Preview : Sriwijaya FC vs Al-Ain ( UEA )

Sriwijaya FC akan mengadu nasib mereka pada Playoff Liga Champions Asia sore ini, 19 Februari 2011, di Stadion Jaka Baring Palembang. Klub asal Uni Emirat Arab, siap menantang mereka.

Al-Ain juara Liga Champions Asia 2002/2003 jelas bukan lawan yang enteng bagi Sriwijaya FC. Klub ini termasuk salah satu klub paling sukses di Asia banyak meraih gelar lokal maupun di tingkat Asia. Selain menjadi juara Liga Champions musim 2002/2003, pada tahun 2005 mereka sempat menjadi finalis Liga Champion.

Namun grafik menurun terjadi pada dua tahun terakhir keikutsertaan mereka di Liga Champions. Tahun 2006 mereka hanya lolos sampai perempatfinal, sedangkan tahun 2007 mereka hanya sampai penyisihan grup.

Tim yang diarsiteki oleh Alexander Gallo ( Brazil ) ini punya beberapa pemain asing diantaranya striker Elias Ribeiro de Oliveira ( Brazil ) dan gelandang Milovan Mirosevic (Chili ) dan gelandang asal Pantai Gading, Ibrahima Keita.

Milovan Mirosevic

Beberapa pemain timnas UEA pun memperkuat Al Ain seperti bek Faris Juma, dan Striker Omar Abdulrahman.

Gaya permainan Al Ain rasanya akan serupa dengan gaya permainan tim Timur Tengah, yang banyak mengandalkan umpan – umpan cepat, dan keunggulan fisik dan postur tubuh.

Satu hal yang menjadi titik kelemahan adalah performa Al Ain di liga domestik. Saat ini mereka masih ada di posisi 11 UEA Pro League dengan hanya meraih 2 kemenangan, 5 kali imbang dan 6 kali kalah. Selain itu musim 2009/2010 adalah musim yang mengecewakan bagi Al Ain. Sedangkan pada Piala Etisalat, Al Ain menjadi semifinalis dan Piala Presiden Al Ain lolos ke perempatfinal.

Sedangkan Sriwijaya FC bermasalah dengan kebugaran para pemainnya. Pertandingan terakhir mereka adalah pada hari Rabu lalu ketika mengalahkan Persijap 2 – 0.

Sriwijaya FC harus menjalani jadwal yang rapat di Liga Super. Selain itu mereka harus bermain 120 menit ketika mengalahkan Muang Thong United di laga Playoff sebelumnya.

Keith Kayamba Gumbs masih akan menjadi andalan lini depan Sriwijaya. Pemain yang mempunyai stamina tangguh ini akan mendapat bantuan dari pemain yang kembali mendapatkan performa baiknya, Budi Sudarsono. Pengalaman Budi selama memperkuat timnas dan bermain dengan tim – tim negara Arab rasanya akan sangat membantu Sriwijaya sore ini.

Keith Kayamba Gumbs

Di lini tengah Ponaryo Astaman akan diduetkan dengan pemain muda berbakat Dirga Lasut. Sedangkan di lini belakang Thierry Gathuessi dan Claudiano Alves akan menjaga kuatnya pertahanan Sriwijaya FC.

Pertandingan ini saya prediksi akan berjalan ketat. Sriwijaya FC harus bisa meladeni gaya permainan cepat khas tim Arab. Kendali permainan harus bisa diambil alih oleh Sriwijaya FC sejak menit awal. Keunggulan postur para pemain Al Ain juga harus diwaspadai oleh barisan belakang Sriwijaya FC, karena bisa saja mereka mengandalkan permainan sayap. Kecepatan para pemain Al Ain harus diwaspadai oleh Sriwijaya, karena biasanya tim negara Arab mengandalkan umpan – umpan terobosan dari tengah atau sayap untuk membongkar pertahanan lawan.

Masalah kebugaran para pemain Sriwijaya FC harus diatasii oleh pelatih Ivan Kolev. Pengendalian tempo permainan adalah salah satunya.

Tim yang berhasil menjadi pemenang akan masuk di Grup F Liga Champion bergabung bersama Hangzou Greentown ( Cina ), FC Seoul ( Korea Selatan ), dan Nagoya Grampus Eight ( Jepang ).

Sedangkan tim yang kalah akan masuk di Piala AFC. Tim yang kalah akan bergabung di Grup G bersama Tampines Rovers ( Singapura ), Victory SC ( Maladewa ) dan Hanoi T&T ( Vietnam ).

Sedangkan wakil Indonesia lainnya di Liga Champions, Arema Indonesia, bergabung di Grup G bersama Cerezo Osaka ( Jepang ), Shandong Luneng ( Cina ), dan Jeonbuk Hyundai Motors ( Korea Selatan ).

Di Piala AFC Persipura Jayapura bergabung di Grup H bersama Chonburi ( Thailand ), Kingfisher East Bengal ( India ) dan South China ( Hongkong ).

Semoga Sriwijaya mampu lolos ke Liga Champions Asia !!!!

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Preview : Sriwijaya FC vs Al-Ain ( UEA )”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s