Debutan Asing ISL 2010/2011

Liga Super Indonesia musim 2010/2011 yang telah berjalan lima pekan semakin menarik untuk disimak. Arema Malang dan Persipura masih membuktikan dominasi mereka. PSM yang kini dilatih oleh Robert Rene Albert mulai kelihatan mampu bersaing dipapan atas. Tiga tim promosi mempunyai ragam cerita yang berbeda. Persibo masih mencari penampilan terbaik mereka, sama halnya dengan Semen Padang. Deltras Sidoarjo pernah mengukir kemenangan besar 4-1 atas Persib Bandung. Satu kesamaan tim promosi adalah penampilan mereka belum stabil. Bontang FC dari dua pertandingan terakhir menjadi bulan – bulanan lawan. Kalah lima gol tanpa balas dari Arema, lalu jadi lumbung gol Persipura dengan 8 gol.

Cerita LSI 2010/2011 masih panjang karena rata – rata tim baru memainkan partai ke – 4 dan ke – 5. Bahkan masih ada tim yang baru bertanding 3 kali. Itulah LSI dengan jadwal bermain yang tidak merata. Ada tim yang sering bermain, ada juga yang libur panjang menanti pertandingan.

Dari sisi pemain impor merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Karena semakin marak pemain asing asal kawasan Asia yang ikut berkompetisi di LSI. Bahkan kini ada pemain Eropa yang juga bermain di LSI. Inilah beberapa diantaranya :

1. Thierry Gathuessi

Pemain Kamerun kelahiran 17 April 1982 ini langsung menyita perhatian saat melakoni debutnya bersama Sriwijaya FC. Eks striker Sriwijaya yang bermain untuk PSM, Anoure Obiora, dibuat tidak berkutik ditempel ketat Thierry.

Thierry menghabiskan 6 musim bermain di Prancis. Montpellier, AS Cannes dan FC Sete bergantian dibelanya. Setelah itu Thierry pada tahun 2007 hijrah ke Liga Skotlandia membela klub Hibernian selama 2 musim. Lalu menyebrang ke Inverness dan terakhir sebelum bergabung ke Palembang, dia membela Raith Rovers.

2. Steve Hesketh

Bek asal Australia ini masih berumur 21 tahun. Melihat permainannya saat Deltras Sidoarjo dijamu Persija memang cukup menjanjikan. Dia mampu menahan derasnya serangan lewat sayap yang dilancarkan Greg Nwokolo.

Steve Hesket Kala Membela Perth Glory ( Seragam Ungu )

Deltras Sidoarjo mendatangkan pemain yang sebelumnya membela Stirling Lions dan Perth Glory ini sebagai pengokoh lini belakang mereka.

3. Shahril Ishak & Khairul Amri

Suksesnya duo Singapura, Noh Alam Shah dan Baihakki Khaizan, menjalani musim debut mereka di Indonesia. Rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi klub – klub Indonesia untuk mendatangkan pemain dari Singapura.

Persib Bandung mendatangkan Shahril Ishak. Gelandang Timnas Singapura yang juga Kapten timnas ini merupakan seorang gelandang yang telah membela Singapura dalam 71 Pertandingan. Peran pemain berumur 26 tahun ini sudah terlihat saat Persib menggilas Persiba 5-1.

Shahril sebelumnya membela Young Lions dan Home United di Liga Singapura.

Khairul Amri, rekan Shahril di Timnas Singapura, boleh dibilang melengkapi ketajaman top skor LSI 2009/2010, Aldo Barretto. Sejauh ini striker yang telah mencetak 9 gol bagi timnas Singapura ini, sudah mencetak 2 gol untuk Persiba Balikpapan.

Di Liga Singapura, Khairul pernah bermain untuk Young Lions dan Tampines Rovers.

4. Guti Ribeirio

Striker asal Portugal yang bernama lengkap Gustavo Beiro Gramaco Riberio, didatangkan Persijap sebagai solusi ketajaman mereka musim ini. Pemain yang pernah bermain dikompetisi Spanyol dan Yunani ini bergaya stylish dalam permainannya. Sejauh ini Guti masih berusaha beradaptasi dengan gaya permainan Indonesia. Penampilannya belum maksimal saat Persijap bertemu dengan Arema.

5. Eugene Dadi

Penyerang asal Pantai Gading ini didatangkan Persibo Bojonegoro dari klub A-League, Wellington Phoenix.

Eugene sempat malang melintang dibenua Eropa. Dari Prancis sampai Israel adalah petualangan sepakbolanya. Dari klub Toulouse Prancis, Livingston Skotlandia, Nottingham Forest Inggris, dan Hapoel Acre Israel adalah beberapa klub yang sempat dibelanya.

Itulah beberapa diantara debutan asing yang musim ini ikut meramaikan panggung Liga Super Indonesia. Apakah mereka mampu bertahan? Mari kita saksikan kiprah mereka di LSI 2010/2011.

*dari berbagai sumber*

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s