AFF Suzuki Cup : Indonesia Ganyang Malaysia 5 – 1

Pencinta sepakbola Indonesia terpuaskan hasratnya setelah timnas Indonesia berhasil mengawali langkah di Piala AFF 2010 dengan manis, setelah menumbangkan Malaysia 5 – 1.

Pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno dan dihadiri oleh 30 ribu penonton ini berjalan menarik. Selain karena bumbu ketegangan politik antara Indonesia dan Malaysia, juga permainan dilapangan sendiri berjalan menegangkan.

Turun dengan formasi 4 – 4 – 2, Alfred Riedl memasang Markus Haris Maulana sebagai penjaga gawang. Pertahanan diisi Maman Abdurahman, Hamka Hamzah, M.Nasuha dan Zulkifli Syukur. Lini tengah dikawal oleh Firman Utina ( Captain ), Ahmad Bustomi, M.Ridwan dan Okto Maniani. Sedangkan posisi penyerang diisi dua debutan, Christian Gonzalez dan Irfan Bachdim.

Tampil menekan sejak awal, Indonesia sudah membuat kiper Malaysia, Mohd Sharbinee Allawee Bin Ramli, tampil gugup. Beberapa kali tangkapannya kurang sempurna. Namun justru Malaysia pada menit 18 mampu mencetak gol lewat Norshahrul Idlan Bin Talaha. Setelah menerima sodoran Mohd Safee Bin Mohd Sali yang berhasil mengecoh Hamka Hamzah dan Maman Abdurahman.

Walau terus menekan sejak awal, namun raut gugup masih terlihat pada permainan timnas. Gol Malaysia diawali oleh umpan jauh ke sayap kanan pertahanan. Zulkifli Syukur yang terlampau maju tak mampu meng-cover Hamka Hamzah yang berhasil dilewati Safee. Firman Utina sebagai playmaker pun tidak membagi bola secara merata. Dia lebih sering membagi bola ke sayap kanan yang ditempati M.Ridwan. Okto Maniani disayap kiri lebih sering lari kesana kemari berjuang mendapatkan bola.

Hanya berselang 4 menit setelah kebobolan, Indonesia mampu menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Mohd Asraruddin Putra Bin Omar. Gol diawali oleh determinasi M.Nasuha dari sayap kiri yang berhasil merebut bola dari pemain tengah Malaysia. Pergerakan Irfan Bachdim didalam kotak penalti menyongsong umpan Nasuha-lah yang akhirnya membuat Asrarudin salah mengantisipasi bola dan membobol gawangnya sendiri.

Kedudukan 1 – 1, Malaysia tampak gugup. Situasi ini berhasil dimanfaatkan oleh Firman Utina pada menit ke – 33 yang mencuri bola dari kaki pemain Malaysia dan memberikan umpan ke Christian Gonzales, dengan sekali gerakan Gonzales berhasil mengecoh bek Malaysia, dan menembak bola ke pojok kanan gawang Malaysia. Gol pertama Gonzales dan keunggulan bagi timnas 2 – 1.

Babak kedua dimulai, perbaikan diperlihatkan timnas. Peran Okto Maniani tampak lebih besar. Pergerakan dan kecepatannya mampu merepotkan pertahanan Malaysia.

Indonesia semakin diatas angin setelah M.Ridwan berhasil menjebol gawang Malaysia setelah menyelesaikan umpan Irfan Bachdim pada menit ke – 55. Kesalahan pemain belakang Malaysia kembali terlihat pada proses gol ke -3 Indonesia. Sapuan tidak sempurna berhasil dijadikan gol oleh M.Ridwan.

Malaysia yang semakin tertekan akhirnya harus rela kebobolan lagi. Setelah Asrarudin tidak sempurna menghalau bola jauh Ahmad Bustomi. Arif Suyono yang baru saja masuk menggantikan M.Ridwan langsung memanfaatkan bola liar. Walau sempat dihalangi Asrarudin namun Arif berhasil mencetak gol lewat tendangan bola mendatar. Skor sampai menit -77, Indonesia vs Malaysia 4 – 1.

Indonesia akhirnya melengkapi pesta pada malam hari ini dengan gol perdana Irfan Bachdim setelah menerima umpan Okto Maniani pada menit injury time.

Dengan kemenangan ini, timnas Indonesia memuncaki klasemen Grup A dengan nilai 3. Sementara Laos dan Thailand berbagi nilai 1 setelah pada pertandingan sore tadi kedua tim bermain imbang 2 – 2.

Indonesia selanjutnya akan bertemu dengan Laos pada tanggal 4 Desember 2010.

sumber foto : kompas.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

3 thoughts on “AFF Suzuki Cup : Indonesia Ganyang Malaysia 5 – 1”

  1. bangga atas kemenangan timnas malam ini!!
    senang juga dengan duetnya pemain naturalisasi,, walaupun dulu sempat menganggap remeh irfan bachdim,, ternyata dia punya kualitas!

    apalagi nuansa politik Indonesia-Malaysia yg membumbui panasnya hawa GBK semalem,, bikin lagu kebangsaan malaysia ga terdengar,, berganti dengan teriakan “maling-maling” dari tribun penonton,, hihi… psy war yg oke punya! itulah Indonesia

    bangga juga dengan pola pelatihan Riedl,, yang berani mencoret boas pemain berskill tinggi hanya cuma demi profesionalitas dan disiplin. Hasil sementara cukup mencengangkan dibanding prestasi timnas sepakbola sebelumnya. Mudah2an kedepannya makin sukses! termasuk dengan tidak menganggap enteng Laos yg kini sedang bangkit. Tapi mudah2an Indonesia bisa membalas kekalahan memalukan waktu dibantai 2-0 di SEA GAMES.

    Bravo Sepakbola Indonesia,, semoga berprestasi!

  2. haha…psy war yang berhasil…setiap pemain Malaysia memegang bola yang terdengar adalah “huuuuuuu”….pokonya penampilan timnas memuaskan…mudah2an Piala AFF tahun ini milik kita. Psy war yang lain adalah penurunan spanduk Nurdin Halid oleh suporter Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s