White Matter vs Grey Matter

Pria dan wanita adalah berbeda. Dari segi fisik, penampilan sudah pasti berbeda. Satu lagi perbedaan yang sering jadi bahasan adalah cara berpikir antara pria dan wanita. Pria disebutkan ketika berpikir lebih memakai alasan – alasan logika sedangkan wanita lebih memakai perasaan.

Tapi bukan berarti pria tak berperasaan atau wanita tak punya logika. Baik pria maupun wanita mempunyai kedua “alat” ini. Perbedaannya hanya alat mana yang lebih sering dipakai.

Berbedanya cara berpikir pria dan wanita ternyata juga bisa dilihat dari perbedaan penggunaan otak pria dan wanita.

Pada otak manusia terdapat dua area yaitu grey matter dan white matter. Jika dianalogikan dengan komputer Grey matter adalah prosessor inti komputer atau komputer itu sendiri, sedangkan white matter adalah jaringan kabel yang menghubungkan setiap perangkat didalam komputer.

Grey matter adalah pusat informasi. Sedangkan White matter adalah pusat pemrosesan informasi.

Pria lebih memakai grey matter dalam proses berpikir sedangkan wanita lebih memakai white matter dalam cara berpikirnya.

Meskipun keduanya berpikir secara berbeda, hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja intelektual.

Profesor Richard Haier dari Universitas California, Amerika Serikat, mengatakan pada umumnya pria yang jumlah materi abu-abunya hampir 6,5 kali berhubungan dengan kecerdasan umum dibandingkan dengan perempuan. Sedangkan wanita yang memiliki jumlah materi putih hampir 10 kali berkaitan dengan kecerdasan dibanding pria. “Temuan ini menunjukkan bahwa evolusi manusia telah menciptakan dua jenis otak yang dirancang untuk sama-sama cerdas dalam perilaku,” ucap Haier.

Jadi kalau dikatakan cara berpikir pria dan wanita berbeda, bisa dibenarkan. Karena “alat” yang digunakan pun berbeda. Tetapi ini tidak ada sangkut pautnya dengan intelektualitas pria dan wanita.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s