Beast Of Gevaudan

Tahun 1764 sampai 1767 merupakan masa – masa yang menakutkan bagi penduduk Gevaudan Prancis. Selama tiga tahun para penduduk diteror oleh sesosok binatang misterius yang digambarkan bergigi tajam yang menakutkan, berekor panjang, bulunya kemerahan dan binatang ini mengeluarkan bau yang tak sedap.

Gambaran Sosok Beast Of Gevaudan

Serangan pertama makhluk ini terjadi pada tanggal 1 Juni 1764. Seorang wanita dari Langogne yang sedang menggembalakan ternaknya,tiba – tiba dikagetkan dengan serangan makhluk ini yang keluar dari semak – semak. Wanita ini berusaha melawan dengan tongkat yang dipunyainya. Beruntung saat itu ia membawa beberapa ekor anjing. Anjing – anjing inilah yang kemudian berhasil menjauhkan makhluk ini dari si wanita.

Monumen Bete du Gevaudan ( mengenang kemunculan pertama makhluk misterius ini )

Wanita tersebut tak mengetahui jenis binatang itu. Tapi digambarkan mirip anjing dengan ukuran tubuh seekor kerbau. Misteri makhluk ini pun dimulai.

Hanya berselang 29 hari kemudian korban pertama ditemukan, Jeanne Boulet, usia 14 tahun dibunuh oleh makhluk ini dekat desa Les Hubacs tidak jauh dari Langogne.

Selain manusia, makhluk misterius ini juga menyerang hewan ternak, namun dari kebanyakan kasus yang terjadi. Makhluk ini akan menyerang manusia walaupun ditempat yang sama ada binatang ternak.

Serangan pada 12 Januari 1765, membuat Raja Louis XV akhirnya bertindak. Pada hari itu Jacques Portefaix bersama 6 orang temannya, termasuk 2 orang perempuan, diserang makhluk ini. Mereka berhasil selamat karena melawan makhluk itu bersama – sama. Jacques dihadiahi 300 Livre atas keberaniannya, 300 Livre lain dibagikan kepada 6 orang tersebut.

Raja Louis pun mengirimkan Jean-Charles-Marc-Antoine Vaumesle d’Enneval dan anaknya Jean Francois yang dikenal sebagai pemburu serigala handal untuk membunuh makhluk ini. Para pemburu ini juga membawa 6 ekor anjing jenis Bloodhound yang terlatih dalam berburu serigala.

Jean Charles dan Jean Francois terus berburu selama beberapa bulan. Mereka terus membunuh serigala karena mereka percaya makhluk misterius ini adalah serigala.

Namun serangan makhluk ini terus terjadi yang menandakan kedua orang pemburu itu telah salah target. Raja Louis XV akhirnya mengganti kedua orang pemburu itu dengan François Antoine yang merupakan pembawa senjata raja dan Letnan Pemburu. Dia tiba Le Malzieu pada 22 Juni 1765.

Pada 21 September, Antoine membunuh seekor serigala besar. Serigala ini mempunyai tinggi 80 centimeter, mempunyai panjang tubuh 1,7 meter dan berat 60 Kg. Serigala ini dinamakan “Le Loup de Chazes” karena ditemukan dan dibunuh di Abbaye des Chazes. Penduduk setempat menyatakan bahwa mereka baru kali ini melihat serigala sebesar ini.

Antoine menyatakan bahwa kami belum pernah menemukan serigala sebesar ini. Oleh karena itu kami berkeyakinan bahwa serigala ini adalah makhluk yang selama ini telah membunuh dan melakukan teror.

Orang – orang yang pernah diserang makhluk misterius itu, menyatakan bahwa serigala yang ditembak Antoine adalah pelaku teror. Mereka melihat luka – luka yang ada disekujur tubuh serigala itu, bekas perlawanan orang – orang yang diserang.

Serigala itu dikirim ke Versailles dan Antoine pun dianugerahi gelar pahlawan dan hadiah atas kerjanya.

Namun semua suka cita tersebut segera berakhir. Karena pada 2 Desember 1765, serangan lain terjadi di la Besseyre Saint Mary mencederai 2 orang anak. Tak lama kemudian laporan – laporan korban tewas pun kembali muncul.

Perburuan makhluk ini pun diteruskan. Perburuan makhluk ini selain melibatkan para pemburu serigala juga melibatkan militer, para ksatria kerajaan dan masyarakat.

Pada 19 Juni 1767, berita menggemparkan muncul. Jean Chastel seorang pemburu lokal, telah membunuh makhluk ini. Namun rumor tak sedap mengiringi kesuksesan Chastel. Chastel disebut dalam perburuan hanya duduk dibawah pohon sambil membaca injil dan berdoa. Pada suatu saat ketika ia sedang berdoa, makhluk ini muncul dihadapannya dan menatap Chastel. Chastel mengakhiri doanya dan menembak mati makhluk itu.

Keanehan ada pada cerita ini. Biasanya makhluk tersebut langsung menyerang saat melihat korban, tidak diam dan menatap terlebih dahulu. Hal ini juga yang memunculkan isu bahwa Chastel bekerja sama dengan makhluk ini.

Selain itu juga Michel Louis yang menulis buku berjudul “The Beast of Gevaudan: The Innocence of Wolves”, dalam bukunya mengatakan sebagian penduduk desa mengaku pernah melihat Jean Chastel bersama seekor anjing mastiff besar berwarna merah. Ia percaya kalau anjing itu adalah Beast of Gevaudan yang sesungguhnya. Louis juga percaya kalau kemampuan anjing itu untuk menahan peluru mungkin karena ia dikenakan pakaian dari kulit babi hutan yang juga menjelaskan warna bulunya yang aneh.

Dengan kata lain, Louis percaya kalau makhluk itu adalah peliharaan Chastel sendiri.

Yang pasti setelah cerita Chastel ini muncul, makhluk misterius ini tidak pernah muncul kembali.

Sampai saat ini tidak ada yang bisa menjelaskan secara pasti apa makhluk ini sebenarnya atau jenis binatang apa. Ada teori yang menyebutkan bahwa Beast of Gevaudan adalah Hyena Asia yang telah lama punah. Tetapi hal tersebut masih diragukan karena Hyena Asia mempunyai 34 gigi sedangkan makhluk misterius ini mempunyai 42 gigi yang didapat dari hasil otopsi korban.

Teori lain menyebutkan bahwa makhluk ini adalah hasil kawin silang antara serigala liar dan anjing lokal. Tetapi teori ini masih kesulitan untuk menjawab karakteristik makhluk buas ini.

De Beaufort pada tahun 1987 menyatakan bahwa total korban makhluk misterius ini adalah 113 korban meninggal, dan 49 orang luka – luka. 98 korban hampir setengah tubuhnya dimakan oleh makhluk ini.

Beast of Gevaudan sampai hari ini masih merupakan misteri yang belum terpecahkan.

sumber :

xfile-enigma.blogspot.com

Wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s