Spanyol Juara Piala Dunia 2010

Final Piala Dunia semalam antara Belanda vs Spanyol, bisa dibilang antiklimaks. Kedua tim bermain hati – hati. Terlalu hati – hati menjaga agar peluang menang tetap terbuka. Spanyol lebih menguasai jalannya pertandingan dan sukses menguras emosi para pemain Belanda.

Diluar hujan kartu kuning bagi kedua tim dan satu kartu merah untuk Johny Heitinga, Belanda memang didikte oleh Spanyol sepanjang pertandingan. Penguasaan bola adalah 43 % untuk Belanda dan 57 % untuk Spanyol. Total shots Belanda 13, sedangkan Spanyol 18. Shots on goal, Belanda 5, Spanyol 6.

Baik Spanyol maupun Belanda memainkan formasi yang sama yaitu, 4-2-3-1. Bagi yang ingin melihat formasi aktual kedua tim klik disini. Pertarungan lebih banyak disektor gelandang. Dua penyerang, Robin van Persie dan David Villa, tidak terlalu banyak mendapatkan peluang dan gagal mengancam gawang lawan sepanjang pertandingan.

Belanda bermain rapat. Jarak antara gelandang dan pemain belakang ketika Spanyol menyerang dibuat sedekat dan serapat mungkin. Spanyol pun tak bisa leluasa menyerang selama 2×45 menit. Belanda tetap mengandalkan tusukan Arjen Robben dan Wesley Sneijder. Hanya gerakan Robben yang monoton sudah mudah terbaca oleh barisan pertahanan Spanyol. Walau begitu beberapa tendangan Robben sempat membuat Iker Casillas jatuh bangun. Peluang yang paling matang didapat 2 kali oleh Robben. Namun saint Iker sulit ditundukkan, dia menggunakan kaki dan badan untuk menghalau bola tendangan Robben.

Sneijder dan Robben mulai frustasi memasuki akhir pertandingan babak kedua. Andres Iniesta justru menggila. Xabi Alonso yang “dibebaskan” ikut menyerang dari sisi kiri, membuat Iniesta bebas bergerak ke seluruh bagian lapang. Sergio Busquets tetap dipatok didepan Puyol dan Pique. Xavi berdiri didepan Busquets. Jesus Navas yang dipasang disayap kanan mengganti Pedro, membuat Giovanni van Bronckhorst kerepotan.

Spanyol membuat Belanda kehabisan kesabaran layaknya Jerman yang dipermainkan emosinya, dengan penguasaan bola sepanjang pertandingan.

Memasuki perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Belanda mulai menunjukkan mereka ingin segera mengakhiri pertandingan. Pergantian yang aneh dilakukan Bert van Marwijk, Braafheid masuk menggantikan Giovanni van Bronckhorst yang sepanjang pertandingan mampu menghadang setiap peluang Spanyol. Vicente del Bosque dengan tepat mengganti setiap pemain dengan terus menjaga penguasaan bola. Bert van Marwijk mulai frustasi. Pergantian pemain pun tampaknya kurang tepat, karena Van Persie yang mati kutu tetap dimainkan.

Belanda mulai tak tentu arah. Sedangkan Iniesta sukses memainkan perannya sebagai second striker yang menjadi “striker” menebar ancaman setiap saat. Johny Heitinga akhirnya kena ulah Iniesta, saat menahan laju Iniesta diluar kotak penalti. Kartu kuning kedua dan tamatlah Heitinga. Sejak menit 109 Belanda bermain dengan 10 pemain.

Fernando Torres yang masuk menggantikan David Villa, menambah kesegaran Spanyol. Alhasil menit ke 116, umpan Torres dari sayap kiri berhasil dihalau bek Belanda pada awalnya, bola yang jatuh dikaki Fabregas langsung diberikan kepada Iniesta yang berada disisi kanan tanpa ada kawalan. Sedikit akselerasi yang diakhiri tendangan kaki kanan berhasil menjebol gawang Marten Stekelenburg.

Skor 1 – 0 bertahan sampai usai. Spanyol secara resmi mengangkat trofi Jules Rimet untuk pertama kali. Diluar penampilan wasit Howard Webb yang dalam setiap keputusannya mengundang protes, Spanyol memang layak jadi juara.

Fakta Lain

Pemain terbaik Piala Dunia 2010 : Diego Forlan (Uruguay).

Kiper Terbaik Piala Dunia 2010 : Iker Casillas ( Spanyol ).

Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2010 : Thomas Mueller ( Jerman ).

Topskor : 5 gol – Diego Forlan, David Villa, Wesley Sneijder, Thomas Mueller.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s