Tahan…Tahan….!!!!

Kurangin makan udah, olahraga juga udah tapi badan masih belum menunjukkan tanda – tanda penurunan berat yang diharapkan, mungkin jawabannya terletak pada apakah kita sering ngemil?.

Ngemil memang enak. Sambil nonton film, sambil kerja pun ngemil selalu nikmat. Bisa jadi dari sinilah penambahan bobot tubuh berasal. Menurut penelitian tim Universite Laval, aktifitas yang melibatkan fungsi otak ( mikir ) cenderung mendatangkan dan membutuhkan makan berlebihan. Penelitian yang dilakukan terhadap wanita ini melaporkan: wanita yang bekerja di meja dan melakukan tugas-tugas intelektual seperti membaca dan meringkas teks, mengonsumsi 200 kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak harus melakukan pekerjaan intelektual.

Tetapi bukan berarti kalo mau langsing atau berat badan tak bertambah, kerja jadi ga mikir, bukan begitu juga. Nih ada 5 jurus untuk menahan niat ngemil ketika sedang bekerja.

1. Tunggu 15 menit
Ketika muncul keinginan untuk makan donat atau keripik kentang, jangan langsung menyantap camilan itu. Tunggulah selama 15 menit. Itu adalah trik dari para ahli diet. Dengan menunggunya kemungkinan hasrat tersebut hilang dengan sendirinya.

2. Ganti camilan sehat
Saat ingin makan es krim coklat, coba ganti camilan. Misalnya, mangga segar atau apel. Cara ini bisa membuat Anda makan lebih sehat, dan melatih untuk meredam keinginan makan makanan yang tidak sehat.

3. Jalan-jalan
Aktivitas ini termasuk cara efektif menghilangkan keinginan untuk makan. Anda bisa berjalan ke meja teman dan mengobrol atau berjalan ke luar kantor. Dengan begitu pikiran jadi terfokus pada obrolan dan aktivitas jalan-jalan.

4. Makan buah lebih dulu
Tidak bisa berhenti memikirkan cake berlapis cokelat? Cobalah makan buah yang manis dan segar, dan katakan pada diri sendiri “Saya bisa makan cokelat jika makan buah terlebih dulu”.

5. Hirup aroma vanila
Cobalah hidup aroma vanila. Penelitian di Inggris menunjukkan mereka yang memakai parfum beraroma vanili lebih mampu mengendalikan keinginan untuk mengunyah permen dan cokelat. Cobalah menyalakan lilin atau memakai parfum aroma vanila untuk meredam hasrat ngemil. (umi)

Silahkan dipraktekkan jurus – jurus ini supaya kerja tetap oke, mikir lancar, bobot tubuh ideal.

sumber : vivanews.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s