The End & The Beginning

In every end there must be a beginning. In every beginning begins with an end.

Well tadi pagi saya menulis status di akun Facebook saya ” catatan bujangan…habis, goodbye all those wonderful times, the memories remain yesterday, today and in the future”.

Status ini berhubungan dengan status bujangan saya yang dalam beberapa jam lagi akan berganti. Ya teman saya akan menikah pada pukul 08.00 WIB esok hari ( 5/06 ).

Tensi dan ketegangan akan hari H itu muncul seminggu – dua minggu sebelum hari “komitmen” itu. Bukan tegang karena apa – apa, maklum banyak orang bercanda soal Malam Pertama, tapi lebih kepada ketika saya mengucap janji dalam hati dan secara lisan didepan penghulu disaksikan saksi, keluarga, dan kerabat. Tentunya bukan janji main – main tetapi Janji sehidup semati mengarungi kehidupan baru sebagai suami – istri dalam bahtera rumah tangga.

Beberapa hari yang lalu sampai sekarang saya mengingat – ngingat apa yang telah saya lakukan selama menyandang status bujangan ini. Well, saya bukanlah orang hebat, hanya lelaki biasa – biasa saja.

Lahir dan tumbuh di Sukabumi. Memilih walau agak maksa jurusan “IPA” waktu kelas 3 SMA, padahal saya lemah dalam hitungan, karena jurusan ini memungkinkan untuk mengambil berbagai jurusan saat UMPTN.

Selepas SMA, dan kegagalan UMPTN, memilih jurusan Bahasa Inggris, karena memang minat dan kemampuan saya disitu. Saya masuk di kampus kecil namun sering saya sebut dan akui berkualitas. Menjalani kehidupan kampus selama 4 tahun tanpa pernah pindah kost dari jalan Sekeloa. Di kost yang tak ada TV dan komputer, hanya radio rusak dan gitar.

Dipilih menjadi ketua perkumpulan sepakbola STBA FC dengan prestasi ikut membawa tim peringkat ke 4 kompetisi sepakbola STIE Bandung. Kehidupan kampus saya jalani biasa – biasa saja selayaknya mahasiswa lain. Pernah mencalonkan diri jadi manajer band anak – anak kampus walau ga jalan.

Penuh keresahan melihat kondisi industri musik, karena kebanyakan pop. Berselera paling aneh dalam hal musik karena menyukai musik 70, 80, 90an yang penting rock n roll. Juga bercita – cita menjadi seorang pemain sepakbola profesional tapi tidak kesampaian.

Habis masa kuliah 4 tahun memasuki masa luntang – lantung selama 1 tahun. Lamar sana sini tanpa hasil. Akhirnya walau malas pada awalnya, bisa lulus testing CPNS dengan MURNI.

Pada masa 1 tahun itu, cita – cita lain muncul, ingin menjadi penulis, terlibat dalam majalah, dan menjadi penyiar radio. Alhamdulillah semua kesampaian karena saya ditempatkan dikantor yang mempunyai produk majalah, berita, dan membawahi radio pemerintah.

Dari CPNS lah saya bertemu calon istri saya, yang langsung menarik perhatian saya ketika pertama kali bertemu pada saat pemberkasan.

Dan kemudian, bingung apa yang harus saya tulis lagi. Hanya saat magrib tadi, saya jongkok melamun di garasi rumah sambil memandang hujan. Saatnya telah tiba untuk berubah. Melompat pada sebuah kehidupan baru.

Saat melamun saya mengingat – ingat apa yang telah dilewati. Masa muda yang penuh kegemilangan, walau tidak pernah merasakan panasnya gurun sahara dan dinginnya kutub utara ( mimpi saya yang lain untuk menjadi petualang ), walau tidak pernah berteriak lantang didepan ribuan penonton ( mimpi menjadi penyanyi rock ), walau tak pernah menggali fosil – fosil ( mimpi untuk menjadi arkeolog ), dan tidak pernah menyanyikan “Indonesia Raya” sambil memegang lambang Garuda di dada sebelah kiri ( mimpi jadi pemain sepakbola ).

Tiga mimpi yang terwujud dan saya merasa itu adalah kemenangan dalam masa kesendirian saya. Pembuka mimpi itu adalah lolos jadi PNS. Hanya dua yang masih jalan menulis ( Mimpi waktu kuliah ) dan jadi penyiar.

Penuh kemenangan tak luput juga dari kesalahan. Jiwa muda yang kadang tak mampu dibendung, jiwa liar yang kadang mengalahkan logika, semuanya menjadi warna dalam catatan bujanganku.

Masa kesendirian adalah masa yang paling berharga, dan aku menikmati kesendirian bahkan menghayatinya dalam – dalam. Seperti yang pernah saya tulis pada tulisan sebelumnya kesendirian mungkin kembali lagi namun berbeda rasa. Rasa sedih dan begitu berat ketika harus melepas masa ini. Namun sudah tak ada jalan mundur, janji telah terucap, pantang mundur Jalan terus !!!!

Esok semuanya harus berubah, tak ada lagi kata aku, yang ada hanya kata “kami”. Esok kesendirian ini berakhir dengan catatan yang demikian panjang tersimpan dalam memori otak. Menjadi bahan renungan dan pelajaran untuk langkah – langkah baru ke depan. Menjadi bahan dasar sikap, menjadi panduan untuk membimbing putra – putri kami kelak.

Pukul 21.51 WIB dan saya berkata secara resmi bab catatan bujangan resmi ditutup dengan berjuta kenangan indah, kenangan duka, kisah – kisah yang sangat berkesan dalam kehidupanku.

Tomorrow will be a new start a new beginning to a different life, to a long adventure, wish me luck.

Tapi satu yang tak akan berubah, nama blog ini tetap catatanbujangan.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

3 thoughts on “The End & The Beginning”

  1. hehehe.. persis kayak saya yang agak “maksa” masuk ipa, padahal lemah di hitung-hitungan…

    good luck ya. moga2 lancar acaranya, dan langgeng sampai maut memisahkan. amiiiiiinnn.. :D

  2. he he he he he… itu namanya PREmarried syndrom, kak…

    somga langgeng ya kak… banyak rezeki, sejahtera disertai anak-anak yang pintar dan sehat.

    Urgently Required
    Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for
    English Tutors
    Qualifications:
    1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
    2) Proficient in English both spoken & written
    3) Friendly, Communicative, & Creative
    4) Available for being placed in one of the following cities:
    a. Batam 0778-460785
    b. Pekanbaru 0761-7641321
    c. Balikpapan 0542-737537
    d. Palembang 0711-350788
    e. Samarinda 0541-273163
    f. Denpasar 0361-422335
    g. Makassar 0411-451510
    h. Semarang 024-3562949
    i. Bandung 022-76660044
    j. Banjarmasin 0511-7069699

    If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruiting@gmail.com.
    Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.
    Deadline: July 30, 2011.
    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
    Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

Leave a Reply

