Garuda Muda Kalah Pengalaman

Leg pertama Pra Olimpiade 2012 Indonesia berakhir dengan kekalahan. Timnas Indonesia U-23 takluk di Jaka Baring Palembang oleh Turkmenistan dengan skor 1 – 3.

Timnas berhasil lebih dulu unggul setelah sontekan Titus Bonay menyambut umpan Okto Maniani membentur salah seorang bek Turkmenistan dan mengecoh penjaga gawang Turkmenistan pada menit ke – 13.

Keunggulan Indonesia hanya berumur 3 menit, setelah tendangan bebas kapten Turkmenistan, Amanov Arslanmyrat, berhasil menembus pojok kiri gawang Kurnia Meiga pada menit – 16. Indonesia yang pada awal pertandingan mampu menekan Turkmenistan setelah kedudukan imbang 1-1 mulai kehilangan kendali permainan. Beberapa kali peluang terbuka namun akhirnya tidak mampu diselesaikan dengan baik oleh skuad garuda muda karena terlalu terburu – buru dalam memutuskan.

Kedudukan imbang berlanjut sampai akhir babak I. Babak kedua dimulai, Turkmenistan langsung mengambil alih permainan. Operan dari kaki ke kaki dipraktekkan tim yang berjuluk “the green man”.

Sedangkan Indonesia masih berupaya mengandalkan kecepatan dan umpan terobosan, seraya melepaskan umpan – umpang langsung dari daerah pertahanan sendiri.

Yongki Ariwibowo nyaris membawa Indonesia unggul namun sontekannya menyambut umpan datar Okto masih mampu diblok penjaga gawang.

Garuda muda malah semakin kelihatan tidak sabar dalam membangun serangan. Jarak antar pemain pun terlalu jauh, sehingga menyulitkan umpan – umpan pendek. Umpan – umpan lambung yang kurang efektif justru banyak dilepaskan para pemain.

Kehilangan organisasi permainan dimanfaatkan oleh Turkmenistan yang mampu menjaga dominasi kendali permainan lewat umpan dari kaki ke kaki. Selain itu ketika sudah berada di daerah sekitar kotak penalti lawan, para pemain timnas U-23 seringkali melakukan kesalahan passing.

Skuad Turkmenistan yang lebih matang akhirnya mampu menambah 2 gol lagi ke gawang Indonesia. Boliyan Aleksandr dan Vahyt membobol gawang Kurnia Meiga pada menit 80 dan 85.

Dua peluang emas Indonesia di menit – menit akhir pertandingan untuk menyamakan kedudukan lewat Rishadi Fauzi dan Gunawan Dwi Cahyo melenceng tipis dari gawang Turkmenistan.

Dengan hasil ini, peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya semakin tipis. Karena Leg kedua pada 9 Maret 2011 akan diadakan di Turkmenistan dan Indonesia harus mampu menang 3 – 0.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s