Debutan Asing Bersinar di Putaran 2 LSI

Transfer pemain asing yang mendominasi window transfer 2 musim 2010/2011 kebanyakan berbuah manis. Keputusan para pelatih klub – klub Liga Super Indonesia untuk menambal sulam skuad mereka sejauh ini mulai menunjukkan hasil positif.

Pelita Jaya yang mendatangkan top skor Piala AFF 2010, sang pembunuh mimpi Indonesia, Safee Sali, dari Selangor FA Malaysia. Transfer pemain ini diwarnai drama. Karena sebelumnya Persib Bandung telah menjalin komunikasi dengan Selangor namun diakhir cerita Safee justru pindah haluan ke Pelita Jaya.

Tak cukup dengan Safee, Pelita mendatangkan Chris Doig, pemain berkebangsaan Skotlandia dari Central Coast Mariner Australia dan Troy Hearfield dari Wellington Phoenix.

Chris Doig

Hasilnya sudah terlihat kala Pelita Jaya mengalahkan Sriwijaya FC 1 – 0 melalui gol Safee Sali. Sebagai tambahan Pelita juga mendatangkan tiga pemain calon naturalisasi, Ruben Wuarbanaran, Diego Michiels dan Jhonny Van Beukering.

Pelita melepas Tomoyuki Sakai dan Yuichi Shibakoya ke Persiwa Wamena. Sedangkan Jajang Mulyana dipinjamkan ke Sriwijaya FC.

Persib Bandung juga merasakan manfaat kedatangan amunisi baru. Matsunaga Shohei ( Jepang ) dari Ehime FC, Miljan Radovic dari Ofk Petrovac Montenegro, dan bek asal Kamerun yang sudah tidak asing lagi, Abanda Herman.

Miljan Radovic dan Matsunaga Shohei

Matsunaga berposisi sebagai penyerang dan Radovic sebagai playmaker. Kerja keras keduanya sudah terlihat. Matsunaga, striker yang pernah dididik Schalke 04 Jerman, mencetak satu gol pada laga debutnya saat Persib menahan imbang Semen Padang. Gol Keduanya lahir saat Persib menundukkan Pelita 2 – 1.

Persib melepas Pablo Frances sebagai pemain pinjaman ke Persikab Kab.Bandung, sedangkan duo singapura Baihakki Khaizan dan Shahril Ishak bergabung ke LPI.

Persela Lamongan berubah drastis pada putaran ke 2 ini. Tim yang tidak tajam selama putaran I karena jarang mencetak lebih dari 1 gol bahkan saat bermain di kandang kini berubah jadi ganas.

Masing – masing 4 gol digelontorkan ke jala 2 klub asal Borneo. Bontang FC dan Persisam Samarinda dikalahkan dengan skor 4 – 1.

Dua pemain anyar mereka, Kim Yong Han dari Busan Transportation Corporation Korea Selatan, dan Gustavo Fabian Lopez ( Argentina ) dari klub River Plate Puerto Rico langsung memberikan perbedaan.

Dua gol telah dicetak Kim Yong Han dalam dua laga tersebut. Sedangkan bagi Gustavo Lopez langsung menjadi pengumpan andalan Persela. Tercatat 3 assistnya menjadi gol Persela. Sebenarnya Gustavo bukan orang baru bagi Persela karena pernah bermain pada musim 2006/2007.

Pemain yang dilepas oleh Persela adalah Emaleu Serge.

Sriwijaya FC masih harus bersabar dengan rentetan hasil buruk. Berbanding terbalik dengan aktifnya mereka dibursa transfer. Rudi Widodo adalah pemain pertama yang didatangkan. Kim Young Hee ( Korsel ) dipinjam dari Persiba Balikpapan. Korinus Fingkrew datang dari PSM. Kemudian Jajang Mulyana pun dihadirkan dengan status pinjaman.

Rentetan cedera dan padatnya jadwal, membuat Ivan Kolev aktif mendatangkan tambahan skuad. Park Jung Hwan, eks Persiba dan PSM, kini telah dilepas karena tidak sesuai dengan harapan sejak awal musim.

Satu pemain asing didatangkan lagi yaitu Lim Joon Sik dari Korea Selatan yang pernah bermain untuk Ulsan Hyundai Mipo Dockyard Dolphin.

Satu klub yang juga harus bersabar adalah Persijap Jepara. Walau sudah mendatangkan mesin gol, Alberto “beto” Goncalves, eks Persipura namun kemenangan masih menjauhi laskar kalinyamat.

Persijap melepas striker asal Portugal Gustavo Guti, Javier Perez (Spanyol) serta Youn Sung-min (Korea Selatan).

Selain Beto, Jose Sebastian pemain Argentina yang pernah bermain untuk PSMS Medan juga dikontrak oleh klub asal Jepara tersebut.

Transfer window ke 2 ini bisa dibilang agak sepi. Karena cuma sedikit klub yang mendatangkan pemain baru.

Iqbal Samad pemain Bontang FC kini menyeberang ke Persiba Balikpapan. Persija menambah amunisi lini depan dengan merekrut striker muda, Alan Martha.

Sedangkan bomber Uzbekistan, Pavel Solomin, dilepas oleh Persisam.

*berbagai sumber*

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s