Fight For Asia Matchday 2 : 4 gol Yang Bermakna Beda

8 gol tercipta untuk 2 klub Indonesia pada pertandingan di dua ajang level Asia yang dipertandingkan di tanah air hari ini. Stadion Kanjuruhan Malang menjadi saksi kegetiran skuad Singo Edan, Arema Indonesia, digelontor 4 gol tanpa balas oleh Jeonbuk Hyundai Motors Korea Selatan. Sedangkan di SUGBK Jakarta, Mutiara Hitam, Persipura Jayapura berpesta setelah menekuk East Bengal India 4 – 1.

Skuad Arema turun kelapangan dengan kondisi kelelahan secara psikis. Janji – janji pengurus klub yang akan melunasi gaji para pemain yang sudah tertunggak selama 3 bulan belum menjadi kenyataan. M.Fachrudin, salah satu maskot Arema musim lalu, sudah menyatakan hengkang karena ketidak jelasan soal gaji.

Sehari sebelum pertandingan duo Singapura, Noh Alam Shah dan M.Ridhuan yang mengancam hengkang jika hak mereka tidak segera direalisasi. Walau duo ini masih membela Arema sore tadi namun secara keseluruhan penampilan Arema “lesu darah” jika dibandingkan dengan penampilan mereka di Jepang.

Walau begitu, Arema tetap berusaha keras menembus jala Jeonbuk. Determinasi mulai terlihat saat mereka tertinggal 1 gol, saat Kim Jeewong menaklukkan Kurnia Meiga menit – 26.

Babak kedua Arema berusaha keras menyamakan kedudukan. Aksi Aremania yang menggalang dana untuk membayar gaji para pemain, rupanya melecut semangat anak – anak asuhan Miroslav Janu ini.

Noh Alam Shah dimasukkan menggantikan Yongki Ariwibowo yang kehilangan “sentuhan” mautnya sejak pindah dari Persik Kediri. Namun Jeonbuk justru mampu menambah gol lewat Huang Bowen menit 77.

Dua gol Luiz Enrique menit – 81 dan 87 menambah kepedihan Arema. Didepan pendukung sendiri mereka harus kalah 4 gol. Pertandingan belum usai namun banyak Aremania tertangkap kamera meninggalkan Stadion.

Mereka harus menghadapi banyak tekanan bahkan sebelum pertandingan dimulai. Arema dikalahkan oleh kelelahan mental.

Suasana kontras terlihat di SUGBK. Walau kick off pertandingan ditunda karena hujan deras, tetapi itu tak menghalangi pesta gol Persipura ke gawang East Bengal.

Permainan kreatif yang mengedepankan satu dua sentuhan, skill individu, dan kecepatan merepotkan lini belakang East Bengal.

Bad Boy, Titus Bonai, yang dicoret Alfred Riedl dari timnas U-23 karena indisipliner membuka keunggulan Persipura memanfaatkan kesalahan antisipasi Kiper East Bengal Sandip Nandy pada menit 16.

Bad Boy lainnya, Boaz Solossa, yang sama dicoret oleh Alfred Riedl menyayat sisi kanan pertahanan East Bengal sebelum tendangan kirinya mampu menghujamkan bola ke gawang East Bengal pada menit -19. Persipura unggul 2 – 0.

Namun East Bengal sempat memperkecil kedudukan saat Tolgay Ozbey memanfaatkan kemelut didepan gawang Persipura menit – 21. Kedudukan 2 – 1 untuk Persipura.

East Bengal kelihatan sulit meladeni permainan cepat Persipura. Duet Imannuel Wanggai dan Gerard Pangkali mampu merebut kendali permainan di lini tengah. Beberapa peluang dihasilkan menjelang akhir babak pertama. Dua kali Boaz berhadapan dengan Sandip Nandy namun semua peluang Boaz masih bisa ditepisnya. Zah Rahan hanya bisa kecewa setelah bola tendangannya hasil umpan one two dengan Boaz hanya membentur mistar gawang.

Pertandingan babak kedua dimulai, Persipura masih meneruskan dominasi permainan mereka. Ian Kabes dua kali mengancam gawang East Bengal. Steve Bonsapia – lah yang akhirnya menjaringkan gol ketiga Persipura pada menit – 63.

Penyerang mungil, Lukas Mandowen, menutup pesta gol Persipura setelah menerima umpan matang Boaz dari sisi kanan pertahanan East Bengal pada menit – 90.

Empat gol yang masing – masing mempunyai makna beda di Malang dan Jakarta.

Arema berada diposisi juru kunci AFC Champions League grup G dengan nol poin sedangkan Persipura berada dipuncak klasemen Grup H AFC Cup dengan 4 poin.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s