Selamat Datang ISL 2010/2011 !!

Liga Super Indonesia musim 2010/2011 resmi dibuka tadi malam (25/4) melalui pertandingan Community Shield antara juara LSI 2009/2010, Arema Malang melawan juara Piala Indonesia 2009/2010, Sriwijaya FC. Pertandingan pembukaan ini dimenangkan oleh Sriwijaya FC dengan skor 3 – 1.

Liga Super Indonesia yang 2 minggu kemarin sempat disaingi beritanya oleh Liga Premier Indonesia, akan mulai menggelar pertandingan pertama musim ini sore nanti. Jadwal pertandingan untuk sore ini adalah :

1. Persijap vs PSM ( Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara )

2. Persibo vs Persiba Balikpapan ( Stadion Brawijaya, Kediri ).

3. Semen Padang vs Persipura ( Stadion H.Agus Salim, Padang, Live ANTV ).

4. Pelita Jaya vs Persiwa Wamena ( Stadion Singaperbangsa Karawang )

5. PSPS Pekanbaru vs Persija Jakarta ( Live ANTV ).

Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo dan Semen Padang sebagai tim promosi akan berupaya habis – habisan untuk tetap bertahan di Liga Super Indonesia musim ini. Semen Padang dan Deltras Sidoarjo mempunyai pengalaman bertarung dikasta teratas sepakbola Indonesia. Persibo Bojonegoro yang pada Piala Indonesia 2009/2010 mampu menjadi giant killer tentunya akan memanfaatkan pengalaman mereka agar mampu bersaing di Liga Super.

Upaya untuk bertahan telah dilakukan melalui perekrutan pemain – pemain yang sudah berpengalaman. Persibo merekrut duo striker Persela Lamongan, Samsul Arif dan Dicky Firasat, ditambah striker yang ‘terbuang’ selama berada di Pelita, Rudi Widodo. Untuk menambah kekuatan lini tengah, eks Persib Bandung, Cucu Hidayat, resmi dikontrak. Lini belakang ada pemain Brazil berpengalaman asal Pelita, Eduardo Bizzarro.

Semen Padang mendatangkan si flamboyan, Elie Aiboy, pemain yang musim lalu membela Persidafon Dafonsoro di divisi utama. Kiper asal PSM, Samsidar pun dikontrak. Lini belakang bek sayap didikan Pelita dan kemudian bermain di Persela, Tommy Rifka juga didatangkan. Lini tengah diisi pemain yang mempunyai kemampuan baik namun 2 musim lalu karirnya meredup yaitu Heru Nerly.

Pilihan Deltras Sidoarjo dalam mengambil pemain yang berpengalaman cukup mengejutkan. 2 mantan tandem lini belakang Persebaya Surabaya, Anang Ma’ruf dan Sugiantoro, menjadi pilihan mereka. Danilo Fernando, Brazilian yang musim lalu membela Persisam, kembali lagi ke Deltras. Mantan Striker Pelita dan PSIS, Christiano Lopes, menjadi andalan dilini depan.

Siapa prediksi juara musim ini. Dari sebuah poling yang diadakan tabloid BOLA, Persib Bandung mendapat 600 suara sebagai kandidat juara musim ini. Sriwijaya FC mendapat 558 suara, Persija 347 suara, Persipura 401 suara, Arema Malang 334 suara, PSM 191 suara, Persiba 72 suara, Persiwa 11 suara dan Persela 22 suara.

Persib Bandung yang memulai musim ini diawali dengan “ketidakjelasan” masih didera isu penggantian Pelatih Daniel ‘darko’ Janackovic. Darko yang berselisih dengan sang manajer, Umuh Muhtar, kini juga disangsikan oleh para bobotoh. Proses perekrutan pemain adalah biang masalah kekisruhan. Darko mempunyai pilihan sendiri, sedangkan manajemen juga ingin pemain pilihan mereka diambil. Walaupun begitu Persib berhasil mendatangkan duo Singapura, Baihakki Khaizan di lini belakang dan Shahril Ishak dilini tengah. Striker yang telah melekat dihati publik Jepara, Pablo Frances juga dikontrak oleh Persib. Pemain anyar lainnya adalah Bek sayap senior, Isnan Ali, Penyerang sayap, Siswanto, dan striker Rahmat Affandi. Beberapa pemain muda Persib juga dipromosikan ke tim utama.

