Isu Calon Ketua Umum PSSI

Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Pan Pasific Nirwana Resort, Bali telah usai digelar. Salah satu hasil kongres adalah keputusan menggelar kongres pemilihan ketua umum PSSI masa jabatan 2011 – 2015 pada 19 Maret 2011 di Bintan, Riau.

Keputusan ini menjawab isu yang menyebutkan bahwa Nurdin Halid akan memundurkan waktu pemilihan ketua umum baru seusai Sea Games 2011.

Kongres tahunan ini juga membahas mematangkan syarat – syarat bagi setiap bakal calon yang akan mengajukan diri dalam pemilihan nanti.

Isu seputar para bakal calon ketua umum PSSI ternyata sudah muncul. Setidaknya tiga nama baru ditambah Nurdin Halid yang akan mencalonkan lagi sebagai ketua umum untuk periode ke – 3.

Penggagas LPI, Arifin Panigoro, sejak jauh – jauh hari sudah disebut – sebut akan mencalonkan diri menjadi ketua umum PSSI. Arifin Panigoro telah melakukan langkah nyata dalam usaha reformasi sepakbola.

Pendirian SECABA sepakbola, penerbitan buku putih reformasi sepakbola Indonesia, dan yang paling fenomenal dengan menggelar Liga Primer Indonesia ( LPI ) adalah tiga langkah nyata, pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini.

Namun satu ganjalan akan dihadapinya, karena Arifin Panigoro bukan anggota PSSI. Sedangkan syarat pencalonan adalah 5 tahun aktif sebagai anggota PSSI. Tetapi rasa – rasanya masih ada peluang bagi Arifin Panigoro untuk maju.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga periode 2004 – 2009, Adhyaksa Dault, juga diramaikan sebagai bakal calon ketua umum PSSI. Adhyaksa yang selama menjabat sebagai Menpora menerbitkan program – program baru dalam peningkatan prestasi olahraga dinilai layak sebagai ketua umum PSSI.

Satu nama baru adalah, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, George Toisutta. Pria kelahiran Makassar, 1 Juni 1953 ini merupakan seorang pecinta sepakbola. Ia juga disebut mendukung penuh LPI sebagai reformasi dalam persepakbolaan Indonesia.

Pencalonan ketiga tokoh ini memang baru rumor. Namun ketiga orang ini mempunyai kelayakan dan kemampuan untuk menjadi ketua umum PSSI.

Nurdin Halid, saya rasa sudah saatnya mundur. Saatnya bagi dia legowo untuk turun tidak mencalonkan diri lagi. Dia sudah diberikan kesempatan selama dua periode menjadi ketua umum PSSI.

Dua periode adalah waktu yang cukup lama. Periode yang cukup lama dengan non prestasi dan non perbaikan dalam persepakbolaan Indonesia.

Saatnya orang – orang baru yang memimpin PSSI. Saatnya ide – ide baru digulirkan di tubuh PSSI. Saatnya kerja – kerja nyata untuk memperbaiki persepakbolaan Indonesia dilakukan.

Saya mendambakan sosok yang konsisten, punya visi misi yang dituangkan dalam kerja nyata, tegas, jujur, terbuka, dan adil.

Yang pasti Nurdin Halid bukanlah sosok yang saya dambakan selama ini. Sudah cukup puang bekerja di PSSI, saatnya orang baru menggantikannya.

sumber : tabloid bola dan sumber lainnya.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Isu Calon Ketua Umum PSSI”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s