Halo at Sukabumi

Kira – kira pukul 10.00 WIB tadi siang, ada sebuah pemandangan unik dilangit Kota Sukabumi. Sambil bermotor sempet melihat satu bentuk awan yang panjang seperti asap bekas pesawat. Namun yang aku lihat sangat panjang sekali. Curiga sih kayanya bukan ada sebuah pesawat yang melintas, tapi memang pada siang tadi awan bentuknya memang “aneh – aneh”.

Jam 11.00 WIB, seorang teman dapet sms yang isinya coba lihat keluar matahari ada pelanginya. Disangkanya itu merupakan sebuah kalimat pujian bak pujangga. Padahal memang benar saat itu matahari dibingkai pelangi. Sebuah fenomena alam yang disebut Halo. Sadar itu bukan kalimat puisi langsung pergi keluar, mendongak ke arah matahari yang bersinar terang sekali. Memang bayangan hitam ada disekeliling matahari. Ga mau ketinggalan langsung arahkan kamera hp ke arah langit.

Halo adalah sebuah fenomena optik ketika kristal es pada awan cirrus membentuk sebuah lengkungan berwarna atau putih atau titik dilangit. Halo bisa terbentuk disekeliling matahari atau bulan. Halo juga bisa terbentuk disekeliling benda yang mengeluarkan cahaya ketika udara sangat dingin dan kristal es yang disebut “diamond dust” mengapung disekitarnya. Kristal es ini membelokkan dan membiaskan cahaya, dan cahaya itu bisa terpisah menjadi beberapa warna karena dispersi.

Halo ini terjadi dari sekira jam 10.00 sampai jam 12.00. Fenomena ini cukup menarik perhatian orang banyak. Sepanjang jalan banyak orang menatap ke atas langit untuk melihat cincin disekeliling matahari. Awan pun pada saat fenomena halo ini kebanyakan bentuknya tipis dan panjang.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Halo at Sukabumi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s