Laga Penuh Gengsi : Indonesia vs Thailand

Indonesia akan menutup laga mereka di Grup A Piala AFF 2010 dengan menantang musuh bebuyutan, Thailand. Walau Indonesia sudah dipastikan lolos ke semifinal, namun laga ini sarat dengan gengsi dan merupakan salah satu laga bersejarah dikawasan Asean.

Dari situs Goal.com, kedua negara sudah bertemu sebanyak 29 kali. Dari catatan itu Indonesia hanya mampu menang delapan kali, satu kali imbang, dan 20 kali kalah oleh Thailand.

Pertemuan pertama terjadi pada 26 Mei 1971 di kualifikasi Piala Asia. Saat itu, Indonesia memetik kemenangan tipis 1-0. Sedangkan perjumpaan terakhir kedua tim terjadi di semi-final Piala AFF 2008. Di leg pertama yang berlangsung 16 Desember, Indonesia kalah 1-0. Saat tandang ke Thailand empat hari kemudian, Indonesia menyerah 2-1.

Sepuluh Pertemuan Terakhir Indonesia-Thailand:
20 Desember 2008 Thailand 2-1 Indonesia (Piala AFF)
16 Desember 2008 Indonesia 0-1 Thailand (Piala AFF)
7 Desember 2007 Indonesia 1-2 Thailand (SEA GAmes)
2 Desember 2005 Thailand 3-1 Indonesia (SEA Games)
7 Desember 2003 Indonesia 0-6 Thailand (SEA Games)
29 Desember 2002 Thailand 2-2 Indonesia [4-2] (Piala AFF)
13 Desember 2001 Thailand 2-1 Indonesia [AET] (SEA Games)
10 September 2000 Thailand 4-1 Indonesia (Piala AFF)
5 September 1998 Indonesia 3-3 Thailand [5-4] (Piala AFF)
31 Agustus 1998 Thailand 3-2 Indonesia (Piala AFF)

Dalam penyelenggaraan Piala AFF, Thailand selalu berhasil mengganjal Indonesia baik dalam fase grup ataupun fase semifinal dan final. Bahkan Indonesia pernah memberikan kemenangan “cuma-cuma” kepada Thailand di Piala AFF tahun 1998 lewat gol bunuh diri “sengaja” Mursyid Effendi yang berujung pada sanksi larangan tampil seumur hidup bagi Mursyid Effendi dilevel negara.

Piala AFF 2010 menghadirkan cerita yang berbeda. Thailand sebagai salah satu unggulan juara, terseok – seok dalam dua pertandingan mereka melawan Laos dan Malaysia. Skuad besutan Bryan Robson ini gagal menghasilkan kemenangan dan hanya mampu meraih 2 kali hasil imbang. Publik Thailand pun kini mengkritik kinerja Bryan Robson karena dianggap tidak mampu memberikan hasil signifikan dari beberapa kompetisi yang diikuti Thailand. Plus skuad Thailand masih kelelahan setelah berlaga di Asian Games Cina sebelum terjun di Piala AFF. Kelemahan Thailand pada piala AFF adalah penyelesaian akhir yang buruk.

Sedangkan Indonesia berada pada puncak performa. Dari 2 pertandingan Indonesia telah mencetak 2 kemenangan dan total 11 gol, dengan kemasukan 1 gol. Permainan anak asuh Alfred Riedl pun kompak walau masih ada kekurangan. Penampilan kompak Irfan Bachdim – Christian Gonzalez menjadi nilai tambah bagi skuad Merah Putih.

Namun Alfred Riedl mengisyaratkan untuk laga melawan Thailand ada beberapa pemain yang akan diistirahatkan. Riedl menurut kabar akan mencoba M.Roby, Tony Sucipto dan Eka Ramdani untuk pertandingan besok ( 7/12 ) pukul 19.30 WIB.

Kabar ini justru mencemaskan pelatih Thailand, Bryan Robson, yang menganggap para pemain yang kemarin hanya duduk dibangku cadangan, akan memberikan penampilan yang terbaik kala diturunkan.

Laga ini akan menjadi sangat menarik. Thailand butuh kemenangan agar lolos ke semifinal karena Malaysia pun punya peluang jika berhasil mengalahkan Laos, dan Thailand ditahan imbang ataupun kalah oleh Indonesia. Hasil seri melawan Indonesia berarti Thailand harus menggantungkan nasib pada Laos. Berharap Laos mampu menang ataupun mengimbangi Malaysia.

Selain itu catatan sejarah pun pastinya ingin diperbaiki oleh Indonesia. Apalagi Indonesia bertanding didepan publik sendiri yang kini tengah berada dalam euforia dengan 2 kemenangan besar timnas. Semoga Indonesia mampu mengalahkan si Gajah Putih, Thailand.

Maju terus Garuda !!!

sumber : goal.com, vivanews.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Laga Penuh Gengsi : Indonesia vs Thailand”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s