Hasil Penelitian Kenapa Wanita Cepat Terlihat Tua

VIVAnews – Bukan hanya keriput atau kulit mengendur yang mengiringi penuaan. Tulang pipi juga mengalami perubahan seiring pertambahan usia, berdasar penelitian University of Rochester Medical Center, Amerika Serikat.

Penelitian dilakukan melalui analisis tomografi komputer dengan memindai tulang pipi sejumlah responden dari berbagai kelompok usia. Mulai usia muda (20 hingga 40 tahun), menengah (41 hingga 64 tahun), hingga tua (65 tahun ke atas).

Berdasar pengukuran rinci dalam rekonstruksi tiga dimensi hasil pemindaian, terdapat beberapa perbedaan penting struktur tulang wajah antar ketiga kelompok usia tersebut.

“Kerangka morfologi wajah akan mengalami perubahan, dan secara keseluruhan terjadi pengurangan volume seiiring dengan bertambahnya usia,” kata Robert B Shaw Jr, salah satu peneliti seperti dikutip dari Times of India.

Salah satu perubahan menonjol adalah peningkatan volume di daerah rongga mata. Pada pria dan wanita, soket mata menjadi lebih luas dan lebih panjang seiiring usia. Penuaan juga memengaruhi bagian tengah tulang wajah, termasuk pengurangan alis, hidung, dan sudut rahang atas.

Panjang dan tinggi dari rahang bawah pun akan berkurang seiring bertambahnya usia. Meskipun perubahan terjadi pada kedua jenis kelamin, tetapi wanita lebih dulu mengalaminya, di usia menengah. Pada pria, sebagian besar perubahan terjadi antara usia pertengahan dan usia tua.

sumber : vivanews.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s