Ghost Rockets

Roket/Misil Hantu ( Swedia : Spökraketer ) yang akan dibahas disini bukanlah roket senjata pemusnah biasa seperti yang kita kenal. Roket yang satu ini merupakan roket misterius yang sering terlihat di kawasan Skandinavia pada tahun 1946. Penampakan roket yang berbentuk seperti UFO ini paling sering terlihat di Swedia.

Laporan pertama roket misterius ini datang dari Finladia pada 26 February 1946. Sekitar 2000 kali penampakan terjadi selama bulan Mei – Desember 1946 dengan puncaknya terjadi pada tanggal 9 & 11 agustus 1946. Dari 2000 kali penampakan tersebut hanya 200 kali penampakan terbaca oleh radar dan pihak berwenang menemukan kepingan – kepingan roket hantu ini.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa roket ini bisa saja meteor. Karena pada tanggal 9 dan 11 Agustus 1946 bersamaan dengan “hujan meteor Perseid “ namun kebanyakan penampakan roket ini justru diluar kejadian hujan meteor tersebut.

Beberapa peneliti juga mengindikasikan bahwa kemungkinan besar ini adalah ujicoba misil Jerman dan Rusia karena roket – roket ini seringkali melakukan manuver – manuver dan terbaca oleh radar. Tetapi kebanyakan peneliti meyakini bahwa roket ini tidak diketahui asal – usulnya.

Karakteristik roket ini dari beberapa penampakan adalah tidak meninggalkan jejak asap dilangit, beberapa roket terbang sangat lambat dan bergerak horizontal, bahkan terkadang roket – roket ini terbang bermanuver dan dalam formasi dan biasanya tidak menimbulkan suara.

Jatuhnya roket – roket ini ke bumi juga tidak biasa karena roket – roket ini selalu jatuh ke danau. Pihak militer Swedia bahkan sampai mengirimkan para penyelamnya untuk mencari keping – keping roket namun tidak pernah berhasil menemukan apa – apa walau beberapa laporan menunjukkan bahwa roket ini menghantam danau.

Pencarian keping roket yang paling menyita perhatian adalah pada 19 Juli 1946 di danau Kölmjärv Swedia. Para saksi menyatakan melihat objek seperti roket bersayap jatuh ke danau, beberapa saksi juga mendengar suara.

Karl Gosta – Bartoll, penyidik Angkatan Udara Swedia, yang memimpin pencarian menyatakan bahwa ada gangguan di dasar danau tetapi tidak ditemukan apa – apa. Banyak sekali indikasi bahwa objek yang menghantam danau ini memisahkan diri sendiri. Kemungkinan pula bahwa objek ini dibuat dari materi yang ringan seperti Magnesium Alloy yang mudah terberai dan tidak dapat terbaca oleh sensor.

Intelejen Militer Amerika Serikat setelah mendapat kabar penampakan roket – roket ini tertarik untuk ikut dalam penyelidikan. Pada tanggal 20 Agustus 1946, majalah The Times memberitakan Jendral Jimmy Doolittle dan David Sarnoff tiba di Stockholm Swedia. Meski dilaporkan bahwa keduanya mempunyai urusan masing – masing di Swedia namun diberitakan bahwa Kepala Staff Militer Swedia meminta bantuan mereka dan bahkan bersedia memberikan semua data dan fakta kepada mereka.

Pada 30 Agustus 1946 Jendral David Sarnoff melaporkan bahwa roket ini bukanlah roket misterius tetapi roket asli. Pada 22 Agustus 1946 CGI ( Central Intelligence Group ) melaporkan kepada Presiden Harry Truman bahwa roket – roket ini adalah roket – roket Jerman yang diluncurkan Peenemunde. Hanya saja fakta dilapangan berbicara lain karena peluncuran roket terakhir dari Peenemunde terjadi pada 21 Februari 1945.

Jadi siapa pemilik roket – roket ini? dokumen rahasia USAFE ( United States Air Force Europe ) pada 4 November 1948 mengungkap bahwa asal – usul roket ini tidak diketahui dan bahkan roket – roket ini merupakan hasil dari sebuah intelegensia yang belum ada dimuka bumi ini.

Roket misterius yang kemudian disebut Ghost Rockets tetap merupakan misteri. Mereka hanya terbang melintas dilangit Skandinavia tanpa menimbulkan kerusakan apa – apa dan juga bukan merupakan intimidasi terhadap negara – negara Skandinavia.

Roket misterius ini juga pernah terlihat pada tahun yang sama di Macedonia, Yunani pada 1 September, sedangkan pertengahan September roket ini melintas dilangit Portugal, Belgia dan Italia.

Dr. Paul Santorini, Ahli rudal Yunani, ditunjuk sebagai pemimpin penyelidikan roket ini. Pada tahun 1967 dia mengungkap apa yang ditemukan pada penyelidikan tahun 1947 tersebut. Dia mengatakan bahwa ” objek ini bukanlah misil, namun sebelum investigasi berlanjut, pihak militer setelah berkonsultasi dengan pihak luar memerintahkan penyelidikan untuk dihentikan”.

Belakangan Santorini mengatakan bahwa penyelidik UFO Raymond Fowler mengatakan bahwa pihak berwenang khawatir dengan hasil penyelidikan roket ini karena mereka harus mengakui bahwa roket ini diluar keunggulan teknologi yang dimiliki dan pihak berwenang tidak bisa menangkal roket tersebut.

Ghost Rocket sebuah misteri yang tidak terselesaikan.

source : wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Ghost Rockets”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s