Selamat Tinggal Red !!

Kamis, 17 Februari 2011 – 22.55 WIB –

Cepat – cepat kumatikan rokok, tak kuhisap sampai ujung. Aku terjebak dalam kenanganmu ketika duduk dihalaman belakang rumah. Pada halaman paving block sepanjang hampir 2 meter dengan lebar tidak lebih dari 1 meter, disitu kau biasanya berada. Sang Legenda Jalanan. Wujud sisi liarku.

Tak ingat kapan tepatnya aku diantar Bapak pergi ke showroom motor tapi yang pasti pada awal – awal tahun 2007. Bapak cuma ingin membelikanku motor untuk mempermudah pergi kerja. Terus terang pada saat itu sempat tak percaya juga akan membeli motor, karena secara finansial gaji sangat tidak mencukupi untuk membeli motor. Apalagi tidak ada tabungan untuk membayar DP motor.

Tapi Bapak yang menanggung DP pada waktu itu. Kesepakatannya aku yang mencicil selama 36 bulan, jangka waktu cicilan yang disepakati kemudian dengan perusahaan leasing.

Tiba di showroom, pilihanku memang pada motor bebek. Dan Jupiter MX saat itu mencuri pandangku. Selain itu dari obrolan teman – teman dikantor memang untuk kelas bebek ini yang paling yahud. 135 CC paling besar diantara semua motor dari berbagai macam pabrikan. Tapi ada juga alasan lain yang jujur saja, waktu itu aku memilih Jupiter MX karena memang cicilannya yang kuperkirakan tidak akan mencekik dengan penghasilan yang masih kurang dari 1 juta ketika itu.

Awal Maret 2007, Jupiter MX warna merah marun itu sudah ada dirumah. Mulai dipakai seminggu kemudian setelah STNK diterima, dan plat nomor sementara pun dibuat.

Dari sanalah perjalanan demi perjalanan dimulai. Sungguh motor ini bisa memuaskanku. Tak pernah rewel, tarikan yahud ( ngajak balap terus ), dan bodi yang memang menarik perhatian.

Derasnya hujan, debu jalanan, lumpur, telah kulalui bersama motor ini. Perjalanan antar kota pertamaku adalah Bogor. Perjalanan yang sangat berkesan. Selanjutnya Cianjur kemudian Bandung dan sering kali Bandung, tak lupa Pelabuhan Ratu. Perjalanan terjauh adalah pada Desember 2010 kemarin ketika menempuh Sukabumi – Cikampek – Karawang – Sukabumi.

Menuju Cikampek

Tak banyak yang kurubah dari motor ini. Yang paling sering diganti adalah kaca spionnya. Ban juga dinaikkan 1 ukuran jadi 80/90 dan 90/90. Cakram depan kupasang yang besar. Stiker depan dilepas karena memang sudah terkelupas. Selebihnya masih asli. Hanya ada baret – baret disekitar bodi, dan stiker anti salah satu suporter di bagian besi penahan rantai.

Motor ini bisa dibilang teman sejatiku disaat senang dan susah. Saksi bisu perjalanan seorang bujangan menulis kisah asmara, meretas karir, dan refleksi dari jiwa bebasku.

Tapi malam ini dia sudah tidak disini. Dia hanya kenangan. Pahit memang bila mengingat perpisahan kami tadi sore. Dia digondol maling setan !!! Hanya kelengahan 15 menit yang membuatmu lepas selamanya dariku. Aku teledor.

Lemas rasanya ketika sadar bahwa motor itu tak akan ada lagi mendampingiku merasakan angin jalanan, merasakan panasnya matahari, merasakan dinginnya hujan, merasakan semua hal yang selalu kami lakukan. Dia sudah tak akan bersamaku lagi dalam setiap hari – hariku. Sedih rasanya.

Kau adalah sesuatu yang selalu membuatku bangga. Beberapa kali ku update status di Facebook tentang keinginan menggilas jalanan bersamamu. Aku selalu menyebut ” rock n roll diatas roda dua “ tentang perjalanan denganmu. Kau dan aku selalu berdua saja, tak perlu ada yang lain dalam petualangan kita.

Kau adalah refleksi sisi liarku. Kau adalah wujud semangat muda yang membara. Kini aku kau tinggal pergi, aku merasa kehilangan seorang teman.

Aku sangat kehilangan motor itu, lebih dari kehilangan secara fisik. Sepulang dari kantor Polisi membuat laporan kehilangan, aku terus mengingat – ingat kenangan yang pernah ditorehkan bersamamu.

Red?!! sungguh masih banyak perjalanan yang harus kita tempuh. Paling dekat aku berencana Tour Ujung Genteng bersama teman – teman. Namun kini kau pergi, aku kehilangan. Sangat kehilangan.

Sang Legenda jalanan, Devil on the road, kau selalu dihatiku!!!

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Selamat Tinggal Red !!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s