It’s Not Important Anymore Yet It’s Basic Need

“English course on air with english21” Kalimat ini yang sering saya ucapkan ketika On Air setiap Jumat pukul 19.00 – 20.00 WIB di Radio RSPD 99.95 FM Kota Sukabumi.

Ga kerasa acara yang ditujukan untuk mengajak para pemerhati ( sebutan pendengar RSPD ) aktif berlatih bahasa inggris kini sudah hampir menginjak usia 2 tahun. Bersama lembaga English 21 acara ini lambat laun mulai diminati oleh para pemerhati. Yet, belum bisa dibilang ‘hit a succes’

Acara yang diprakarsai English 21 ini sudah dua kali berganti format, teman. Format pertama adalah obrolan – obrolan warung kopi alias talkshow bebas dengan berbagai macam topik. Saya sering kesulitan mencari topik yang enak untuk dibahas, kadang saya ingin membahas ini belum tentu rekan siar mau membahas. Kesulitan yang lain adalah mengajak, memberanikan para pendengar untuk ikut berpartisipasi dalam acara lewat SMS maupun telepon.

Paling banyak sms yang masuk seputar request lagu. Rupanya lagu – lagu barat yang diputer lebih banyak menarik perhatian. Tapi bukan tanda bahwa mereka tak mengerti bahasan yang disampaikan 99 % dalam bahasa Inggris. Mereka mengerti hanya belum aktif. Sebagian besar masih seperti siswa belajar disekolah yaitu sebagai pendengar pasif. Mengerti namun belum mampu berbicara atau mencurahkan ide dalam kalimat bahasa Inggris yang panjang.

Mulai 2011 ini format acara dirubah. Mr.Ferry, leader English 21, merasa perlu merubah strategi siaran. Awalnya kami ingin mengajak pemerhati langsung berlatih bahasa Inggris tanpa peduli benar atau salah yang penting berani dulu melalui berbagai topik bebas. Namun ini kurang berhasil, karena masih banyak pendengar pasif diluar sana. Mulailah kami mengganti format dengan pengajaran bahasa Inggris. Ada vocabulary, grammar, dan tips yang kami share setiap minggunya.

Sedikit demi sedikit pendengar mulai ramai. Kami berikan materi lalu kami berikan latihan yang dijawab melalui SMS, yang benar boleh request lagu. Ternyata cara ini cukup ampuh untuk mendapatkan partisipasi English 21’s Friends ( Sebutan untuk pemerhati English Course On Air with English 21 ).

Dengan cara ini pemerhati nampak senang dan tertantang setidaknya itu tergambar dari sms – sms jawaban latihan. Well at least 10 – 12 pemerhati kini terus aktif untuk berlatih soal – soal yang kami berikan.

Inti dari acara ini sebenarnya untuk memberikan kesadaran kepada semua orang agar memulai berlatih bahasa Inggris. Jangan dulu mempedulikan benar atau salah, yang penting Berani. Diawali dengan berani sekali mencoba akan membawa kepada rasa penasaran untuk mencoba kembali dan kemudian ada minat untuk belajar lebih banyak. Banyak berlatih banyak belajar akan menjadi ahli.

9 tahun belajar disekolah hanya menjadi sia – sia tanpa latihan dan pengaplikasian. Sedangkan saat ini media untuk berlatih banyak. Melatih listening skill melalui lagu dan film, juga berlatih ber-conversation lewat chatting, YM, SKYPE dan banyak lagi.

Tahun 90an sampai awal masa milenium, kemampuan menguasai komputer adalah sesuatu yang penting ketika ingin memasuki dunia kerja, indeed it’s a strong point jika seseorang ahli mengoperasikan komputer. Tetapi jaman sekarang, anak sekolah pun harus bisa komputer. Karena tugas pun jaman sekarang ada yang harus di – tik memakai komputer. Belum lagi sekarang jaman internet.

Apa yang sesuatu berstatus “penting” pada tahun lalu kini sekarang menjadi sebuah kebutuhan dasar, karena sejak dari usia sekolah harus dikuasai. Layaknya menguasai penambahan, pengurangan dan perkalian.

Begitu pula yang terjadi pada status bahasa Inggris. Semakin terbukanya dunia, dan nyaris kita hidup dalam dunia tanpa batas dan sering bersentuhan dengan referensi – referensi berbahasa Inggris membuat bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan dasar. Bahkan anak TK pun sudah diperkenalkan pada bahasa Inggris.

Kita tak bisa terus diam, karena dunia sudah bergerak cepat. Penguasaan bahasa asing adalah suatu kebutuhan dasar dalam beradaptasi pada dunia yang semakin dinamis ini.

So, mulailah beranikan diri anda. Berlatih berbicara bahasa Inggris tanpa takut dan malu. Bahkan seorang bule pun sering membuat kesalahan bahasa dalam berbicara, apalagi kita yang berstatus non – native speaker. Tidak perlu takut salah, karena tidak ada yang akan menertawakan, jika kita terus merasa takut maka dunia akan semakin meninggalkan kita.

So start practising your english.

If you want to practise with us listen English Course on air with english 21 at RSPD 99.95 FM Kota Sukabumi every Friday Evening from 19.00 – 20.15 WIB.

For Streaming follow our link : http://www.rspdkotasukabumi.blogspot.com or http://www.sukabumikota.go.id

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “It’s Not Important Anymore Yet It’s Basic Need”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s