Ternyata Lebih Stress Sama Berat Badan

Kalau ditanya mana yang lebih membuat stress wanita antara penyakit dan berat badan, ternyata jawabannya berat badan. Berat badan bisa membuat seorang wanita tertekan dan berusaha dan bahkan mencoba diet ataupun olahraga yang tak pernah dilakukan sebelumnya untuk meraih berat badan ideal.

Menurut sebuah survey di dunia maya, ternyata dari 1000 responden hanya 2 persen yang mengkhawatirkan kanker, yang lainnya mengkhawatirkan berat tubuh yang tidak ideal.

Pakar kesehatan Sarah Jarvis mengatakan bahwa wanita ditekan oleh citra harus bertubuh sempurna. Media massa pun mempunyai peranan dalam pembentukan citra ini karena selalu menampilkan wanita – wanita yang langsing dalam iklan contohnya.

Dunia wanita salah satunya adalah kecantikan, kesempurnaan penampilan. Makanya tidak aneh jika banyak produk pil pelangsing segmennya adalah wanita. Karena para produsen tahu wanita jika naik 1/2 Kg saja berat tubuhnya pasti sudah pusing. Padahal mengonsumsi banyak pil pelangsing pun, menurut saya, suatu saat akan mendatangkan masalah. Bagaimanapun obat adalah kimia.

Cantik bukan berarti langsing. Itulah kiranya yang harus diperhatikan untuk mengubah pola pandang. Berbadan agak berbobot pun tak masalah. Sehat itu yang penting.

Memang berat badan bertambah mempunyai dampak terhadap misalnya gerakan tubuh atau mudah lelah. Tetapi sebaiknya untuk menurunkannya haruslah melalui cara yang sehat. Mengurangi makan bukanlah jalan terbaik, karena disaat lapar dan sudah tidak kuasa menahan pasti porsinya bertambah. Atau sengaja tidak makan 3 kali sehari, dijadikan 2 kali sehari, tetap saja biasanya 2 kali itu porsinya lebih besar. Belum lagi diselingi cemilan – cemilan untuk mengatasi rasa lapar sementara waktu.

Berikut langkah – langkah sehat yang dianggap bisa menurunkan berat badan dan patut dicoba.

1. Konsumsilah produk susu setiap hari. Sepotong keju atau secangkir susu akan meningkatkan metabolisme Anda. Mereka yang mengurangi 500 kalori dengan mengkonsumsi yogurt 3 kali sehari berhasil mengurangi berat badannya sebanyak 6 kg dalam 12 minggu.

2. Makanlah sebutir apel sebelum makan malam. Apel selain dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, juga mengandung serat yang banyak. Terutama di kulitnya.

3. Berhati-hatilah dengan makanan yang berwarna putih. Makanan yang berwarna putih adalah makanan yang mengandung kalori paling banyak, seperti kentang, roti tawar, nasi, dan sebagainya. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan Anda, serta serat.

4. Minumlah air mineral. Cukup air akan mengurangi konsumsi kalori Anda. Tubuh terkadang salah mengartikan haus dengan lapar. Jadi dengan cukup minum Anda akan tidak mudah terserang rasa lapar. Jika minum air mineral dirasa terlalu tawar, coba tambahkan sedikit sentuhan lemon.

5. Makanlah sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sarapan setiap paginya akan mengurangi resiko obesitas dibanding dengan mereka yang hanya melakukannya 2 kali seminggu. Namun apa yang Anda makan juga berpengaruh dan penting.

Tetapi kembali satu hal yang harus diingat, Langsing bukan berarti cantik.

sumber: tempointeraktif.com

hendrahadi.wordpress.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

3 thoughts on “Ternyata Lebih Stress Sama Berat Badan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s