Fight For Asia !!

Sejenak melupakan riuh rendah kemelut masa depan sepakbola Indonesia, Besok dan lusa ( Selasa dan Rabu ) akan menjadi pertaruhan gengsi klub Indonesia di persaingan sepakbola Asia.

Di pentas Liga Champions Asia, Arema Indonesia akan mencoba mendobrak dominasi klub Jepang atas klub Indonesia pada pertandingan pertama Liga Champions Asia Grup G. Arema ditantang tuan rumah Cerezo Osaka di stadion Nagai Jepang pada hari Rabu, 2 Maret 2011.

Cerezo adalah debutan di Liga Champions Asia. Sedangkan bagi Arema ini adalah kali kedua mereka tampil pada kompetisi tertinggi level klub sepakbola Asia. Penampilan pertama Arema adalah pada tahun 2007.

Kesolidan dan kerjasama apik Arema telah terbukti musim lalu dengan raihan gelar juara. Musim ini walau berganti pelatih, namun Arema masih menjadi pesaing serius menuju tangga juara.

Mengandalkan permainan sayap, ketangguhan lini tengah, dan kokohnya lini belakang Arema akan mencoba mencuri poin di Jepang.

Cerezo Osaka penghuni peringkat 3 klasemen Japan League tentu bukanlah lawan enteng meski baru pertama tampil di Liga Champions. Ryuji Bando menjadi andalan mereka dilini depan, disokong 2 midfielder asal Brazil, Rodrigo Pimpao dan Martinez.

Ryuji Bando

Arema mesti bisa mengimbangi permainan khas klub Jepang yang mengandalkan kecepatan passing dan organisasi permainan yang rapih. Lini Belakang Arema yang akan dikomandoi oleh Zulkfili Syukur harus bisa menjaga kerapatan dan konsentrasi selama pertandingan.

Sementara di Piala AFC, dua wakil Indonesia akan memulai perjalanan mereka.

Besok, Selasa 1 Maret 2011, Sriwijaya FC akan menjamu klub asal Maladewa, VB Sports di stadion Jakabaring Palembang.

Klub yang sering disebut sebagai miniatur timnas Maladewa ini sudah sering bertanding dengan klub Indonesia. Pada tahun 2008 diajang yang sama VB Sports dua kali digebuk PSMS Medan dalam pertandingan tandang dan kandang mereka.

Rekor pertemuan VB Sports dengan klub Indonesia agak sedikit meningkat setelah di Piala AFC 2009/2010 mereka sukses menekuk Persiwa Wamena di Malang 2-3 dan di Maladewa dengan skor 4-0.

Sriwijaya FC yang dilatih Ivan Kolev tentu akan menghadirkan sesuatu yang berbeda bagi VB. Sriwijaya yang mencari pelampiasan atas kegagalan mereka di Playoff Liga Champions Asia dipastikan akan menjadi lawan tangguh VB Sports.

Ali Ashfaq, striker andalan VB akan menemui tembok tebal Sriwijaya yang digalang Claudiano Alves dan Thierry Gathuessi.

Claudiano Alves

vs

Ali Ashfaq

Di lini depan seperti biasa, Sriwijaya FC akan mengandalkan pemain tua – tua keladi asal St.Kitss and Neviss, Keith Kayamba Gumbs yang berduet dengan striker Budi Sudarsono.

Selain VB Sports, TSW Pegasus ( Hongkong ) dan Song Lam Nghe An ( Vietnam ) akan menjadi lawan Sriwijaya di Grup F Piala AFC.

Sementara di grup H, Mutiara Hitam, Persipura Jayapura akan dijamu South China ( Hongkong ) pada hari Rabu 2 Maret 2011 di Hongkong Stadium.

Permainan cepat, mengandalkan teknik dan kreatifitas yang selama ini menjadi ciri khas Persipura akan coba diladeni oleh South China yang kini bertambah kuat dengan kehadiran dua alumni liga Eropa.

Mateja Kezman, striker yang meraih kesuksesan bersama PSV Eindhoven namun menurun di Paris Saint Germain, Chelsea, Atletico Madrid ini kini menjadi andalan lini depan South China.

Mateja Kezman

Belum lagi dilini tengah mereka diperkuat gelandang alumnus Old Trafford, Nicky Butt. Mantan ikon Manchester United dan Newcastle United ini adalah jangkar yang tangguh.

Nicky Butt, Seragam Merah

Kehadiran dua pemain ini akan menjadi ancaman serius bagi Persipura Jayapura. Lini tengah yang akan dikomandoi oleh playmaker asal Liberia, Zah Rahan Krangar, dituntut harus kreatif dalam mendobrak pertahanan South China.

Boaz Solossa seperti biasa akan menjadi andalan Persipura. Boaz yang kini menjadi top skor sementara Liga Super Indonesia harus mampu mengobrak – abrik pertahanan South China.

Di Grup H selain South China,Persipura juga ditantang East Bengal ( India ) dan Chonburi ( Thailand ).

Semoga semua wakil Indonesia dapat meraih hasil manis dan menjadi penyejuk sementara dari kemelut yang semakin tak berujung ini.

FIGHT FOR ASIA !!!!

Jadwal Siaran Langsung :

RCTI Selasa, 1 Maret 2011 pukul 15.30 : Sriwijaya FC vs VB Sports

Global TV Rabu 2 Maret 2011 pukul 15.30 : South China vs Persipura

RCTI Rabu,2 Maret 2011 pukul 16.30 : Cerezo Osaka vs Arema Indonesia

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Fight For Asia !!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s