Arema Malang sebagai juara bertahan tetap mempertahankan sebagian besar pemain mereka. Yang paling mengejutkan adalah hengkangnya pelatih Robert Rene Albert ke PSM. Penggantinya, Miroslav Janu, mempunyai beban berat untuk meneruskan kerja bagus Rene Albert. Arema yang akan tampil di kompetisi AFC harus mampu menunjukkan konsistensi mereka.

Untuk melengkapi skuad, mereka mengontrak kakak kandung Kurnia Meiga yaitu Ahmad Kurniawan sebagai pelapis sang adik. Lini belakang mereka diperkuat oleh eks Persija Leonard Tupamahu. Di pos striker, tiga pemain didatangkan, eks PSM, Ahmad Amirudin, striker timnas, T.A. Mushafri, dan striker potensial, Yongki Ariwibowo.

Sriwijaya kini menjadi pengumpul para pemain timnas. Ivan Kolev, sebagai mantan pelatih timnas Indonesia, memanggil Firman Utina, Budi Sudarsono, M.Ridwan, Supardi, Mahyadi Panggabean. Para anak didiknya sewaktu melatih timnas. Dua gelar telah diberikan oleh Kolev. Juara Piala Antar Pulau dan Juara Community Shield, menjadi patokan bagi Sriwijaya sebagai penantang serius Arema Malang untuk merebut gelar juara.

Persija justru kedatangan para eks Sriwijaya. Tak aneh karena Rahmad Darmawan menjadi nakhoda mereka musim ini. Hendro Kartiko, Ambrizal, Tony Sucipto, Muhammad Nasuha, Ngurah Wahyu Trisnajaya, Octavianus, Precious Emereajeaye, dibawa oleh Rahmad. Ditambah gelandang pekerja keras eks PSM, Samsul Chaeruddin, dan striker asal Nigeria yang didatangkan kembali, Greg Nwokolo. Masih ada tiga pemain asing yang akan menjalani musim perdana mereka di LSI. Julius Akossah dari Hongkong, Pemain Liberia Oliver Makor, dan bek Kamerun, Eric Arsene Bayenni.

Persipura Jayapura masih akan tetap menampilkan sepakbola atraktif mereka. Jacksen F Tiago masih dipercaya untuk menakhodai mutiara hitam. Namun musim ini Persipura minus sang Jendral, Eduard Ivakdalam, yang pindah ke Persidafon. Juga tanpa kiper Jendry Pitoy, Jack Komboy yang memutuskan pensiun dan striker Brazil Alberto ‘beto’ Goncalves. Namun mutiara – mutiara muda kini akan menggantikan mereka. Stevie Bonsapia, David Laly, Immanuel Wanggai, musim ini akan mempunyai peran yang lebih. Ketiga pemain ini juga berpengalaman tampil di Liga Champion Asia.

Kekuatan Persipura dilengkapi kiper Joe Hon-yoo asal Korea Selatan, Hamka Hamzah, striker Rahmad Riva’i, dan playmaker asal Liberia, Zah Rahan. Persipura tetap mempunyai peluang besar untuk menjadi juara.

Lima klub ini adalah yang paling banyak mendapat suara sebagai kandidat juara. Namun masih mungkin PSM maupun Persiba memainkan peran mereka sebagai tim kuda hitam musim ini. PSM kini ditukangi Robert Rene Albert, pelatih jenius asal Belanda yang hasil kerjanya telah terlihat musim lalu. Persiba musim lalu menunjukkan performa stabil dan mampu mendobrak persaingan papan atas. Kekuatan mereka ditopang top skor musim lalu, Aldo Barretto.

Musim 2010/2011 baru akan bergulir sore ini. Masih terlalu dini untuk menentukan siapa penguasa panggung LSI musim ini. Setiap klub masih mempunyai kans yang sama untuk menjadi juara. Layaknya Arema Malang musim lalu yang diluar prediksi.

DAFTAR KLUB PESERTA LSI 2010/2011 :

1. Arema Malang

2. Sriwijaya FC

3. Persijap Jepara

4. Persibo Bojonegoro

5. Persiba Balikpapan

6. Persib Bandung

7. Pelita Jaya

8. Persija Jakarta

9. Semen Padang

10. PSPS Pekanbaru

11. Bontang FC

12. Persisam Samarinda

13. Deltras Sidoarjo

14. Persema Malang

15. Persela Lamongan

16. PSM Makassar

17. Persipura Jayapura

18. Persiwa Wamena

May the Best Team WIN…!!!!

sumber :

liga-indonesia.co.id

tabloid BOLA edisi 2.098

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Selamat Datang ISL 2010/2011 !!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s