Manajer Sepakbola Wanita Di Indonesia

Sepakbola memang bukanlah olahraga yang hanya digilai oleh laki – laki. Selama ini kaum wanita pun sangat menggilai olahraga kulit bundar ini. Bukan hanya sebagai penikmat namun juga sebagai pemain ataupun ikut dalam kepengurusan klub. Salah satu pesepakbola perempuan yang terkenal adalah Mia Hamm dari Amerika Serikat. Sedangkan Rosella Sensi, Manajer AS Roma, bisa dilihat sebagai contoh seorang perempuan yang terlibat dalam kepengurusan klub sepakbola.

Di Indonesia baik pemain sepakbola wanita maupun manajer wanita juga ada. Untuk pemain, salah satu yang terkenal adalah mantan penjaga gawang Timnas putri, Mutia Datau. Sedangkan untuk para manajer inilah mereka :

1. Diza Rasyid Ali

Bisa dibilang dialah wanita pertama yang menjadi manajer klub sepakbola di era masa kini. Wanita kelahiran Ujung Pandang ini menjadi manajer Persija Jakarta pada tahun 1997. Prestasinya saat itu membawa Persija ke posisi Enam Besar Liga Indonesia.

Sebelum menjadi Manajer, Diza sudah ikut dalam struktur klub Persija sebagai humas dari tahun 1995. ahun 2002-2006, Diza, dipilih menjadi penggurus PSSI Pusat, dan di tahun 2004-2005, Diza didapuk menjadi Manajer PSM Makasar. Karir sepak bola Diza meningkat di tahun 2006-2007, kala itu, ia ditunjuk menjadi Pengurus Pengda PSSI Sulsel, yaitu Wakil Ketua Bidang Pembinaan.

Sosoknya yang anggun seketika bisa berubah menjadi garang. Hal ini terbukti pada saat Persija bertandang ke Persebaya. Pada waktu itu hakim garis yang sudah mengangkat bendera tanda offside karena melihat posisi Yusuf Ekodono ( Pemain Persebaya ) offside membuat para pemain Persija diam. Yusuf pun menceploskan bola dengan mudah ke gawang Persija dan gol pun disahkan wasit.

Melihat hal itu, Diza langsung berlari ke arah wasit dan menendang wasit tersebut. Tindakannya ini tidak pernah disesalinya.

Diza membentuk klub sepakbola berbasis pendidikan yang dinamai Makassar Football School (MFS). Uniknya, sekolah ini merekrut anak-anak jalanan untuk dididik menjadi pemain bola.

Klub ini juga telah mencatat prestasi gemilang di kancah internasional. Tahun 2006 meraih juara kedua kompetisi antarklub anak-anak U-17 di Belanda. Tahun lalu klub ini meraih juara satu Danone Nation Cup di Amsterdam, Belanda. Beberapa anak binaan MFS kini juga tampil di kancah sepak bola nasional. Sebut saja Kurniawan, Syamsul Haeruddin, dan Irving Museng.

Saat ini Diza siap mencalonkan diri menjadi Ketua Umum PSSI dan banyak juga yang mendukung sosok yang pernah meraih penghargaan Suratin Pratama dari PSSI ini.

2. Indah Kurnia

Anggota DPR RI Komisi XI ini merupakan manajer Persebaya pada musim 2006. Prestasinya kala itu adalah membawa Persebaya menjuarai Divisi I.

Wanita yang pernah mendapat penghargaan rekor MURI untuk menyanyi 714 lagu tanpa teks selama lima hari ini, masih merindukan aktifitasnya dalam persepakbolaan. Bahkan dia masih sering mengenalkan diri sebagai wanita yang pernah menjadi manajer klub sepakbola.

3. Ayu Sartika Virtianti

Wanita ini menjadi manajer Deltras Sidoarjo pada usia yang sangat muda yaitu 22 tahun. Dia adalah putri Vigit Waluyo, sosok yang berada dibalik kiprah klub Deltras Sidoarjo. Vigit Waluyo sendiri adalah General Manager Deltras Sidoarjo.

Prestasinya adalah membawa Deltras Sidoarjo kembali ke Liga Super Indonesia pada musim 2009/2010.

Namun kisruh internal ditubuh Deltras Sidoarjo saat ini, memaksa duet ayah – anak ini mundur dari Deltras Sidoarjo. Deltras saat ini sedang dalam proses pengembalian ke Pemkab Sidoarjo.

sumber : Kaskus.us , lensaindonesia.com, beritajatim.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

4 thoughts on “Manajer Sepakbola Wanita Di Indonesia”

  1. assalamu alaikum wr.wb.
    saya afni dri watansoppeng di sulawesi selatan,mohon bantuannya saya ingin menjadi pemain sepak bola wanita di INDONESIA .
    hub sy jika ingin membantu sy 082291286318

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s