AFF Suzuki Cup : Indonesia Sempurna !!!!

Piala AFF 2010 menjadi momen bersejarah bagi Indonesia. Indonesia berhasil menyapu bersih tiga pertandingan di Grup A dengan kemenangan. Malaysia diganyang 5 – 1, Laos dicukur 6 – 0, dan Thailand dihantam 2 – 1.
Indonesia memimpin Grup A dengan nilai sempurna, 9 poin.

Bertanding dihadapan puluhan ribu suporter Indonesia yang datang ke Stadion Gelora Bung Karno ( 7 / 12 ) Thailand dibebani untuk meraih kemenangan. Karena Malaysia maupun Laos masih punya peluang untuk lolos ke semifinal bersama Indonesia. Dua pertandingan penentuan ini dilangsungkan dalam waktu bersamaan. Malaysia menghadapi Laos di Stadion Jaka Baring, Palembang.

Menghadapi Thailand, Indonesia menurunkan susunan pemain yang berbeda dari dua laga sebelumnya. M.Roby menggantikan Hamka Hamzah dilini pertahanan. Lini tengah, Tony Sucipto dan Eka Ramdani menggantikan peran Ahmad Bustomi dan Firman Utina.

Indonesia sempat menggebrak pada 8 menit pertama babak pertama berjalan. Kiper Thailand, Sintaweechai ” Kosin ” Hatairanatakol, pun menjadi “korban” karena cedera kepala setelah bertubrukan dengan bek Thailand yang coba menghalau bola umpan Zulkifli Syukur.

Namun dominasi permainan tak mampu dijaga Indonesia. Thailand lewat playmaker Datsakorn Thonglao, mengambil alih kendali permainan. Indonesia tertekan hampir disepanjang babak pertama. Lini tengah Indonesia cukup kewalahan menghadapi tekanan Thailand. Kondisi diperparah dengan penampilan Irfan Bachdim yang tampak gugup dan selalu kehilangan bola. Okto Maniani disayap kiri pun selalu terburu – buru dalam menyelesaikan skema serangan. Thailand pun sempat mengancam gawang Indonesia. Babak I usai skor masih 0 – 0.

Babak kedua dimulai, Indonesia masih belum mampu keluar dari tekanan. Disinilah terlihat salah satu kelemahan Indonesia ketika menghadapi tim kuat. Masih lemahnya mental bertanding, dan organisasi permainan yang kacau tampak jelas.

Thailand yang mencoba mencetak gol, sempat membobol gawang Markus, namun wasit menganulir gol tersebut karena penyerang Thailand telah terjebak offside sebelumnya. Penampilan penyerang, Kirati Keawsombut pun membuat Markus kerepotan. Kirati bisa memanfaatkan celah antara M.Roby dan Maman Abdurahman. Kendati gol belum bisa dicetak Kirati. Indonesia menanggapi dominasi permainan Thailand ini dengan pergantian pemain. Irfan Bachdim keluar, Bambang Pamungkas masuk.

Gawang Indonesia akhirnya bobol oleh tendangan first time Suree Sukha menit – 69. Suree memanfaatkan bola liar hasil halauan M.Nasuha. Tembakannya ke pojok kanan gawang berhasil mengecoh Markus. 0 – 1 Thailand unggul.

Pelatih Thailand, Bryan Robson, yang berada diujung tanduk nasibnya langsung menambah penyerang dengan memasukkan Sarayoot Chaikamdee untuk mengincar gol kedua. Sebelumnya Therdsak Chaiman pun dimasukkan mengganti Datsakorn Thonglao.

Ketinggalan satu gol, Indonesia merespon dengan memasukkan Arif Suyono menggantikan Okto Maniani. Namun, setelah tertinggal satu gol, Indonesia meraih kembali dominasi permainan. Hal yang tidak biasanya terjadi kala bertemu Thailand dan ketinggalan gol. Peran Eka Ramdani sebagai pengatur serangan mulai signifikan setelah dibabak pertama permainannya agak tersendat walau beberapa kali berhasil memperlihatkan kualitasnya.

Umpan jitu Eka Ramdani di menit – 80, berhasil ditanduk Gonzalez yang ditempel ketat Panupong Wongsa. Bola membentur tiang kiri gawang Thailand dan bergerak liar ke arah kanan gawang. Gonzalez yang hendak mengejar bola dilanggar Panupong. Wasit yang melihat hal ini langsung menunjuk titik putih penalti.

Bambang Pamungkas yang belum mencetak gol di Piala AFF ini, ditunjuk menjadi algojo. Walau ketegangan terpancar dari raut wajah Bambang, tetapi tendangan kerasnya ke kanan gawang Thailand tak bisa dibendung Kosin. Indonesia vs Thailand 1 – 1.

Angin pun mulai berubah arah. Thailand yang sempat diatas angin langsung tertekan dengan gol Indonesia. Indonesia pun semakin gencar menyerang Thailand. Eka Ramdani yang mengalami cedera diganti oleh Ahmad Bustomi.

Arif Suyono membuktikan dirinya layak dijuluki “supersub” setelah penetrasinya di sisi kanan pertahanan Thailand tak mampu dibendung bek Thailand, Arif yang sejajar dengan gawang langsung menembak bola. Panupong Wongsa kembali menjadi malapetaka Thailand setelah menghalau bola tersebut dengan tangan. Penalti kembali untuk Indonesia, Kartu kuning kedua bagi Panupong Wongsa.

Bambang Pamungkas kembali menjadi algojo. Kali ini dia berhasil mengecoh Kosin dan membawa Indonesia unggul 2 – 1 pada menit – 88. Empat menit Injury time tak mampu dimanfaatkan Thailand. Sejarah pun terjadi.

Indonesia akhirnya mampu menghentikan dominasi Thailand dan untuk pertama kalinya Thailand tak mampu lolos dari fase grup di Piala AFF.

Sementara Malaysia akhirnya mampu lolos ke semifinal setelah mengalahkan Laos 5 – 1. Gol Malaysia dicetak Amri Yahya, Amirulhadi, Idlan, dan Jasuli. Sedangkan gol Laos dicetak Singto.

Penentuan lawan Indonesia dan Malaysia di semifinal akan terjadi besok ( 8 / 12 ) di Vietnam. Singapura, Filipina dan Vietnam akan berusaha habis – habisan untuk lolos ke semifinal.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s