Prestasi Timnas Indonesia

Sedikit saya ingin menampilkan data prestasi Timnas Indonesia diberbagai ajang kompetisi baik regional Asean maupun internasional. Data ini, yang ditampilkan, adalah data timnas Indonesia saat menjadi juara diberbagai kompetisi.

Berikut prestasi timnas Indonesia :

1. Tahun 1987, Indonesia merengkuh dua prestasi. Yang pertama saat memenangkan medali emas Sea Games Indonesia 1987 dan pada tahun yang sama menjadi juara Piala Kemerdekaan. Saat itu timnas ditangani Mendiang Bertje Matulapelwa. Bertje memilih para pemain terbaik kala itu untuk menjadi bagian timnya. Mereka adalah Ponirin Meka, Jaya Hartono, Robby Darwis, Herry Kiswanto, Marzuki Nyak Mad, Sutrisno, Budi Wahyono, Patar Tambunan, Nasrul Koto, Rully Nere, Azhary Rangkuti, Ricky Yakobi, Ribut Waidi.

Mendiang Bertje Matulapelwa

Selain merebut trofi antarbangsa yang pertama kali bagi Indonesia, Bertje juga membawa timnas ke babak semifinal Asian Games 1985.

2. Sepeninggal Bertje tongkat kepelatihan timnas diembang oleh arsitek Rusia, Anatoli Polosin. Ada satu catatan bahwa ketika Polosin menangani timnas, menjadi suatu hal yang lazim melihat pemain lari ke pinggir lapangan menahan muntah saat menjalani latihan. Ini terjadi karena Polosin benar – benar menggembleng keras fisik pemain timnas saat itu. Hasilnya Medali Emas Sea Games Manila 1991 berhasil direbut. Timnas kala itu diperkuat diantaranya oleh Edy Harto, Robby Darwis, Widodo C Putro, Rocky Putiray, Aji Santoso, Peri Sandria, Erick Ibrahim, Ferril Raymond Hattu, Bambang Nurdiansyah, Hanafing.

3. Tahun 1991 sampai dengan sekarang Indonesia paceklik gelar. Tak ada medali emas yang berhasil diraih, bahkan pada ajang Piala Tiger, yang sekarang berganti nama menjadi AFF, kita belum pernah jadi juara. Hanya pada tahun 2000, Indonesia dibawah arahan pelatih Nandar Iskandar berhasil meraih Piala kemerdekaan. Prestasi tersebut diulang oleh Benny Dollo pada tahun 2008.

Statistik Penampilan Timnas Indonesia :

Pada tahun 1980an Timnas menjalani 133 pertandingan dengan hasil 42 menang, 60 kali kalah, dan imbang sebanyak 31 kali.

Pada periode 1990an, Timnas menjalani 100 pertandingan dengan catatan 36 kali menang, kalah sebanyak 43 kali dan imbang 21 kali.

Periode tahun 2000 sampai dengan 2009, Indonesia telah menjalani 82 pertandingan. Dengan hasil menang sebanyak 36 kali. Kalah 30 kali dan imbang 16 kali.

sumber : wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

8 thoughts on “Prestasi Timnas Indonesia”

  1. Klo saya liat dr statistik di atas, untuk 10thn trakhir ini Timnas indonesia mengalami kemajuan, dengan 82main – 36menang – 30kalah – 16seri. Kini saatnya Timnas bangkit dan menunjukan prestasi lagi.

  2. Pemain timnas d seagames 91 gak ada nama HANAFING.
    Yg ada:
    EDY HARTO, SUDIRMAN, HERRY KISWANTO, TOYO HARYONO, JAYA HARTONO, MAMAN SURYAMAN, YUSUF EKODONO, BAMBANG NURDIANSYAH, FERIL HATTU (C), FACHRI HUSAINI

    Tidak ada Aji santoso dan Hanafing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s