Saling Jegal Jelang Kongres PSSI

Hari ini, Sabtu 19 Februari 2011, tim verifikasi bakal calon ketua umum PSSI akan mengumumkan nama – nama calon ketua umum yang lolos verifikasi. Seperti diketahui empat nama masuk bursa calon ketua umum, Nurdin Halid, George Toisutta, Arifin Panigoro dan Nirwan Bakrie.

Namun saling jegal sudah terjadi. Mencuatnya surat kaleng Eli Cohen tentang isu suap bandar judi Malaysia kepada para petinggi PSSI dianggap kubu incumbent sebagai black campaign. Selain itu kasus lain yang mencuat adalah soal keterlibatan Nurdin Halid pada pengemplangan dana APBD Persisam. Mantan Manager Persisam, Aidil Fitri, yang kini menjalani persidangan di PN Samarinda menyebut Nurdin Halid menerima 100 juta Rupiah.

Nurdin Halid juga disebut namanya dalam kasus pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia. Nurdin Halid ditengarai menerima 500 juta rupiah pada kasus ini. Kasus ini kini sedang ditangani KPK.

Kubu Nurdin Halid yang sadar posisinya terjepit melakukan “serangan balik” dengan adanya surat FIFA yang menyetujui langkah FIFA menghukum Liga Primer Indonesia. Bahkan kini semua perangkat pertandingan yang terlibat LPI sudah dikenai sanksi oleh PSSI. Wasit Fiator Ambarita adalah salah satu yang dikenai sanksi.

LPI terus digoyang salah satunya lewat permasalahan izin bekerja para pemain asing. Keabsahan izin mereka dipertanyakan PSSI. PSSI menganggap mereka patut dideportasi.

Lee Hendrie, salah satu pemain asing yang berlaga di LPI

Tetapi keterangan berbeda justru didapat dari Menteri Hukum dan HAM, Patrialias Akbar, yang mengatakan perlu penelusuran terlebih dahulu tidak asal main deportasi.

Kubu incumbent masih punya jurus andalan untuk merapatkan barisan menuai banyak dukungan saat kongres PSSI 26 Maret nanti di Bali. PSSI berencana mengajak semua manajer klub Liga Super Indonesia ke Eropa dengan dalih “study tour” pelaksanaan sepakbola dinegara yang maju persepakbolaannya.

Kini tinggal menunggu hasil tim verifikasi siapa saja yang akan bertarung pada kongres nanti. Walau George Toisutta banyak diinginkan masyarakat sebagai nakhoda baru PSSI, tetapi Nurdin Halid masih punya banyak dukungan dari para pemegang hak suara.

Jawaban yang pasti adalah pada tanggal 26 Maret nanti. Semoga kemajuan dan perubahan menuju kebaikan akan terjadi nanti.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s