Fight For Asia ( R.16 ) : One Fall One Go..Thank You Sriwijaya FC

Babak 16 besar AFC Cup sudah tuntas digelar untuk kedua wakil Indonesia. Persipura melaju terus ke babak selanjutnya setelah mengalahkan Son Lam Nghe An ( SLNA ) Vietnam di Vinh Stadium sore tadi dengan skor meyakinkan 1 – 3.

Sedangkan Sriwijaya FC harus menerima kenyataan gagal. Setelah kalah 3 – 0 atas Chonburi FC Thailand di Chonburi Stadium pada pertandingan yang digelar satu setengah jam kemudian.

Persipura tetap tampil meyakinkan dan percaya diri, walau SLNA pernah mengalahkan Sriwijaya FC 4 -0 di Vinh Stadium pada penyisihan Grup F. Justru SLNA yang kesulitan mengembangkan permainan karena kedisiplinan dan kecepatan permainan anak – anak asuhan Jacksen F Tiago.

Persipura unggul 2 – 0 di babak pertama. Penalti Boaz Solossa usai pelanggaran pemain SLNA terhadap pemain Persipura pada menit ke 28 membawa Persipura unggul 1 – 0.

Selang 6 menit kemudian, Titus Bonai kembali memperagakan tarian khasnya, setelah membobol gawang Tran Nguyen Manh melalui situasi sepak pojok. Bola liar hasil heading Pierre Bio Pauline diteruskan Titus Bonai dengan tendangan keras ke pojok kanan bawah gawang SLNA.

SLNA sempat beberapa kali mengancam gawang Persipura. Ferdiansyah yang menggantikan peran Yoo Jae-Hoon dibawah mistar Persipura sempat membuat was – was lewat sapuan bola yang kurang sempurna.

SLNA baru bisa memperkecil kedudukan setelah percobaan kedua Nguyen Hong Viet pada menit – 58 berhasil menembus gawang Ferdiansyah setelah sebelumnya membentur mistar.

Namun itu menjadi satu – satunya gol SLNA. Bahkan di menit – 85 Persipura kembali menambah keunggulan menjadi 1 – 3 setelah assist Boaz Solossa dimanfaatkan dengan baik oleh sang kakak, Ortizan Solossa.

Sementara di Thailand, absennya Keith Jerome Kayamba Gumbs di pihak Sriwijaya FC sangat berpengaruh pada permainan laskar wong kito. Okto Maniani bahkan menjalani peran “dadakan” menjadi striker dan beroperasi ditengah. Sedangkan Budi Sudarsono dan Rendi Siregar menggempur dari sisi kiri dan kanan. Ditengah keterbatasan tersebut, lini belakang Sriwijaya pun kurang solid. Kecepatan Pipob On Mo dan Ney Fabiano gagal diredam Thierry Gathuessi dan Claudiano Alves.

Chonburi FC tetap mengandalkan permainan sayap, menumpuk 6 – 7 pemain di lini pertahanan, dan serangan balik cepat seperti yang diperlihatkan saat mengalahkan Persipura.

Kelengahan lini belakang Sriwijaya FC membuat gawang Ferry Rotinsulu sudah kebobolan dua gol pada babak pertama. Ney Fabiano menit – 18 dan Penalti Therdsak Chaiman menit 29.

Ketidaksabaran pemain Sriwijaya dan gagalnya lini tengah menguasai permainan membuat mereka minim peluang pada babak pertama. Bahkan tiga kartu kuning sudah dikantongi 3 pemain Sriwijaya pada babak pertama.

Babak kedua, Sriwijaya mencoba lebih agresif. Namun keunggulan Chonburi FC sulit untuk dikejar. Beberapa peluang Sriwijaya FC mampu dimentahkan barisan belakang dan Kiper Chonburi FC.

Ditengah upaya mengejar defisit gol, Sriwijaya kembali kebobolan lewat heading Nattaphong Samana menit – 83. Kandaslah mimpi Sriwijaya untuk lolos ke perempatfinal.

Kelolosan Persipura menjadikan klub ini sebagai klub Indonesia pertama yang melangkah ke perempatfinal AFC Cup. Tak terbayangkan jika seandainya langkah mereka terhenti akibat kisruh PSSI yang berujung pada sanksi FIFA.

Klub – klub Asia lainnya yang berhasil lolos ke perempatfinal AFC Cup adalah Duhok Irak, Arbil Irak, Muang Thong United Thailand, Nasaf Uzbekistan dan Chonburi FC.

Sedangkan partai 16 besar lainnya antara Al Wehdat Yordania vs Shurtan Uzbekistan dan Al Qadsia Kuwait vs Kuwait SC masih belum dilaporkan hasilnya.

One Fall One Go…Good Fight Sriwijaya, Keep Shining Black Pearl.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s