AFF Suzuki Cup 2010 : Indonesia Siap Hantam Malaysia

Pagelaran AFF Suzuki Cup 2010 akan dibuka secara resmi sore nanti pukul 17.00 WIB. Pembukaan ini ditandai dengan pertandingan pertama Grup A Thailand vs Laos. Pertandingan akan dilanjutkan dengan Indonesia vs Malaysia pukul 19.00 WIB. Rencananya pertandingan ini akan disiarkan oleh RCTI. AFF Suzuki Cup ini digelar di 2 negara, Indonesia dan Vietnam.

Pelatih timnas, Alfred Riedl menyatakan bahwa kondisi para pemain siap tempur. Diluar faktor cedera pemain, namun Indonesia sudah siap melakoni partai perdananya di Piala AFF. Bek Nova Arianto telah dipulangkan karena cedera. Posisinya diganti bek Persiwa Wamena, Yesaya Desnam. Sedangkan Oktavianus Maniani dan Maman Abdurahman, walaupun didera cedera namun siap tampil pada laga melawan Malaysia nanti.

Kekuatan lini tengah Indonesia akan ditopang gelandang bertahan Ahmad Bustomi, Okto Maniani, Firman Utina, dan M.Ridwan. Sedangkan di lini depan Riedl mempunyai banyak pilihan, kemungkinan Christian Gonzales akan menjalani debutnya untuk Indonesia di turnamen resmi. Walau telah berusia 34 tahun, namun Gonzales masih tajam dengan torehan 3 gol dalam dua pertandingan ujicoba timnas. Indonesia sendiri diajang Piala AFF selalu mempunyai catatan bagus dalam soal ketajaman striker. Bambang Pamungkas, Ilham Jayakesuma, Gendut Doni pernah jadi topskor diajang ini. Di Piala AFF ini, Indonesia masih punya Bambang Pamungkas, Irfan Bahcdim dan Yongki Ariwibowo sebagai penggedor jala lawan.

Sedangkan lini pertahanan Indonesia akan diisi Maman Abdurahman, Hamka Hamzah, Benny Wahyudi dan kemungkinan M.Nasuha. Dibawah mistar, Markus Haris Maulana, masih akan jadi shot stopper andalan timnas.

Malaysia sendiri didera masalah cedera. Striker S. Chanturu dan Ahmad Fakri Saarani cedera seusai tampil di Asian Games. Bek Norhafiz Zamani Misbah juga cedera. Namun pelatih Malaysia, K. Rajagopal telah menyiapkan pengganti mereka untuk pertandingan nanti.

Head to head Indonesia vs Malaysia di Piala AFF membuktikan Indonesia lebih unggul atas Malaysia. Dari 3 kali pertemuan Indonesia unggul 2 kali, sedangkan Malaysia baru mencatat 1 kali kemenangan ketika melawan Indonesia. Skor terbesar dicatat timnas saat Piala AFF 2004 pada tahap semifinal. Indonesia pada leg kedua semifinal membungkam Malaysia 4 – 1 diStadion Bukit Jalil, Malaysia, lewat gol Kurniawan DY, Ilham Jayakesuma, Boaz Solossa, dan Charis Yulianto.

Indonesia pada piala AFF ini akan desain kostum yang baru hasil rancangan Nike.

Pertandingan nanti dipastikan akan menarik. Karena pertandingan ini juga tak bisa dilepaskan dari ketegangan politik kedua negara akhir – akhir ini.

PSSI sendiri menargetkan Piala AFF tahun ini sebagai tahun juara bagi timnas. Timnas sendiri belum pernah menjadi juara diturnamen ini. Prestasi paling bagus adalah menjadi runner-up. Bonus pun telah disiapkan PSSI sebagai tambahan suntikan semangat berjuang para pemain untuk merebut Piala AFF.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “AFF Suzuki Cup 2010 : Indonesia Siap Hantam Malaysia”

  1. canggih,, seragam timnas malam ini -utk aff 2010- keren!!
    pressbody,, garuda di dada,,
    nomor dada agak sedikit naik ke kanan,,
    plus bayangan pancasila ditubuhnya,,
    berat sih,, tapi bener2 membawa nama bangsa,, ada pancasilanya segala :D

    bravo sepakbola Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s