Ketika Pria Patah Hati

Ketika surfing ketemu salah satu berita menarik di vivanews.com soal pria patah hati karena cinta. Disebutkan walau pria terlihat tegar diluar tapi kebanyakan menangis dalam hati. Beda dengan perempuan yang langsung menumpahkan kesedihan lewat air mata, hanya sedikit lelaki yang bisa menangis ketika patah hati. Kesedihan pria disimpan didalam hati saja.

Robin Simon, Professor Sosiologi di Wake Forest University North Carolina mengungkapkan pria cenderung lebih reaktif dan berusaha segera lepas dari ketidaknyamanannya. Ego pria lebih terluka saat hubungan kandas.

Masih dari vivanews.com berikut hal – hal yang dianggap sering dilakukan pria saat putus cinta.

1. Tenggelam dalam minuman keras dan obat-obatan
Banyak pria mengurangi rasa sakit hati dengan alkohol dan obat-obatan. Menurut pria, ini membantu menghilangkan emosi dan tidak perlu mengungkapkan perasaan. Secara alami, ego pria melarang mereka untuk menangis. Namun, saat mabuk, alam bawah sadar mereka tak terlalu menghakimi karena mereka tidak terlalu menyadari saat menangis.

2. Memohon dan membujuk agar kembali bersama
Biasanya pria jenis ini merasa mencintai dan cocok dengan pasangannya. Atau bisa jadi ego mereka terluka karena merasa ditolak. Pria tipe ini akan mengambil tindakan apapun untuk mengambil hati dengan segala hal yang dianggapnya romantis dan mampu meluluhkan hati wanita.

3. Menerima keputusan berpisah dengan cepat
Tidak seperti wanita yang sering tak menerima kenyataan, sebagian pria langsung berusaha menerima bahwa cintanya kandas. Mereka berusaha menerima secepat mungkin agar tak kecewa.

Mereka akan segera membaur kembali dengan teman-teman dan pekerjaan namun enggan diingatkan mengenai kegagalannya. Atau, bisa juga mereka mencurahkan emosi bagi diri sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain.

4. Mengucilkan diri
Penolakan dan rasa sakit akibat putus cinta bisa membungkam pria bahkan dengan kepribadian terbuka. Mereka cenderung menjadi lebih tertutup dan memendam perasaan sakit dari orang-orang di sekitarnya.

5. Memperlihatkan perasaan
Tak banyak pria yang mau memperlihatkan perasaaan sakit akibat putus cinta seperti yang sering dilakukan wanita. Menangis dan mengakui perasaan sakit hati pada sahabat atau mantan yang meninggalkannya membuat pria lebih cepat merasa pulih.

Nomor satu benar – benar harus dihindari ketika patah hati. Karena hanya akan menimbulkan masalah baru.

Bila anda pria yang sedang terluka karena cinta, bisa memilih dari nomor 2 – 5 untuk segera menyusun langkah baru dalam hidup. Melupakan kesedihan.

Tapi ingat banyak orang mengatakan ketika putus cinta carilah cinta yang lain. Hal ini menurut saya tidaklah bisa mengobati kesedihan. Seseorang diganti seseorang dengan segera bukanlah hal tepat ketika hubungan gagal. Karena kesedihan dan kekecewaan, bahkan kenangan indah terhadap seseorang yang telah lalu, sangat mungkin terus membayangi ketika mencoba hubungan yang baru dalam waktu singkat setelah putus.

Saat bayang – bayang masih ada dalam benak pikiran, bisa jadi kita membanding – bandingkan seseorang yang baru dengan yang telah berlalu dari hidup kita. Ini bukanlah sesuatu yang baik.

Bahkan kenangan masa lalu yang masih “segar” berada dalam pikiran membuat kita terus mengingat – ngingat hubungan yang lalu dan akibatnya bisa menghambat dalam proses hubungan yang baru.

Yang terbaik, adalah ambil waktu rehat sejenak, nikmati kesedihan tetapi jangan tenggelam, instropeksi diri, dan nikmati waktu ketika kita kembali jomblo. Kesendirian adalah nikmat yang patut disyukuri. Isi hari dengan kegiatan – kegiatan yang positif. Dekatkan diri kembali dengan teman – teman pergaulan, dan ikhlaskanlah apa yang telah berlalu. Yang penting juga adalah syukuri semua yang telah terjadi. Pahami makna dibalik apa yang telah berlalu.

Semangatlah..putus cinta bukan akhir dunia. Justru adalah awal yang baru dalam episode hidup.

sumber : vivanews.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Ketika Pria Patah Hati”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s