Portal Dunia Lain Di Bumi?

Hipotesa Hollow Earth mengatakan bumi berongga atau didalam perut bumi ada ruang. Hipotesa ini telah menjadi kontroversi. Banyak bukti – bukti yang menunjukkan bumi berongga, tetapi semua bukti belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Kendati masih belum terbukti. Bumi berongga tetap hidup dalam cerita – cerita rakyat dan juga digunakan dalam teori – teori konspirasi.

Edmund Halley pada tahun 1692 mengajukan gagasan untuk menjawab anomali pada bacaan kompasnya. Dia mengatakan bahwa bumi terdiri dari kulit luar dan kulit dalam. Ada atmosfir yang bersifat bercahaya memisahkan keduanya, juga dalam atmosfir ini kemungkinan, ada makhluk hidup yang hidup didalamnya. Ketebalan antara kulit dalam dan kulit luar adalah 800 Km. Juga ada dua inti bumi.

Pada abad ke -19, John Cleves Symmes Jr, tepatnya pada tahun 1818 mengatakan bahwa didalam bumi ada ruang kosong. Ketebalannya dari lapisan luar bumi adalah 1300 km, ada dua pintu masuk dikedua kutub bumi dengan 4 lapisan dalam yang terbuka. Symmes bahkan mengajukan ekspedisi ke kutub Utara untuk membuktikan pendapatnya, namun Presiden AS saat itu, Andrew Jackson, menunda ekspedisi ini.

Bahkan Nazi melalui Thule Society melaporkan banyak mitos – mitos yang berasal dari Tibet tentang jalan masuk menuju ke dalam bumi. Bahkan ditengarai bahwa Hitler memerintahkan sebuah tim untuk melakukan ekspedisi ke Antartika untuk membuktikan mitos – mitos tersebut. Hal ini didasarkan pada pidato Admiral Donitz dihadapan armada kapal selam Jerman pada tahun 1944. Dia mengatakan “Armada Jerman patut berbangga karena bisa membangun benteng tak terlihat dimanapun di bumi”. Pada pengadilan Nuremberg, Donitz mengatakan benteng tak terlihat itu ada di es abadi.

William Reed pada awal ke abad 20 juga mengajukan teori tentang bumi berongga dalam bukunya Phantom of The Poles tetapi tanpa adanya matahari dalam rongga bumi.

Beberapa penulis juga mengungkapkan bahwa ada makhluk hidup yang mendiami rongga dalam bumi ini. Kutub Utara, Tibet, Peru dan Gunung Shasta di California dipercaya oleh mereka sebagai pintu masuk menuju Agartha, kota legendaris yang dipercaya ada didalam perut bumi. Selain itu UFO pun dipercaya mempunyai pangkalan dalam perut bumi.

Dr.Raymond Bernard pada tahun 1964 menulis buku The Hollow Earth yang mengatakan bahwa penduduk Atlantis – lah yang menjadi penghuni didalam rongga bumi ini. Mereka hidup disana untuk bertahan hidup setelah bencana besar yang menenggelamkan Atlantis, mereka pergi kedalam perut bumi dengan piring terbang. Juga setelah tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki, para penduduk atlantis dipercaya terbang dengan menggunakan piring terbang untuk menghindari efek radiasi dari bom nuklir tersebut.

Walaupun banyak yang mengajukan teori, tetapi bukti keberadaan dunia lain dibawah bumi ini masih sulit terbukti. Salah satu bukti yang menepis anggapan adanya dunia lain didalam bumi adalah proyek Kola Superdeep Borehole, milik pemerintah Uni Soviet, yang menggali dengan peralatan penggalian SG 3 sejauh 12,3 km yang merupakan lubang terdalam buatan manusia sampai saat ini. Penggalian ini juga yang memang ditujukan untuk penelitian ini belum bisa membuktikan apa – apa, bahkan untuk membuktikan teori atmosfir Halley pun tidak terbukti.

Tetapi seperti yang telah ditulis diatas, mitos ini tetap hidup dalam legenda – legenda rakyat sampai sekarang. Bukti – bukti memang harus digali, karena belum ada jawaban pasti sampai sekarang. Karena mitos – mitos adalah salah satu sumber penelitian juga.

Bumi ini masih menyisakan banyak misteri untuk kita jawab.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Portal Dunia Lain Di Bumi?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s