“Pemain Asing” Tak Boleh Perkuat Timnas

Menjelang pertandingan Indonesia vs Uruguay, FIFA memperingatkan PSSI melalui surat resmi agar tidak memainkan tiga orang pemain calon naturalisasi.

Alasannya adalah laga tersebut adalah laga resmi dan ketiga pemain tersebut tidak mempunyai paspor Indonesia. Oleh karena itu dianggap pemain asing. Jika PSSI bersikeras memakai tiga orang pemain itu pada laga melawan Uruguay maka hasil pertandingan Indonesia vs Uruguay tidak akan memperoleh poin dari FIFA untuk memperbaiki peringkat negara dalam daftar FIFA.

Tiga orang pemain yang bergabung bersama timnas Indonesia adalah para pemain keturunan Indonesia yang bermukim di Belanda. Mereka adalah Jhonny Rudolf van Beukering, Tobias Jesajas Waisapy, dan Rafael Guelermo. Walau begitu mereka masih tetap berlatih bersama Timnas.

PSSI melalui Sekjen, Nugraha Besoes, memilih untuk tidak menurunkan ketiga pemain tersebut dalam pertandingan nanti. Karena ancaman sanksi nol poin dari FIFA.

Namun pelatih Alfred Riedl berencana tetap akan menurunkan ketiga pemain itu. Bahkan Riedl menurut pengakuannya telah menghubungi FIFA dan karena ini hanya pertandingan persahabatan maka mereka boleh bertanding.

Indonesia sendiri pernah mengalahkan Uruguay 2 – 1 di Jakarta pada 19 April 1974 dalam acara ulang tahun PSSI.

Uruguay yang dilatih Albert Schiaffiano membawa rombongan pemain yang akan berangkat ke Piala Dunia 1974. Indonesia kala itu dilatih Djamiat dan timnas sendiri diperkuat diantaranya oleh Rusdianto, Ronny Paslah, Abdul Kadir, Anwar Ujang, Nabon, Waskito, dan Sutan Harhara.

Dalam pertandingan yang disaksikan 60 ribu orang tersebut, Indonesia berhasil mengendalikan permainan dan mengalahkan Uruguay. Sehari setelahnya, Uruguay meminta diadakan pertandingan lagi. Dalam pertandingan ulang tersebut, Indonesia kalah 2-3 dari Uruguay.

sumber : vivanews.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s