AD/ART KOI :Timnas Sepakbola Terancam Tidak Ikut Sea Games 2011

Komite Olimpiade Indonesia ( KOI ) pada tanggal 4 Juni 2010 yang lalu telah mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART) yang baru. Dalam pasal 6 ayat 2 tertulis bahwa ketua induk organisasi olahraga harus ” tidak pernah tersangkut perkara pidana dan dijatuhi hukuman penjara “. Draft AD/ART ini sendiri telah dikirim ke Komite Olimpiade Internasional ( IOC ).

Nurdin Halid, Ketua PSSI, menurut pasal ini tidak bisa menduduki jabatan sebagai ketua umum PSSI karena dia pernah tersangkut perkara pidana dan dijatuhi hukuman penjara. PSSI sendiri akan mengadakan pemilihan ketua umum pada April 2011, sehabis masa kepengurusan Nurdin Halid. Jika sampai Nurdin Halid terpilih kembali maka KOI tidak akan mengakui dan tentu saja akan berakibat pada kiprah timnas di event internasional.

Ketua Bidang Hukum KOI, Timbul Thomas Lubis, mengatakan bahwa aturan ini tidak berlaku surut. Oleh karena itu kepemimpinan Nurdin Halid yang sekarang sampai habis masa jabatan April 2011, masih akan tetap diakui. Namun KOI tidak akan mengakui Nurdin Halid untuk menjadi ketua umum PSSI pada periode berikutnya.

Timbul pun mengatakan bahwa PSSI telah mengetahui draft AD/ART yang baru ini. Karena pengurus PSSI, Max Boboy, hadir dalam pengesahan AD/ART ini.

Namun sanggahan tetap muncul dari PSSI. Barry Sihotang, Direktur Media PSSI, mengatakan bahwa ini merupakan penjegalan dari KOI untuk PSSI. Dia mengambil contoh keputusan Mahkamah Konstitusi yang memulihkan hak mantan narapidana untuk bisa ikut mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah atau anggota legislatif.

Hal senada juga diucapkan, Dali Taher, anggota eksekutif PSSI dan AFC, yang mengatakan bahwa PSSI mengacu pada statuta FIFA. FIFA telah mengesahkan statuta PSSI dan berarti kepemimpinan Nurdin Halid tidak bermasalah. Bahkan Dali menegaskan bahwa PSSI menginduk pada AFC dan FIFA bukan kepada KOI.

Penjelasan ini langsung disanggah oleh Timbul Thomas Lubis, yang mengajukan fakta bahwa PSSI merupakan anggota KOI dan oleh karena itu harus ikut aturan main KOI. Jika tidak maka timnas akan kehilangan kesempatan mengikuti turnamen multi event seperti Sea Games, Asian Games dan Olimpiade.

sumber : HU.Republika ( 18 Agustus 2010 )

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s