Pernik AFF Suzuki Cup 2010 : Penuh Pemain dan Pelatih Asing, Game FM Ikut Berperan

Piala AFF Suzuki Cup tahun 2010 agaknya menghadirkan cerita yang agak berbeda dari edisi sebelumnya. Cukup banyak kisah yang terjadi yang patut diketahui.

Piala AFF kali ini diikuti 8 negara Asean. Laos dan Filipina lolos ke babak utama setelah mengalahkan Kamboja dan Timor Leste dibabak kualifikasi. Sedangkan Brunei Darussalam tidak mengikuti turnamen ini karena sedang diskors oleh FIFA akibat intervensi Pemerintah Brunei ke badan Sepakbola Brunei.

Brunei Darussalam sejak kompetisi ini digelar pada tahun 1996 baru 2 kali mengikuti, yaitu pada 1996 dan 2004. Alasan Brunei absen adalah karena pada awalnya kompetisi ini disponsori perusahaan minuman bir, Tiger.

Piala AFF 2010 ini juga penuh oleh pelatih asing. Henrique Calisto ( Portugal ) melatih Vietnam, David Booth ( Inggris ) melatih Laos, Simon Mcenemy ( Inggris ) melatih Filipina, Bryan Robson ( Inggris ) melatih Thailand, Alfred Riedl ( Austria ) melatih Indonesia, Raddy Avramovic ( Serbia ) melatih Singapura. Hanya ada 2 pelatih lokal di kompetisi ini. K.Rajagopal dari Malaysia dan Tin Myint Aung dari Myanmar.

Henrique Calisto dan Raddy Avramovic

Selain itu pemain “asing” pun banyak bermain dikompetisi ini. Para pemain ini hasil naturalisasi. Singapura dan Filipina memegang rekor dengan pemain naturalisasi terbanyak. Sebanyak 7 orang pemain naturalisasi ada di kedua kontestan. Daniel Bennet, John Wilkinson, Mustafic Fachrudin, Precious Emerajeaye, Aleksander Duric, Shi Jiayi, dan Agu Casmir mengisi skuad Singapura.

Sedangkan Filipina agak berbeda dalam menerapkan kebijakan pemain naturalisasi. Filipina hanya memilih pemain yang memang mempunyai garis keturunan Filipina. Kakak beradik James Younghusband dan Phil Younghusband, Neil Etheridge, Rob Gier, Jason De Jong, Chris Greatwitch, dan Ray Anthony Johson membela Filipina.

Indonesia hanya punya satu pemain naturalisasi yaitu Christian Gonzalez asal Uruguay. Sedangkan Irfan Haarys Bachdim bukanlah pemain naturalisasi karena memang sudah menjadi warga negara Indonesia. Ayah Irfan orang Indonesia sedangkan Ibunya orang Belanda.

Masih seputar pemain naturalisasi. Filipina menurut situs wikipedia ternyata menemukan pemain naturalisasi mereka dengan cara unik. Yaitu melalui game Football Manager. James Younghusband diketahui memiliki garis keturunan Filipina dari game ini.

Filipina masih punya catatan tersendiri. Ternyata liga Filipina sendiri sudah tidak berjalan sejak tahun 2008. Kebanyakan pemain yang direkrut dari dalam negeri berasal dari klub Philiphine Army FC. Sedangkan para pemain naturalisasi kebanyakan bermain di benua eropa. James dan Phil Younghusband sendiri saat ini tidak mempunyai klub dan memilih membuka Sekolah Sepakbola The Younghusband Football Academy di Filipina.

Soal popularitas, Irfan Bachdim langsung melejit popularitasnya setelah pertandingan Indonesia Vs Malaysia. Follower di akun Twitternya melonjak menjadi 23 ribu orang hanya dalam waktu 1 jam. Sementara Phil Younghusband kini juga aktif sebagai aktor dan model di Filipina.

Soal popularitas kompetisi AFF ternyata cukup membuat salah seorang pesepakbola terkenal dunia ikut memperhatikan. Rio Ferdinand bek Manchester United, ikut mengomentari pertandingan Indonesia vs Malaysia lewat akun twitternya.

Kembali ke soal pemain. Aleksander Duric dari Singapura tercatat sebagai pemain tertua di Piala AFF 2010 dengan usia 40 tahun. Sementara pelatih termuda adalah Simon Mcenemy dari Filipina dengan usia 32 tahun.

*dari berbagai sumber*

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s