liga Champion,dan Persiwa Wamena sebagai runner up Liga Indonesia 2009.

Seperti yang kita tahu bahwa Persiwa Wamena babak belur diajang ini dan hanya merebut 1 poin dari 6 kali bertanding. Hanya Sriwijaya FC yang berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Besok(12/05) merupakan penentuan bagi Sriwijaya FC untuk bisa lolos ke babak perempatfinal. Lawan mereka dibabak 16 besar ini adalah klub Thailand, Thai Port. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Jakabaring Palembang.

Semoga Sriwijaya mampu membuktikan kehebatannya dan lolos ke perempatfinal. Kita harap dan berdoa untuk kemenangan Sriwijaya.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Kiprah Klub Indonesia di AFC CUP”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s