AFF Suzuki Cup : Indonesia Siap Sikat Filipina!

Indonesia akan melangsungkan pertandingan leg semifinal pertama nanti malam pukul 19.00 WIB melawan Filipina di stadion Gelora Bung Karno. Sedianya ini adalah partai home Filipina.

Delapan tahun lalu Indonesia di stadion Gelora Bung Karno pernah mengalahkan Filipina dengan skor terbesar dalam sejarah Piala AFF. Indonesia mengalahkan Filipina 13 – 1. Tapi itu delapan tahun yang lalu. Kondisi sekarang sangatlah berbeda.

Kebijakan Federasi Sepakbola Filipina untuk memanggil pulang para pemain keturunan Filipina yang bermain di Eropa berbuah manis. Filipina yang kekurangan sumber daya dalam hal pemain sepakbola, kini menjelma menjadi salah satu kekuatan baru di ASEAN.

Dibawah mistar gawang Filipina kini diisi sosok tinggi besar didikan klub Fulham di Liga Premier Inggris. Neil Etheridge, sang kiper, membuktikan dirinya mampu mengamankan gawang Filipina dan hanya kebobolan satu gol selama fase grup. Neil sulit ditaklukkan dalam situasi one on one. Aleksander Duric dan Noh Alam Shah, pernah mengalami ini ketika Singapura ditahan Filipina 1 : 1. Christian Gonzalez, Irfan Bachdim, atau Bambang Pamungkas, para penyerang yang selama ini diturunkan Riedl harus mampu menunjukkan ketajamannya dan mengatasi reflek cepat Neil Etheridge.

Didepan Neil, Rob Gier pemain yang malang melintang di kompetisi divisi 3 & 4 Inggris akan bahu membahu dengan Ray Anthony Johnson, pemain yang bermain di klub Islandia Grindavik. Pertahanan Filipina terbukti membuat Vietnam frustasi.

Firman Utina, M.Ridwan, dan Okto Maniani harus mengoptimalkan kreatifitas dan kecepatan mereka dalam membongkar pertahanan Filipina. Sementara Ahmad Bustomi akan mencoba mempertahankan lini tengah Indonesia dari gempuran James Younghusbands dan Jason De Jong.

Kecepatan yang dimiliki Phil Younghusbands dan Chris Greatwitch akan bertemu tembok tebal yang disusun oleh Maman Abdurahman, M.Nasuha, Zulkifli Syukur, dan jika telah sembuh dari cedera Hamka Hamzah akan turun. Indonesia adalah tim pertahanan terbaik kedua setelah Filipina dengan kebobolan 2 gol.

Markus Haris Maulana seperti biasa akan menjadi tembok terakhir. Sejauh ini Markus bisa memperlihatkan ketangguhannya.

Pertandingan ini memang mengunggulkan Indonesia. Selain sejarah head to head, Indonesia selalu unggul. Pertandingan kali ini pun akan digelar di Jakarta. Tiket penonton sudah habis terjual diborong para suporter timnas Indonesia. Selain menghadapi 11 orang pemain Indonesia, Filipina akan bertarung dengan riuhnya dukungan publik di Gelora Bung Karno nanti malam.

Namun Piala AFF edisi kali ini menunjukkan bahwa tidak ada kekuatan yang abadi. Kekuatan Thailand dan Singapura justru rontok dibabak fase grup. Dominasi mereka di ASEAN selama ini menguap begitu saja di turnamen ini. Indonesia mulai bangun dari tidur panjang sementara Filipina merajut mimpi indah mereka yang pertama dalam sejarah panjang sepakbola mereka.

Anything can happen. Tapi harapan Indonesia akan berjaya terus menggelora. Semoga tahun ini milik Indonesia.

Indonesia Jaya !!!!

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “AFF Suzuki Cup : Indonesia Siap Sikat Filipina!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s