Ada Apa?

Tinggal 2 hari lagi, Kongres PSSI dibawah supervisi FIFA akan digelar. Pada tanggal 20 Mei 2011 akan dipilih ketua umum PSSI, Wakil Ketua Umum PSSI dan Anggota Komite Eksekutif.

Kongres PSSI yang dirancang oleh Komite Normalisasi ( KN ) yang diketuai Agum Gumelar ternyata masih berpotensi rusuh. Jika pada Kongres Pekanbaru Kelompok – 78 bisa menggagalkan kongres dan membuat FIFA akhirnya membentuk Komite Normalisasi yang bersih dari Nurdin Halid dan kawan – kawan.

Maka kini ancaman rusuh masih datang kelompok – 78. Mereka yang ngotot memperjuangkan pencalonan George Toisutta – Arifin Panigoro walau kedua nama ini sudah dilarang FIFA untuk mengikuti kembali pencalonan dan dicalonkan sama nasibnya dengan Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie.

Agum sempat datang langsung ke markas FIFA di Swiss pada 19 April lalu untuk mempertanyakan nasib George – Arifin. Namun FIFA tetap menolak pencalonan keduanya. Adanya Liga Primer Indonesia ( LPI ) yang dibentuk Arifin dan didukung George disebut – sebut sebagai salah satu “pemberat” duo jenggala ini untuk maju.

Namun kelompok 78 tetap mengajukan mereka. Walau tidak lolos verifikasi namun Komite Banding Pemilihan meloloskan mereka. Komite Banding Pemilihan merupakan Komite yang diakui FIFA hasil kongres bajakan di Pekanbaru.

Keputusan Komite Banding tetap ditolak KN. Meski keputusan Komite Banding tidak bisa diganggu gugat namun KN beranggapan bahwa kedua nama tersebut sedari awal sudah dilarang untuk mencalonkan dan dicalonkan ulang.

Sikap KN dapat dipahami. Komite ini dibentuk dan ditunjuk FIFA untuk menyelesaikan pemilihan ketua umum PSSI. Jika pada akhirnya mereka menolak keputusan Komite Banding tentang George – Arifin maka KN bertindak sesuai instruksi FIFA yang memang sudah melarang George – Arifin dicalonkan ulang sejak awal proses pemilihan.

Kelompok 78 mengancam akan tetap hadir pada kongres nanti walau nasib jagoan mereka sudah ditolak. Mereka beranggapan bahwa pelarangan pencalonan George – Arifin oleh FIFA berdasar pada data dan fakta yang tidak lengkap. Ancaman lain dari kelompok ini bahwa Agum Gumelar, sebagai ketua KN, akan dilengserkan pada kongres 20 Mei nanti.

Agum Gumelar seperti dilansir media akhirnya jengah dengan tekanan – tekanan kelompok 78 ini. Dia akhirnya mengganti 5 orang anggota KN karena tidak netral. 5 orang anggota KN ini berasal dari kelompok 78. Agum berpendapat bahwa kelima orang anggota tersebut sudah tidak satu visi dan misi menyelamatkan sepakbola Indonesia, karena mereka lebih condong ke kelompok – 78.

20 Mei nanti menjadi pertanyaan besar bagi publik sepakbola Indonesia. Kelancaran kongres rasanya menjadi hal yang paling dikhawatirkan. Ancaman kelompok – 78 pernah menjadi kenyataan di Pekanbaru. Jika sampai ancaman mereka diwujudkan pada 20 Mei nanti maka pemilihan ketua umum akan buntu kembali. Bukan tidak mungkin jika FIFA pada akhirnya menurunkan sanksi bila kekisruhan kembali terjadi. Karena FIFA telah mengambil wewenang untuk menentukan masa depan PSSI dari Nurdin Halid dkk dengan membentuk Komite Normalisasi.

Agum hanya berharap George – Arifin legowo dengan keputusan FIFA. Kalaupun tak puas bisa mengadukan FIFA ke pengadilan arbitrase olahraga internasional ( CAS ). Namun kelompok 78 tetap ngeyel dan memaksakan kehendak mereka dengan tekanan – tekanan kepada KN. Bahkan George akan legowo jika FIFA mau membeberkan kesalahannya sehingga dia dilarang ikut pencalonan.

Pertanyaan besar lainnya ada apa dibalik pencalonan George – Arifin ?, sehingga kelompok – 78 mengancam kongres 20 Mei nanti. Padahal dibalik tindakan mereka itu juga mengancam hal yang lebih besar dan penting, yaitu Sepakbola Indonesia.

Photo source : http://www.greencarreports.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s