Fight For Asia Md.6 (AFC Cup) : Two Hopes

Dua harapan itulah kesimpulan pada partai pamungkas penyisihan grup AFC Cup. Persipura Jayapura lolos ke 16 besar sebagai runner up Grup H sedangkan Sriwijaya FC sebagai runner up Grup F berhak atas tiket 16 besar.

Berita baik lainnya, karena kini Indonesia punya dua harapan. Sama – sama menempati posisi 2 di grup masing – masing, Persipura dan Sriwijaya terhindar dari pertemuan dini. Persipura akan menantang Song Lam Nghe An Vietnam ( juara grup F) pada babak 16 besar, sedangkan Sriwijaya FC menantang Chonburi FC ( juara grup H ).

Jacksen F Tiago, pelatih Persipura, yang sebelumnya agak “menyesali” hasil imbang melawan East Bengal di Kolkata India mungkin agak lega karena tidak harus berhadapan dengan klub Indonesia terlalu awal.

Penampilan anak asuh Jacksen sendiri memang solid sepanjang penyisihan grup. Bertandang ke India kemarin ( 10/05 ) Mutiara hitam tidak kehilangan kilaunya.

Bahkan mereka mampu lebih dulu unggul 1 – 0 saat pertandingan memasuki menit – 3 lewat gol Titus Bonai. Persipura yang mendominasi jalannya pertandingan sepanjang babak pertama gagal menambah gol lagi walau banyak peluang diraih.

East Bengal merespon ketertinggalan mereka dengan baik. Memasuki babak kedua, Baljit Sahni mampu membobol gawang Yoo Jae Hoon pada menit – 46. Hasil 1 – 1 tetap sampai akhir pertandingan. Setidaknya hasil ini melegakan para pendukung East bengal, seperti dikutip dari situs suporter East Bengal, http://www.ebrp.in, hasil ini menjaga rekor tidak terkalahkan East Bengal di Stadion Yuva Bharati Krirangan dalam AFC Cup.

It’s do or die match yang harus dilakoni Sriwijaya di Jakabaring sore tadi (11/05). TSW Pegassus ada diperingkat pertama dengan nilai 9 disusul Song Lam Nghe An dengan nilai sama. Sriwijaya di posisi 3 dengan nilai 7.

Mau tidak mau Sriwijaya harus menang. Dua kekalahan sebelumnya dari Song Lam Nghe An dan VB Sports membuat mereka harus berjuang keras dipertandingan terakhir mengejar 3 poin yang dapat meloloskan mereka ke 16 besar.

Laskar Wong Kito harus berjuang lebih keras saat Lai Yiu Cheong membobol gawang Ferry Rotinsulu memanfaatkan bola rebound tendangan Leandro Carrijo yang tidak diblok dengan sempurna pada menit – 30.

Namun 6 menit berselang, Keith Jerome Kayamba Gumbs, menegaskan diri sebagai pemain yang ditakuti kubu TSW Pegasus. Tendangan curve ballnya gagal ditahan Li Hon Ho sehingga membuat kedudukan imbang 1 – 1 sampai babak pertama berakhir.

Babak kedua dimulai kedua tim langsung saling menyerang. Sriwijaya butuh kemenangan, sementara TSW Pegasus mulai sadar bahwa mereka tidak bisa memaksakan hasil imbang saja.

Sriwijaya mulai membuka jalur kemenangan ketika bek sayap, Supardi, menambah keunggulan Sriwijaya memanfaatkan kemelut didepan gawang Li Hon Ho pada menit -59.

Keasyikan menyerang membuat TSW Pegasus bisa menyamakan kedudukan, setelah Lee Hong Lim menuntaskan dengan baik assist Leandro Carrijo di menit -75.

TSW Pegasus yang diatas angin karena jika hasil tetap imbang maka mereka lolos ke 16 besar ternyata harus mengubur dalam hasrat mereka ketika Mahadirga Lasut mencetak gol penentu kelolosan Sriwijaya menit -88 memanfaatkan bola liar didepan gawang Li Hon Ho. Sriwijaya 3 – 2 TSW Pegasus.

Ini adalah sejarah bagi persepakbolaan Indonesia. Mengirimkan dua wakil, keduanya berhasil lolos ke 16 besar. Kesempatan untuk terus melaju terbuka lebar bagi kedua klub. Song Lam Nghe An dan Chonburi pernah dikalahkan oleh Sriwijaya FC dan Persipura. Sehingga kekuatan klub asal Vietnam dan Thailand tersebut tidak asing lagi bagi klub Indonesia.

Satu yang harus diwaspadai karena babak 16 besar ini akan digelar di Vietnam dan Thailand, maka Persipura dan Sriwijaya harus berhati – hati karena mereka pernah mengalahkan kedua wakil Indonesia ini dipartai tandang.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s